Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadi Menteri Agama RI, Ini Biografi Gus Yaqut Cholil Qoumas

Galeri Kitab Kuning | Pada 22 Desember 2020, sepertinya menjadi hari yang tidak akan dilupakan oleh Gus Yaqut, seorang tokoh muda NU, yang juga menjabat sebagai ketua GP Ansor.


Biografi Gus Yaqut Cholil Qoumas

Sebab pada hari itu, Predisen Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan namanya masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju, menjabat sebagai Menteri Agama RI, menggantikan Bapak Fachrul Razi.


Bagaiman profil Yaqut Cholil Qoumas, yang juga akrab disapa dengan Gus Yaqut tersebut? berikut ini ulasannya.


Profil Gus Yaqut Cholil Qoumas

Beliau lahir di rembang, pada tanggal 4 Januari 1975, putra dari pasangan seorang kiai, bernama KH. Cholil Bisri.

 

Baca Juga : Mengenal KH. Wahab Chasbullah, Tokoh NU Pencipta Lagu Ya Lal Wathon

 

Saudara dari KH. Yahya Tsaquf ini, menempuh pendidikan pertama kali dari kedua orang tuanya, dan kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan formal  di SDN Kutoarjo hingga lulus pada tahun 1987.

 

Selanjutnya, beliau melanjutkan pendidikan formalnya di SMPN II Rembang pada tahun 1990 dan di SMAN II Rembang pada tahun 1993.

 

Tamat SMA, beliau melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, beliau kemudian kuliah di di Universitas Indonesia.

 

Di UI, beliau aktif mengikuti organisasi kemahasiswaan, dan dipercaya menjadi Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang UI Depok hingga 1997.

 

Sejak tahun 2005, beliau mulai terjun ke arena pilitik, pada tahun tersebut beliau terpilih menjadi salah satu anggota DPR Kabupaten Rembang, dan pada tahun yang sama pula, beliau masuk bursa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati rembang, hingga akhirnya terpilih sebagai Wakil Bupati Rembang masa bakti 2005-2010.

 

Tokoh yang dikenal tegas membela NU, melalui GP Ansor tersebut, melenggang ke senayan, menjadi Angoota DPR RI dari Fraksi PKB pada tahun 2014.

 

Selanjutnya, beliau terpilih kembali di DPR RI, masa bakti 2019-2024, selain juga saat ini menjabat sebagai Ketua GP Ansor.

 

Baca Juga : Profil KH. Maemon Zubair, Kiai Tawadhu Yang Mendunia

 

Di senayan, Gus Yaqut masuk di  Komisi II DPR yang bertugas khusus bidang Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, Pertanahan dan Reforma Agraria.

 

Dan pada tahun 2020, kabinet Indonesia Maju, di bawah Presiden Joko Widodo dan KH Makruf Amin, Gus Yaqut diangkat menjadi Menteri Agama RI.

 

Baca Juga : Biografi Habib Hasan Baharun, Pendiri Pesantren Dalwa

 

Demikian profil, Gus Yaqut Cholil Qoumas, putra daerah Rembang Jawa Tengah, dari keluarga pesantren, dan putra seorang kiai yang kini menjabat sebagai Menteri Agama.

Posting Komentar untuk "Jadi Menteri Agama RI, Ini Biografi Gus Yaqut Cholil Qoumas"

close
Banner iklan disini