Teks Bacaan Solawat Thibbil Qullub, Lengkap dengan Latin Dan Terjemahannya
Cari Berita

Teks Bacaan Solawat Thibbil Qullub, Lengkap dengan Latin Dan Terjemahannya

Admin Galeri Islam
Rabu, 12 Februari 2020

Galerikitabkuning.com | Islam merupakan agama yang sangat lengkap,ajarannya tidak hanya mengatur bagaimana umatnya berinteraksi dengan pencipta maupun dengan sesama makhluk. Bahkan Islam dengan ajarannya juga menyentuh bagaimana seseorang menyikapi musibah ataupun penyakit.

Teks Bacaan Solawat Thibbil Qullub, Lengkap dengan Latin Dan Terjemahannya

Siapa yang tidak ingin sehat? namun sakit atau musibah kadang datang tanpa diduga, oleh sebab itu seharusnya kita senantiasa menjaga kesehatan, menjaga diri dari hal-hal yang tidak baik.

Usaha untuk mencapai kebaikan tersebut, tidak hanya cukup dilakukan dengan cara dhohir saja, mlainkan juga dengan cara batin, dalam hal ini dengan cara memperbanyak membaca doa-doa agar terhindar dari penyakit dan musibah.

Salah satu bacaan Solawat yang memiliki fadilah / keutamaan dan seizin Allah swt. dapat menghindari kita dari berbagai macam musibah dan penyakit baik penyakit batin / hati terlebih penyakit dhohir adalah Solawat Thibbil Qulub.

Bacaan Solawat Thibbil Qulub

Berikut ini adalah teks solawat Thibbil Qulub


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا . وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا . وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا . وَقُوْتِ اْلأَرْوَاحِ وَغِذَائِهَا . وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ
Teks Latin : "Allohumma Sholli 'Alaa Sayyidina Muhammad, Thibbil Qulubi Wa Dawaa'ihaa, Wa'afiyatil Abdaani Wa Syifaa'ihaa, Wa Nurril Abshori Wa Dhiyaa'ihaa, Wa Quutil Arwahi Wa Ghidaa'ihaa, Wa 'Alaa Alihi Wa Shohbihi Wa Sallim"


Artinya ""Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan merupakan makanan pokok jasmani maupun rohani, Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya.""

Keutamaan Membaca Solawat Thibbil Qulub

Menurut al-Habib Quraisy Baharun, Shalawat Thibbil Qulub atau sholawat Syifa adalah shalawat yang sering digunakan untuk wasilah penyembuhan suatu penyakit. Dari segi bahasa, Thibbil Qulub artinya adalah obat hati, sedangkan Syifa adalah penyembuh. Para ulama dan kyai sering mengajarkan shalawat ini untuk tujuan penyembuhan penyakit.




Meskipun pernah dikatakan shalawat ini dapat mendatangkan syirik, tapi ini terjadi bila shalawat ini disalah artikan dalam penerjemahannya dan Anti Sholawat Nabi atau anti tawassul. Menurut Para Ulama yang menguasai ilmu (nahwu & sharaf), memang ada sedikit kebingungan jika ia diterjemahkan terus 'ayat per ayat' / 'kata perkata'. Apa yang penting adalah kita harus ingat bahwa segala penyakit dan musibah yang datang semua dari Allah SWT dan Penyembuhnya juga dari Allah SWT.

Faidah Membaca Solawat Thibbil Qulub

  1. Menyembuhkan Sakit Perut, Caranya membaca solawat ini sebanyak 7 kali, dan setiap bacaan tiupkan kedalam segelas air, hingga selesai, lalu air tersebut diminumkan kepada orang yang sakit. Atau bisa ditaruh ditelapak tangan kemudian diusapkan ke bagian perut.
  2. Tehindar dari rasa sumpek/ suntuk, caranya dengan membaca solawat tersebut diatas sebanyak mungkin.
  3. Menghindari dari berbagai macam penyakit, caranya dengan membaca solawat Thibbil Qulub  sebagai wiridan setelah solat fardhu.
 Demikianlah ulasan tentang  "Teks Bacaan Solawat Thibbil Qullub, Lengkap dengan Latin Dan Terjemahannya" semoga bermanfaat.