Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Peristiwa Bersejarah Di Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam dan Indonesia

Galeri Kitab Kuning | Pada bulan Ramadhan banyak dimanfaatkan oleh umat Islam untuk beribadah, seperti puasa, salat tarawih, membaca al quran, maupun itikaf di masjid dn lain sebagainya.


Peristiwa Bersejarah Di Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam dan Indonesia




Sudah menjadi hal yang maklum bahwa Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan penuh berkah dan tentunya sangat istimewa, sebab disebutkan dalam al-Quran :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ 
Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."


Baca Juga: 45 Ucapan Selamat Ramadhan Pilihan dan Terbaru


Dan tahukah anda? Bulan Ramadhan bukan hanya terkenal sebagai pusat latihan ibadah kepada umat islam, tetapi juga terkenal dengan peristiwa besar dalam.


Banyak peristiwa besar dan bermakna terjadi saat bulan suci Ramadan, bulan penuh berkah bagi umat Islam, mulai turunnya Al-Quran hingga wafatnya Ali bin Abu Tholib, bahkan bagi bangsa Indonesia Dan berikut ini ragam peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadan


20 Peristiwa Penting Di Bulan Ramadhan

Beberapa peristiwa bersejarah di bawah ini terjadi di Bulan Ramadhan, yang kami ambil dari berbagai sumber.

#1 Turunnya Al-Quran

Kejadian bersejarah yang terjadi di bulan Ramadhan dan yang terpenting adalah turunnya Al-Quran al-Karim. Dal hal ini, al-Quran sendiri secara tegas menyebutkan kejadian tersebut dalam al-Baqoarah Ayat; 185

....شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

Artinya: "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)..."


Bulan yang diturunkan di dalamnya (permulaan) al quran sebagai petunjuk untuk manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pemisah antara yang benar dan salah. 


Para pakar tafsir dan hadis mencatat, Allah juga menurunkan kitab-kitab dan suhuf yaitu kitab-kitab kecil selain zabur, taurat, injil dan al quran kepada para rasul sebelumnya pada bulan ramadhan.

#2 Pembebasan Kota Mekah

Pembebasan Mekkah (bahasa Arab: فتح مكة, Fathu Makkah) merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H.


Pada saat itu Rasulullah saw beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka'bah.


#3 Wafatnya Khadijah Istri Rasulullah saw.

Kejadian di Bulan Ramadhan yang mungkin juga tidak akan pernah dilupakan adalah wafatnya Istri pertama Rasulullah saw.


Khadijah RA wafat pada hari ke-11 bulan Ramadan tahun ke-10 kenabian, tiga tahun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Khadijah wafat dalam usia 65 tahun, saat usia Rasulullah berusia sekitar 50 tahun.


#4 Wafatnya Sahabat Ali bin Abi Thalib, Suami Fatimah binti Rasulullah

Suatu ketika pada 17 Ramadan tahun 661 yang bertepatan dengan peristiwa Nuzulul Quran, terjadi insiden yang akan selalu dikenang pengikut Sayyidina Ali. 


Pada tanggal mulia tersebut terjadi peristiwa di mana Khalifah Ali ditikam pada subuh menjelang salat. Penikamnya bukanlah orang kafir, melainkan sesama kaum muslim.


Ialah Abdurrahman bin Muljam. Seorang muslim taat yang menghabiskan waktunya untuk berpuasa dan juga menghafal Alquran. 


Ibnu Muljam ini merupakan salah seorang yang berada di kelompok yang kontra dengan kepemimpinan Sayyidina Ali.


#5 Pernikahan Rasulullah dengan Hafshah binti Umar bin Khatab dan Zainab binti Khuzaimah

Pada bulan Ramadhan Rasulullah pernah melangsungkan pernikahannya dengan Hafshah binti Umar bin Khatab dan juga dengan Zainab binti Khuzaimah.

#6 Sayyidah Fatimah dan Ruqoyyah, Dua Putri Rasulullah saw. wafat.

Putri kesayangan Rasulullah saw. Fatimah Azzahra wafat pada 3 ramadhan atau 3 hijriah d usia 28 tahun. Fatimah wafat setelah 6 bulan Rasulullah SAW wafat.


Selain itu, Putri Rasulullah yang yang lain, yakni Ruqoyyah yang menikah dengan sahabat nabi Utsman bin Affan juga meninggal pada bulan ramadhan, yaitu bertepatan dengan kedatangan Zaid bin Haritsah yang mengabarkan kemenangan kaum muslimin dalam perang Badar.

#7 Perang Badar

Perang besar Badar Al-Kubra terjadi pada bulan Ramadhan tahun 2 Hijriyah, dan merupakan perang pertama dalam Islam dan menandai kejayaan umat Islam.


Dalam Perang Badar Nabi Muhammad SAW membawa 313 pasukan muslim, sedangkan pasukan musyrik ada 950 pasukan.


#8 Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadr merupakan istilah yang digunakan untuk memperingati malam di mana al-Qur’an diturunkan langsung dari Allah swt secara keseluruhan baitul izzah (semacam ruang ilahiyat) yang kemudian dibawa jibril secara berangsur kepada Rasulullah SAW. 

Peristiwa Lailatul Qadar ini, disebutkan dalam al-Quran, surat al-Qadr, Ayat 1-5 :

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Artinya : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”


#9 Islam Sampai Ke Yaman

Pada bulan Ramadhan, tahun ke-10 setelah Hijrah, kekuasaan Islam sampai ke kawasan Yaman,m ang mana Yaman terletak di selatan semenanjung tanah arab.

