Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar kitab Sharaf Yang Paling Banyak Dipelajari Di Pesantren

GaleriKitabKuning | Pondok pesantren dikenal sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia, dan sejak awal tidak hanya menjadi tempat pembinaan para santri, tapi juga pendidikan masyarakat.

kitab Sharaf Yang Paling Banyak Dipelajari Di Pesantren

Sosial dan kultur pondok pesantren yang sangat menyatu dengan kondisi masyarakat Indonesia, menjadikan posisi lembaga pendidikan yang satu ini sangat dekat dan mengakar di masyarakat.

Di pesantren, santri (para murid) tidak hanya dibina dan dibentuk kepribadiannya saja, tapi juga dikembangkan pengetahuan sosial dan tentu peningkatan intelektual mereka.

Oleh sebab itu, pesantren-pesantren memiliki pola pembelajaran yang cukup beragam dengan sederet mata pelajaran yang diajarkan oleh para ustadz dan kiai.

Berbicara tentang mata pelajaran, ada beberapa ilmu pengetahuan yang diajarkan yang secara umum memiliki kemiripan antara satu pesantren dengan pesantren lainnya, dan yang berbeda hanya metode pembelajarannya saja.

Ada sekian Kitab Kuning Yang Sering Dipelajari Di Pesantren, mulai dari kitab Tafsir, Hadits, Fikih, Gramatika meliputi Nahwu Sharaf, Manthiq Balaghah dan lain sebagainya.

Misalnya, ilmu Gramatika Arab, khususnya Ilmu Nahwu, ada sekian mata pelajaran yang diajarakan kepada santri sejak dini.


Baca Juga : Download Pelajaran Kitab Nahwu di Pondok Pesantren

Begitu pula dengan Ilmu Sharraf, ada beberapa kitab sharraf yang tidak asing bagi kalangan pesantren, sebab kitab-kitab tersebut diajarakan dihampir tiap pesantren,sejak jenjang paling rendah. dan berikut ini kami berikan informasi nya untuk anda.

Kitab-kitab Sharaf di Pondok Pesantren

Beberapa pelajaran dan kitab sharaf di bawah ini dapat anda unduh secara gratis, dalam bentuk PDF

  1. Kitab Amstilatu Tashrifiyah
  2. Kitab Nadzom Maqshud
  3. Kitab Sharaf Kailany
  4. Kitab Fathul Khobir Syarah Tashrif

Demikian Informasi tentang Kitab Sharaf Paling Banyak Dipelajari di Pondok Pesantren, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Daftar kitab Sharaf Yang Paling Banyak Dipelajari Di Pesantren"

close
Banner iklan disini