7 Cara Agar Anak Betah Di Pesantren -->
Cari Berita

7 Cara Agar Anak Betah Di Pesantren

Admin Galeri Islam
Minggu, 12 Juli 2020

GaleriKitabKuning | Mondok merupakan istilah bagi anak-anak yang berdiam dan belajar di pesantren. Istilah ini diambil dari kata pondok itu sendiri.

Cara Agar Anak Betah Di Pesantren

Penting bagi orang tua saat ini untuk memasukkan putra-putrinya ke pondok pesantren untuk mendalami ilmu agama sejak dini.

Dan kini tidak sedikit pesantren yang juga membuka program-program unggulan, mulai dari baca kitab gundul, hingga program Tahfidzul Quran (Menghafal al-Quran).

Akan tetapi, memondokkan anak bukan tanpa rintangan, biasanya rintangan dan ujian pertamakali adalah, saat anak tersebut tidak betah di pesantren. Lantas bagaimana caranya agar anak bisa betah di pesantren? berikut ini adalah caranya.

#1. Memperkuat Niat

Biasanya, Tidak kerasan kerapkali menghantui santri yang baru saja atau pertamakali masuk pesantren. Salah satu cara agar bisa betah, adalah dengan memperkuat kembali niat.

Niat mondok, tidak hanya untuk mendapatkan ilmu saja, lebih dari itu untuk mendapatakan keberkahan dari ilmu itu sendiri.

Dengan niat dan tekad yang kuat, maka perasaan tidak betah dan tidak kerasan biasanya akan cepat hilang dan akan muncul semangat baru.

#2. Tidak Melanggar Tata Tertib dan Undang-undang Pesantren

Selain memperkuat niat dan tekad, cara berikutnya adalah dengan mengikuti undang-undang dan tata-tertib pesantren.

Melanggar peraturan tidak akan membuat santri betah di pesantren, akan tetapi sebaliknya mereka justru akan semakin tidak kerasan.

#3. Memperbanyak Teman

Menyendiri dikala timbul perasaan tidak betah, akan membuat seorang anak di pesantren semakin tidak kerasan.

Maka segeralah memperbanyak teman, mulai teman kamar, kelas, atau teman satu organisasi. Hal tersebut bisa segera menghilangkan rasa jenuh dan tidak kerasan.

#4. Mengikuti Kegiatan Pesantren

Salah satu sebab anak tidak kerasan di pesantren adalah, dikarenakan tidak mengikuti kegiatan-kegiatan pesantren.

Mereka yang tidak mengikuti kegiatan tersebut, akan semakin banyak memikirkan hal-hal yang tidak berfaidah, pikirannya kosong dan lain sebagainya.


Akibatnya, dia bisa dengan mudah tidak betah di pesantren. Dan sebaliknya, saat dia mengikuti semua program pesantren, mulai shalat berjamaah,pengajian al-Quran, maka fikirannya akn fokus pada kegiatan tersebut.

Sehingga dia tidak sempat memikirkan hal-hal yang tidak berfaidah dan mengakibatkan tidak betah.

#5. Sering Konsultasi Dengan Ustadz

Memendam rasa pusing dan jenuh sendirian, bisa mengakibatkan anak tidak betah di pesantren.Maka salah satu solusinya adalah dengan berkonsultasi dengan ustadznya.


#6. Tidak Dijenguk

Santri banyak yang tidak betah di pesantren lantaran sering memikirkan orang tuanya di rumah, maka sebaiknya, santri tersebut tidak sering untuk dijenguk.

Agar fikirannya lebih fokus terhadap kegiatan di pesantren,dibandingkan memikirkan persoalan di rumah.

#7. Berdoa dan meminta Doa

Ke-enam cara diatas, adalah bentuk usaha secara dhahir, sementara untuk cara secara batin, adalah dengan beroda atau meminta doa.

Jika tidak betah di pesantren, maka cara paling jitu lainnya adalah dengan memperbanyak doa, dan meminta doa dari para kiainya.

Demikian 7 Cara Agar Anak Betah Di Pesantren, semoga bermanfaat.