Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berita Duka, KH. A. Yasin Asmuni Wafat

Galeri Kitab Kuning | Kabar duka kembali berhembus dari kalangan tokoh kiai. Hari ini, 11 Januari 2021, KH. Ahmad Yasin Asmuni tutup usia.


KH. A. Yasin Asmuni Wafat



Kabar duka ini, mulai tersebar di group-group Whatsapp, usah shalat subuh, "Innaa Lillahi Wa Innaa Ilaihi Roji'un, KH. Yasin Asmuni Wafat" demikian pesan berantai tersebut tersebar secara cepat.


Pengasuh PP. Hidayatut Thullab, Pethuk, Semen, Kediri, selain tercatat Wakil Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, juga dikenal kiai produktif.


Baca Juga : Biografi KH Yasin Asmuni, Kiai Penulis 200 Kitab Asal kediri


Pasalnya, hingga saat ini, beliau telah menyusun tidak kurang dari 200 kitab, dan juga memberi makna jawa ke sejumlah kitab-kitab klasik, maupun kontemporer.


Kiai Yasin Asmuni memang cukup langka. Hal tersebut sudah terlihat sejak masa kecilnya. Pasalnya, Alumni Madrasah Hidayatul Mubtadi'in Lirboyo ini, tidak tercatat sebagai santri yang mukim.


Namun, kecerdasan dan minatnya yang tinggi untuk mengkaji kitab-kitab kuning, mengantarkan beliau menjadi santri teladan saat itu.


Hal ini tentu menjadi pencapaian yang luar biasa, mengingat saat itu belum pernah ada santri teladan yang tidak mukim di pesantren Lirboyo kecuali K. Yasin Asmuni ini.


Keinginannya yang tinggi untuk mendalami ilmu agama, juga terlihat saat beliau istiqamah untuk mengikuti hataman kitab di Lirboyo setiap bulan Ramadhan.


Dan yang cukup menarik dari sosok Kiai Asmuni, tentu karya-karya kitabnya yang cukup banyak, sehingga layak menyandang kiai produktif. Dan salah satu karyanya  Tafsir Bismillahirrahmanirrahim, Tafsir Muawwidzatain, Tafsir Al-Ikhlas, dan Tafsir Ayat Kursi, serta Udhiyyah Ahkamuha wa Fadlailuha. Selain itu, banyak karya dari karyanya yang juga mempopulerkan ‘kitab makno Pethuk'


Kami atas nama Tim GaleriKitabKuning, turut berbelasungkawa atas wafatnya Kiai Yasin Asmuni, semoga amalnya diterima Allah swt. Amin.

Posting Komentar untuk "Berita Duka, KH. A. Yasin Asmuni Wafat"

close
Banner iklan disini