Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilu, Ini 5 Sahabat Tercinta Rasulullah Yang Wafat Di Bulan Ramadhan

Galeri Kitab Kuning | Bulan Ramadhan merupakan bulan ke-10 dalam kalender Hijriyah, yang memiliki kesitimewaan luar biasa di bandingkan dengan bulan-bulan lainnya.


5 Sahabat Tercinta Rasulullah Yang Wafat Di Bulan Ramadhan

Selain dikenal dengan bulan penuh ampunan, bulan dimana umat Islam berpuasa penuh dalam satu bulan tersebut memiliki sederet kisah dan kejadian-kejadian penting.


Sebut saja, Turunnya al-Quran, Malam Lailatul Qadar,Perang Badar termasuk dari 20 Kejadian Bersejarah Yang Terjadi di Bulan Ramadhan.

 

Namun tahukan sobat? ada pula kisah-kisah dan sejarah menyedihkan  yang terjadi pada bulan tersebut, yakni beberapa sahabat tercinta Rasulullah saw. wafat di bulan tersebut, termasuk istri dan putrinya. berikut ulasannya.


Sahabat dan Kerabat Kesayangan Rasulullah Yang Wafat di Bulan Ramadhan

Definisi Sahabat Rasulullah saw. adalah orang yang hidup semasa dengan Nabi Muhammad, dan mengimaninya, serta wafat dalam keadaan muslim.


Diantara sahabat Rasulullah yang sangat beliau cintai tentu kerabat-kerabat dekatnya, seperti istri, putrinya dan lain sebagainya.


Diantara mereka, ada lima sahabat yang wafat di bulan puasa. siapa sajakah mereka?


#1. Khadijah binti Khuwailid (Istri Pertama Rasulullah saw)

Khadijah RA wafat pada hari ke-11 bulan Ramadan tahun ke-10 kenabian, tiga tahun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Khadijah wafat dalam usia 65 tahun, saat usia Rasulullah berusia sekitar 50 tahun.

 

Baca Selengkapnya : Kisah Memilkukan Detik-detik Wafatnya Siti Khadijah Istri Rasulullah saw.


#2. Siti A'isyah binti Abu Bakar (Istri Rasulullah saw.)

Istri Rasulullah saw. yang wafat saat bulan puasa, adalah istri Rasululllah saw. yakni Siti A'isyah putri Abu Bakar.

 

Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakar ash-Shidiq R.A wafat pada 58 H, malam 17 Ramadhan setelah shalat witir, bertepatan dengan Juni 678 M, di umur 67 Tahun.


#3. Siti Fatimah (Putri tercinta Rasulullah saw.)

Berikutnya, salah seorang sahabat kesayangan Rasulullah saw yang wafat di bulan Ramadhan adalah putri beliau, Siti Fatimah azzahra, istri dari Ali bin Abi Thalib.

 

Putri kesayangan Rasulullah saw. Fatimah Azzahra wafat pada 3 ramadhan atau 3 hijriah d usia 28 tahun. Fatimah wafat setelah 6 bulan Rasulullah SAW wafat.

 

#4. Ruqoyyah Putri Rasulullah dan Istri Sahabat Ustman bin Affan

Putri Rasulullah yang yang lain, yakni Ruqoyyah yang menikah dengan sahabat nabi Utsman bin Affan juga meninggal pada bulan ramadhan.

 

Persitiwa wafatnya Ruqoyyah tersebut bertepatan dengan kedatangan Zaid bin Haritsah yang mengabarkan kemenangan kaum muslimin dalam perang Badar.

 

#5. Sahabat Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib, merupakan salah seorang sahabat yang sangat dicintai Rasulullah saw., selain pula dia adalah seupupu Nabi Muhammad dan juga menantu beliau (Suami dari Siti Fatimah)

 

Pada tanggal 17 Ramadan tahun 661 yang bertepatan dengan peristiwa Nuzulul Quran, terjadi peristiwa yang akan selalu dikenang pengikut Sayyidina Ali, dan Umat Islam pada umumnya.


Pada hari itu terjadi peristiwa di mana Khalifah Ali ditikam pada saat menjelang salat subuh. ironisnya, pelakunya bukanlah orang kafir, melainkan sesama kaum muslim.


Di adalah Abdurrahman bin Muljam. Seorang muslim taat yang menghabiskan waktunya untuk berpuasa dan juga menghafal Alquran.


Ibnu Muljam ini merupakan salah seorang yang berada di kelompok yang kontra dengan kepemimpinan Sayyidina Ali.


Baca Juga : Daftar Nama-nama Sahabat Yang Wafat di Perang Badar - 17 Ramadhan


Demikianlah informasi tentang 5 Sahabat Kesayangan Rasulullah Yang Wafat Di Bulan Ramadhan, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat.

Posting Komentar untuk "Pilu, Ini 5 Sahabat Tercinta Rasulullah Yang Wafat Di Bulan Ramadhan"

close
Banner iklan disini