Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Bacaan Bilal Shalat Jumat, Lengkap Arab, Latin Dan Terjemahannya

Galeri Kitab Kuning | Hari Jumat merupakan hari Istimewa bagi Umat Islam setiap minggunya, kenapa? selain memiliki keutamaan tersendiri, di hari Jumat juga terjadi peristiwa-peristiwa penting bagi umat Islam.

Bacaan Bilal Shalat Juma

 

Dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa Nabi Adam as. diciptakan, dan dikeluarkan serta dimasukkan ke dalam surga di Hari Jumat.

Baca Juga : Contoh Khutbah Jumat Terkini

Selain pula, ada keistimewaan kemudahan doa terkabulkan, seperti disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda:

“Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang jika pada waktu itu seorang Muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya, dan rentang waktu cukup singkat,” 

(HR Muslim).

Selain itu, ada shalat khusus yang hanya dilakukan di hari ini, yaitu Shalat Jumat, dengan serangkaian pelaksanaan ibadah di dalamnya, seperti dua khutbah.

Jika kita sedang melaksanakan shalat jum'at, biasanya ada bilal yang bisa disebut mengatur jalannya pelaksanaan shalat jumat ini.

Dia selain membaca bacaan khusus untuk mengawali dan dimulainya pelaksanaan shalat jumat, bagaimana bacaan bilal saat shalat jumat? berikut kami bagikan teksnya untuk anda.

Bacaan Bilal Shalat Jumat

Seorang bilal mula-mula mengumandangkan adzan bertama, tanda masuknya waktu shalat jumat/ dhuhur, kemudian terlebih dahulu melaksanakan shalat sunnah, kemudian mulai membaca:

يَامَعَاشِرَ الُمسْلِمِين وَزُمْرَةَ المُؤْمِنِينَ رَحِمكُمُ اللَه رُوِيَ عَنُ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله ُعَنْه
أَنَّهُ قَال قَالَ رَسُولُ اللِه صَلّيَ اللهَ عَلَيهِ وَسَلَم إذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ  أَنْصِتْ وَالإمَامُ يَخطُبُ فَقَدْ لَغَوت وَمَنْ لَغَوْتَ فَلا جُمْعَةً لَهُ (أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا اَثَابَكُمُ اللهُ اَنِصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا اَجَارَكُمُ اللهُ اَنِصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللهُ انْصِتُوْا لَااِلَهَ الَّا الله مُحَمَّدٌ رَّسُولُ اللهِ

Latinnya :

Artinya: "Wahai umat muslim, dan orang-orang mukmin, semoga Allah merahmati kalian semua, diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. sesungguhnya dia barkata, Rasulullah saw. bersabda, jika kalian berkata kepada temannya pada hari jumat, maka diamlah, (jika tetap berbicara) sementara imam sedang melaksanakan shalat, maka kamu tidak akan mendapatkan pahala (sia-sia) dan barang siapa sia-sia, maka dia tidak mendapatkan (pahala) jumat.

Maka diamlah, dengarkan, dan taatlah kalian semua, semoga Allah swt. memberikan pahala untuk kalian, Maka diamlah, dengarkan, dan taatlah kalian semua, semoga Allah swt. memberikan pahala untuk kalian, Maka diamlah, dengarkan, dan taatlah kalian semua, semoga Allah swt. memberikan rahmat untuk kalian, Tiada tuhan selain Allah swt. dan Muhammad adalah utusan Allah swt."

Setelah bilal selesai membaca kalimat di atas, khotib berjalan menuju mimbar. Setelah khatib sampai di mimbar, bilal kemudian menghadap qiblat dan melanjutkan dengan bacaan doa seperti di bawah ini (posisi khotib tetap berdiri menghadap jamaah):


  اَللَهُمّ صَلِّ عَلَي سَيّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحمّدٍ ٣ وَعَلَي أَلِ سَيّدِنَا مُحمَدٍ وَبَارِكْ وسَلِّمْ . اللَهُمَّ قَوِّ اِلاسلامَ وَالِايمَان, مِنَ المُسْلِمِينَ وَالُمسْلِمَات , والمُؤْمِنِين وَالُمؤْمِنَات اَلْاَحْياءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ وَانْصُرْنَا عَلٰي اِقَامَةِ الدِّيْنِ رَبِّ اخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ وَيَا خَيْرَ النَّصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرّٰحِمِيْنَ


Latinnya :

Artinya:" Ya Allah swt. berikanlah Rahmat Ta'dzim (Shalawat) atas tuan kami, Muhammad saw. dan atas keluarganya, dan berkahilah mereka. Ya Allah, kuatkanlah Islam dan Iman dari (dada) umat Islam, dan orang-orang mukmin, baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal dunia, dan tolonglah kami agar dapat melaksanakan (kewajiban) agama, dan anugerahkan kami akhir yang baik, wahai sebaik-baiknya dzat penolong, dengan rahmatmu wahai Dzat Maha Penolong"


Setelah bilal selesai membaca doa di atas, khotib mengucapkan salam dan kemudian duduk di mimbar. Bilal kemudian mengumandangkan adzan ke dua.

Baca Juga : Bacaan Doa Yang Dianjurkan Setelah Shalat Jumat

Setelah Khotib selesai membaca khutbah pertama dan duduk, seorang bilal membaca sholawat kepada Rasulullah saw.

اَللَهُمّ صَلِّ عَلَي سَيّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحمّدٍ ٣ وَعَلَي أَلِ سَيّدِنَا مُحمَدٍ وَبَارِكْ وسَلِّمْ


Latinnya :

Artinya:" Ya Allah swt. berikanlah Rahmat Ta'dzim (Shalawat) atas tuan kami, Muhammad saw. dan atas keluarganya, dan berkahilah mereka."

Dilanjutkan khotib kembali berdiri dan membacakan khutbah kedua.

Setelah khatib menyelesaikan khutbah kedua, sorang bilal kembali berdiri dan mengumandangkan iqamah shalat jumat.


Baca Juga : Contoh Teks Bilal Shalat Idul Fitri dan idul Adha


Demikianlah Teks Bilal Untuk Shalat Jumat secara singkat, yang dapat kami bagikan, semoga memberikan manfaat.

Posting Komentar untuk "Teks Bacaan Bilal Shalat Jumat, Lengkap Arab, Latin Dan Terjemahannya"

close
Banner iklan disini