Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Covid-19 Meningkat, NU Jatim Instruksikan Istighotsah dan Qunut Nazilah

Galeri Kitab Kuning | Kondisi pandemi virus Corona / Covid-19 yang belum bisa dipastikan usainya, menuntut semua lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan protokol kesehatan yang ketat.


KH.Marzuqi Mustamar M.Ag



Terlebih, di awal tahun 2021 ini, angka pasien corona yang positif juga semakin meningkat, yang diduga dipicu oleh faktor kelalaian masyarakat dalam menjalakan kehidupan new normal.


NU Jatim Instruksikan Istighotsah dan Qunut Nazilah


Dengan alasan tersebut diatas, Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama, Jawa Timur mengeluatkan surat edaran berisi instruksi untuk melaksanakan Istighotsah dan Qunut Nazilah, berikut informasinya.


Surat Edaran Instruksi Qunut Nazilah PWNU Jatim

Surat dengan nomor 822/PW/A-II/L/I/2021 tersebut, berisi tentang Instruksi Istighotsah, yang di dalamnya juga terdapat poin untuk melaksanakan Qunut Nazilah. berikut isi surat lengkapnya.


Kepada Yth : 

Pimpinan Perangkat Organisasi PWNU Jawa Timur

Pengurus Cabang, Wakil Cabang dan Ranting NU Se Jawa Timur beserta pimpinan Perangkat Organisasinya.

Pengasuh Pesantren, Takmir Masjid-Musholla, Warga Nahdliyin Se Jawa Timur.


Assalaamualaikum Wr. Wb.

Salam silaturrahim disampaikan, semoga kesuksesan senantiasa mengiringi setiap aktifitas yang kita lakukan Amin.

Sehubungan dengan semakin melonjaknya kasus keterpaparan warga sebagai korban pandemi covid-19, bersama ini Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, menginstuksikan kepada pengurus NU beserta pimpinan perangkat organisasinya di semua tingkatan serta segenap warga nahdliyin di Jawa Timurpada khususnya, dan umat Islam di wilayah ini pada umumnya, untuk melakukan gerakan bathiniyah-spritual guna mendekatkan diri kepada Allah swt. serta memohon segera diangkatnya wabah korona di wilayah ini khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Gerakan bathiniyah-spritual dimaksud meliputi:

1. Menyelenggarakan Istighotsah berjamaah secara virtual di daerah masing-masing dan atau istighotsah individual di tempat tinggal masing-masing, pesantren serta masjid dan musholla.

2. Melaksanakan qunut Nazilah pada setiap shalat subuh dan shalat jum'at. Adapun redaksi qunut nnazilah yang dibaca mengikuti Hadhratusssyaikh KH Hasyim Asy'ari sebagai berikut:

اللهم اهدني فيمن هديت ..... الخ

اللهم العن الكفرة الذين يصدون عن سبيلك, ويكذبون رسلك ويقاتلون أوليائك. اللهم اشدد وطئتك عليهم واجعل عليهم رجزك وعذابك

اللهم خالف بين كلماتهم اللهم شبت شملهم اللهم مزق جمعهم اللهم زلزل أقدامهم وانز عليهم بأسك الذي لاترده عن القوم المجرمين اللهم انظرنا وانصرنا وإخواننا المسلمين على أعدائنا 

واكشف كروبنا وكروبهم اللهم ثبت أقدامنا وأقدامهم وأهلك أعداننا وأعداءهم اللهم انصر أمة سيدنا محمد اللهم ارحم أمة سيدنا محمد

اللهم أصلح أمة سيدنا محمد وصلى الله عليه وأله وأصحابه وسلم

Surat edaran tersebut ditandatangani oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, yaitu KH. Marzuqi Mustamar, M.Ag.


Baca Juga : 9 Santri Positif Covid-19, Pesantren di Riau Lockdown!


Seperti diketahui, peningkatan kasus covid-19 di Indonesia saat ini semakin menyedihkan. Di Jawa Timur sendiri,  Total kasus, 102.000 dengan total pasien sembuh 87.381, dan pasien yang meninggal dunia mencapai, 7.135. sehingga kasus aktif saat ini mencapai 7.484 pasien.

Posting Komentar untuk "Covid-19 Meningkat, NU Jatim Instruksikan Istighotsah dan Qunut Nazilah"

close
Banner iklan disini