Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Talak dan Pembagiannya

 Assalamualaikum wr wb. 


Hai  sahabat muslimah sekarang kami akan membahas seputar talak. 

apa sih sebenarnya talak itu?



Jadi buat kalian para suami kalian harus tahu lebih dalam tentang talak karena ini sangat bahaya lhoo buat rumah tangga kalian dan jangan suka main main dengan talak.


Secara bahasa, talak berarti melepaskan ikatan atau dalam bahasa sekarang sering disebut dengai cerai. Sebenarnya, talak merupakan hak suami, artinya istri tidak bisa melepaskan diri dari ikatan pernikahan kecuali  suami yang menjatuhkan.


Sebanarnya talak adalah perbuatan yang diperbolehkan oleh agama namun allah sangat membenci kepada  orang yang menjatuhkan talak atau cerai


Dan talak sendiri mempunyai  2 bagian dalam segi ucapan : pertama talak sharih {talak langsung}

                                                                                              kedua talak kinayah {talak tidak langsung}



  • Talak sharih : Talak sharih ini adalah talak yang diucapkan oleh seorang suami kepada istrinya dengan lafal atau ucapan yang jelas. Contohnya, seperti kalimat “Saya ceraikan kamu”. atau "saya talak kamu" Meskipun talak ini diucapkan tanpa adanya niat atau dalam kondisi bercanda, namun suami tetap dianggap telah menjatuhkan talak pada istrinya maka sudah jatuh talak satu 


  • Talak kinayah : Maksudnya adalah talak yang diucapkan oleh suami dengan kata-kata yang tidak langsung namun dengan kata yang kinayah, tapi sebenarnya mengandung makna perceraian. Kata talak ini bisa jatuh jika disertai niat. Contohnya, seorang suami yang mengatakan pada istrinya “Pulanglah kamu ke rumah orangtuamu”. Jika kalimat tersebut bermakna sindiran dengan disertai niat untuk menceraikan istrinya, maka jatuhlah talak. Tapi jika tidak ada niat, maka tidak jatuh talak.



lalu ada pembagian lagi dari segi pelakunya: pertama talak raj'i

                                                                        kedua talak ba'in

                                                                        ketiga talak sunni

                                                                        keempat talak bid'i



  • talak raj'i : adalah jenis talak di mana suami mengucapkan talak satu atau talak dua pada istrinya. Suami boleh rujuk kembali dengan istrinya, dengan syarat sang istri masih dalam masa iddah. Namun, jika masa iddah sudah habis, maka sudah tidak diperbolehkan untuk rujuk kembali. Jika ingin kembali bersama, maka harus melakukan akad nikah lagi. 

  • talak ba'in: adalah jenis talak yaitu ketika suami mengucapkan talak tiga pada istrinya. Dalam hal ini, suami tidak diperbolehkan untuk rujuk dengan istrinya. Sang suami bisa menikahi istrinya kembali dengan syarat sang istri sudah menikah lagi dengan orang lain, dan melakukan hubungan biologisdengan suami barunya kemudian bercerai. Jika masa iddah-nya telah habis, maka sang suami pertama dapat menikahi istrinya kembali dengan akad nikah yang baru. 

  • talak sunni : adalah jenis talak yang dijatuhkan suami saat istrinya dalam kondisi suci dari haid dan belum disetubuhi. Jika sang istri sedang dalam masa haid, maka harus menunggu sampai istrinya suci dan dalam masa suci tersebut mereka tidak melakukan hubungan suami istri. 

  • talak bid'i : adalah  talak yang dijatuhkan suami saat istrinya dalam keadaan haid, atau dalam kondisi suci tapi sebelumnya mereka telah melakukan hubungan suami istri. Talak semacam ini tidak dibenarkan dalam Islam dan pelakunya berdosa.


 baik sahabat galeri islam sekian dari penjelasan kami semoga bermanfaat .....

Posting Komentar untuk "Definisi Talak dan Pembagiannya"

close
Banner iklan disini