Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kitab Safinatun Najah PDF - Arab Dan Terjemahannya

GaleriKitabKuning.com | Fikih secara bahasa berarti "al-Fahmu" atau Paham / Memahami, sementara menurut istilahnya, Fikih adalah mengetahui hukum-hukum Islam, yang diambil dari dalil-dalil terperinci.


Kitab Safinatun Najah PDF - Arab Dan Terjemahannya

Definisi tersebut tentu sangatlah umum, dan mencakup berbagai macam aspek kehidupan manusia, baik secara individu maupun sosial. Yang jelas, objek hukum yang dimaksud adalah tiap-tiap orang Islam, berakal, dan Tamyiz / Baligh.


Kajian tentang fikih tentunya akan terus berkembang, sesuai dengan kondisi sosial di mana masyarakat Islam itu berada. Sebab, fikih diharapkan memberikan solusi dan legalitas hukum.


Dalam dunia Fikih, setidaknya ada empat Madzhab sebagai pijakan fikih itu sendiri, yakni Madzhab Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Madzhab Hanbali.


Di Indonesia sendiri, Masyarakat Muslim mayoritas mangikuti Madzhab Syafi'i, termasuk juga banyak karya-karya Fikih Madzhab Syafi'i yang di pelajari di lembaga-lembaga pendidikan, seperti Pondok Pesantren.


Baca Juga : Kitab Fikih Paling Populer Di Pesantren Indonesia


Salah satu materi fikih dasar, yang hampir bisa dipastikan diajarkan di lembaga pendidikan keislaman adalah Kitab Safinatun Najah.


Tentang Kitab Safinatun Najah

Kitab ini ditulis oleh seorang ulama bernama Syekh Salim bin Sumair al-Hadhrami, berasal dari Hadramaut, Yaman.

 

Meski kitab yang memiliki makna "Perahu Keselamatan" ini cukup kecil, namun topik-topik yang dimuat, dan tatabahasanya yang mudah dipahami, membuat Kitab Safinatun Najah ini menjadi primadona di sebagai besar pesantren.


Baca Juga : Syarah Kitab Safinatun Najah, Karya Syekh Nawawi Banten


Tema-tema yang dibahas dalam kitab ini juga termasuk sangat dasar sekali, yakni:

  • BAB I, Tentang Akidah
  • BAB II, Tentang Bersuci (Thoharoh)
  • BAB III, Tentang Shalat
  • BAB IV, Tentang Jenazah
  • BAB V Tentang Zakat
  • BAB VI, Tentang Puasa

 

Download Safinatun Najah - Arab dan Terjemah

Pada kesempatan kali ini, sengaja kami akan berbagai kitab tersebut dalam versi PDF, dan lengkap dengan teks arab asli dan terjemahannya.


Hal ini tentu untuk mempermudah para sahabat pembaca yang ingin mempelajari salah satu Kitab-kitab Fikih Madzhab Syafi'i yang cukup dasar, dan sangat baik untuk diajarkan kepada para pemula. Penasaran? silahkan pilih kitabnya.

Silahkan anda pilih antara dua file diatas, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman anda.



Posting Komentar untuk "Kitab Safinatun Najah PDF - Arab Dan Terjemahannya"

close
Banner iklan disini