Download Kitab Luma' Tentang Ushul Fikih Karya Abu Ishaq Ibrahim asy-Syirazi
Cari Berita

Download Kitab Luma' Tentang Ushul Fikih Karya Abu Ishaq Ibrahim asy-Syirazi

Admin Galeri Islam
Kamis, 17 Desember 2020

GaleriKitabKuning.Com | Mempelajari Ushul Fikih menjadi sangat penting, sebab ilmu ini sejatinya adalah sebuah metologis legalitas hukum.

 

Download Kitab Luma' Tentang Ushul Fikih Karya Abu Ishakq Ibrahim asy-Syirazi

 

Dalam diskursus Ushul Fikih, salah satu referensi yang tidak boleh ketinggalan adalah kitab karya Syekh Abu Ishaq Ibrahim Asy-Syirazi, berjudul al-Luma'. Seperti apa kitab ini? berikut penjelasannya.

Resensi Kitab Luma' Karya Abu Ishaq Ibrahim asy-Syirazi

Kitab al-Luma’ fī Uṣūl al-Fiqh karya al-Shīrāzī ditulis pada abad ke-5 H, yakni bertepatan dengan masa kejayaan penulisan kutub al-turāth. 

Latar belakang penulisan bermula dari permintaan sebagian kawan-kawannya untuk menulis ringkasan dalam bidang uṣūlal-fiqh mazhab Imām al-Syafi’i untuk dikombinasikan dengan kitab al-Tabṣirah
yang menjelaskan mengenai perbedaan di kalangan para pakar uṣūl al-fiqh. 

Penunjukan perbedaan-perbedaan yang ada di kalangan ulama uṣūl al-fiqh ini dilakukan dengan menyertakan argumentasi (dalīl) yang melandasinya. Hal ini dilakukan atas permintaan dan memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat kemudian ditulislah kitab tersebut.

11 Topik Pembahasan Dalam Kitab Luma'

Terdapat beberapa tema besar yang dibahas dalam kitab ini, yang mana dapat dirangkum menjadi 11 topik berikut:

  1. Mengenai firman (khiṭāb) Allah SWT dan sabda Nabi Muhammad SAW. Keduanya merupakan dasar bagi dalil-dalil hukum lainnya. Pembahasan mengenai khiṭāb ini mencakup beberapa bab yang mengulas tentang aqsām al-kalām, haqīqāt dan majāz, bayān al-wujūh allatī tu’khadh minha ‘l-asmā’ wa ‘l-lughāt, amr dan nahy, umum dan khusus, mujmal dan mubayyan, mafhūm, mu’awwal, dan nāsikh-mansūkh.
  2. Mengenai perbuatan/perilaku dan ketetapan Nabi Muhammad SAW. Tema ini menjadi topik utama dalam kitab ini karena menurutnya, perilaku dan ketetapan Nabi Muhammad SAW dapat berjalan menempati posisi ucapan-Nya dalam konteks al-bayān.
  3. Mengenai akhbār (jamak dari khabar), cerita-cerita yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW. Menurut al-Shīrāzī, pengetahuan yang memadai tentang khabar akan mengantarkan seseorang mengetahui ucapan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW dengan baik.
  4. Pembahasan mengenai ijma’. Ijma’ dapat ditetapkan sebagai dalil hukum dengan dua hal, yaitu: al-Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad SAW, dan berdasarkan al-Qur’an dan Hadis pula ijma’ dapat terjadi.
  5. Mengenai qiyās. Qiyās dapat ditetapkan sebagai dalil hukum dengan dalil-dalil yang telah disebutkan dan kepada dalil-dalil tersebut qiyās bersandar kepadanya.
  6. Tentang Istihsan
  7. Mengenai hukum asal sesuatu. Ini dipandang sangat urgen karena ketika dalil-dalil suatu kasus tertentu tidak ditemukan, maka seorang mujtahid akan bergegas kepada hukum asalnya.
  8. Mengenai tata urutan penggunaan dalil dan proses pengeluarannya.
  9. Mengenai taqlīd, termasuk apa yang membolehkan dan yang melarangnya serta siapa yang dibolehkan dan dilarang bertaqlid.
  10. Mengenai fatwa, orang yang memberi fatwa (muftī), orang yang meminta fatwa (mustaftī) dan syarat-sMyaratnya. Fatwa dapat menjadi metode bagi penetapan hukum setelah mengetahui dan memahami topik-topik utama yang telah disebutkan.
  11. Mengenai ijtihād dan hal-hal yang terkait dengannya.

Bagi anda yang ingin membaca dan mempelajari kitab ini, anda bisa dapatkan dalam bentuk file PDF pada link yang kami sediakan berikut ini

عنوان الكتاب : شرح اللمع

التأليف : أبو إسحاق إبراهيم الشيرازي


Nama Kitab : Syarah al-Luma'
Penyusun : Syekh Abu Ishaq Ibrahim al-Syirazi
Jumlah Halaman : 1226
File : PDF
Ukuran : 17.8 MB

DOWNLOAD 

Demikianlah ulasan dan informasi Kitab Luma' Tentang Ushul Fikih Karya Abu Ishakq Ibrahim asy-Syirazi yang bisa anda dapatkan dalam bentuk PDF