Nabi muhammad mengutus Ali bin Abi Thalib dengan membawa surat beliau untuk penduduk yaman khususnya suku Hamdan. 

Menariknya, dalam periode satu hari, semua mereka memeluk agama islam secara aman.


#10 Wafatnya Saayidah Aisyah binti Abu Bakar, Istri Rasulullah saw

Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakar ash-Shidiq R.A wafat pada 58 H, malam 17 Ramadhan setelah shalat witir, bertepatan dengan Juni 678 M, di umur 67 Tahun.


#11 Khalid bin Walid Meruntuhkan Berhala Al ‘uzza

Pada saat penaklukkan Kota mekah, Rasul mengutus kaum muslimin untuk menghancurkan berhala yang ada disana.

Khalid bin al-Walid merobohkan berhala Al-‘Uza, Amr bin Al-‘Ash merobohkan berhala Suwa’ dan Sa’d bin Zaid Al-Asyhali merobohkan berhala Al-Manat.


#12 Taklukknya Kota Taif

Kemudian pada tahun 9 H, rombongan dari kota Taif sampai ke Madinah. Kemudian mereka langsung memeluk Islam dan ikut berpuasa bersama di Madinah.


#13 Pembebasan Andalusia (Spanyol)

Masuknya Islam di Andalusia berawal dari kekalahan Raja Rodrik oleh Tariq bin Ziyad pada 28 Ramadhan tahun 92 Hijriyah.

#14 Tentara Islam Megalahkan Mongol

Pada tahun 126 sampai 1405 Masehi, kaum mongol melebarkan penaklukannya hampir semua benua asia. Menurut catatan, kekaisaran penaklukan mereka meliputi seluas 33 juta kilometer persegi. Jenderal tentara mongol dikenal sebagai Genghis Khan.


Dalam misi penaklukan itu, mereka membunuh lebih sejuta rakyat negara yang dikalahkan. Penaklukan mereka menjangkau sampai ke moscow dan kiev.


Pada tahun 1258, tentara pimpinan jenderal Hulagu Khan merempuh kota baghdad yang menjadi kemegahan dinasti Abbasiah.


Dalam serangan itu, banyak umat islam terbunuh dan banyak buku karangan sarjana islam dibuang ke dalam Sungai Furat dan Dajlah sehingga airnya menjadi hitam karena tinta.Pada 15 ramadhan 658 hijrah bersamaan 1260 Masehi, tentara islam bangkit membuat serangan balas.


Tentara islam dan para ulama pimpinan sultan qutuz dari dinasti Mamluk, Mesir mara ke palestina setelah mongol menguasainya. Kedua pihak bertemu di 'ain jalut.

Dalam pertempuran itu, tentara islam meraih kemenangan dan berhasil menawan kitbuqa noyen, seorang letnan kristen yang memberi nasihat kepada Hulagu Khan untuk menyerang baghdad.

Kitbuqa akhirnya dieksekusi dan kemenangan itu adalah suatu yang luar biasa saat mongol yang terkenal dengan kekerasan akhirnya kalah pada tentara islam.

#15 Permulaan Syariat Zakat

Menurut pendapat mayoritas alim ulama, zakat fitrah turun pada bulan Ramadhan tahun 2 Hijriyah, sedangkan zakat mal sebulan setelahnya, yaitu pada bulan Syawal.



#16 Islam Masuk Ke Eropa

Islam masuk ke benua Eropa melalui perang Zulaaqoh di Andalusia, dimana sekarang telah berganti menjadi Portugal dan Spanyol.

Pasukan Islam yang dipimpin oleh panglima perang Yusuf bin Yasyfin harus berhadapan dengan tentara Perancis yang dipimpin oleh Alfonso 6.

#17 Kemenangan Salahuddin Al-Ayyubi

Keberhasilan Salahuddin Al-Ayyubi menaklukkan kaum Salib pada Ramadhan tahun 584 Hijriyah berdampak pembebasan sebagian besar negara yang pernah dikuasai oleh kaum Salib.

#18 Direbutnya Palestina

Kemenangan kaum muslimin pada Ramadhan tahun 1393 Hijriyah atas pasukan Salib membuat Palestina kembali ke tangan mereka setelah sebelumnya dikuasai oleh kaum Yahudi, tapi sayangnya saat ini sepertinya sejarah telah berbalik.


#19 Tentara Dinasti Ottoman Mengalahkan Tentara Rusia

Pada 15 ramadhan 1294 hijrah, tentara islam dinasti Ottoman yang dipimpin oleh ahmad mukhtar Basya dengan jumlah 34,000 anggota mengalahkan tentara rusia yang berjumlah 740,000.


Sebanyak 10.000 tentara rusia tewas dalam pertempuran itu. Ia menjadi kebanggaan umat islam mempertahankan agama yang diancam oleh pemerintah Tzar di rusia.

#20 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pada bulan Ramadhan tepatnya pada Jumat 9 Ramadhan 1364 Hijriyah di Proklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia oleh Sukarno-Hatta.


Demikian 20 Peristiwa Bersejarah Di Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam dan Indonesia, semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "20 Peristiwa Bersejarah Di Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam dan Indonesia"

close
Banner iklan disini