Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arab Saudi Tutup Akses 20 Negara, Termasuk Indonesia, Calon Jamaah Umroh Diminta Jadwal Ulang

Galeri Kitab Kuning - JEDDAH, Pertanggal 02 Februari otoritas Arab Saudi resmi menutup akses masuk bagi 20 negara termasuk Indonesia.


Arab Saudi Tutup Akses 20 Negara, Termasuk Indonesia, Bagaimana Dengan Umrah?



Selain Indonesia, 19 Negara lainnya yang terdampak kebijakan Arab Saudi ini, antara lain  Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Italia, Pakistan, Brasil, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Prancis, Libanon, Mesir, India, dan Jepang.


Kebijakan penutupan akses warga asing ini, menyusul pengumuman dari Menteri Kesehatan Saudi Tawfiq al-Rabiah pada Minggu (31/1) memperingatkan bahwa mutasi baru virus corona kemungkinan akan berimbas pada pemberlakuan pembatasan jika warga dan penduduk tidak mematuhi protokol kesehatan.


Dilansir dari laman resmi kemenag, menanggapi hal ekbijakan tersebut, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali memastikan bahwa keputusan tersebut tidak mengganggu jadwal kepulangan jemaah umrah. 


"Jadwal kepulangan jemaah umrah masih tetap berjalan, sesuai jadwal. Kalau untuk keluar dari Saudi, tidak ada masalah," terang Endang Jumali di Jeddah, Rabu (03/02).


Penyelenggaraan ibadah umrah dibuka oleh Saudi untuk warga negara di luar Arab Saudi pada tanggal 1 November 2020 dan hingga 2 Februari 2021, total kedatangan jemaah umrah asal Indonesia di Arab Saudi mencapai 2.603 jemaah. Jemaah tersebut diberangkatkan dari 2 bandara, yaitu Soekarno Hatta, Banten, dan Juanda, Jawa Timur.


"Saat ini, ada 670 jemaah Indonesia yang masih berada di Arab Saudi. Mereka sedang menjalankan ibadah umrah dan menunggu jadwal kepulangannya.


"Selama di Saudi, mereka tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai kebijakan pemerintah setempat," lanjut Endang Jumali.


Keputusan ini tentu mengganggu beberapa calon jamaah umrah, yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri untuk pergi ke Arab Saudi guna melaksanakan Ibadah Umrah.


Sementara itu, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) langsung merespons kebijakan terbaru dari Arab Saudi.


Firman M Nur meminta kepada penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) dan anggota AMPHURI lainnya untuk segera melakukan penjadwalan ulang.


Semoga Pandemi ini segera selesai, dan tentunya kita berharap kedepan pelaksanaan dan pemberangkatan baik haji maupun umroh akan kembali normal.

Posting Komentar untuk "Arab Saudi Tutup Akses 20 Negara, Termasuk Indonesia, Calon Jamaah Umroh Diminta Jadwal Ulang"

close
Banner iklan disini