Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense Di Blog Tahun 2021
Cari Berita

Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense Di Blog Tahun 2021

Admin Galeri Islam
Kamis, 04 Februari 2021

Galeri Kitab Kuning - Blogger tahun 2021 tentu berbeda dengan awal-awal kemunculannya, saat itu belum dikenal istilah mobile friendly, responsive, APM, dan lain sebagainya.



Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense Di Blog


Bahkan mereka cenderung memiliki sebuah blog sesuai keinginan pribadi, artinya memasang ragam widget yang sebenarnya tidak perlu, seperti jam, tanggal, musik, bahkan crusor yang justru memberatkan loading blog itu sendiri.


Hal tersebut tentu tidak lagi berlaku bagi blogger tahun 2021. Sebab sejatinya, ngeblog adalah berkompetisi agar postingan-postingannya dapat nangkring di pageone halaman depan mesin pencari, dalam hal ini google.


Baca Juga : Cara Menaikkan Kembali Pengunju Tulisan / Posting Blog Yang Kalah Di Mesin Pencari


Google sendiri selaku search engine terbesar di dunia, telah melakukan update algoritmanya berkali-kali, tidak hanya sebagai bentuk inovasi dari google, update algoritma secara berkala juga demi kenyamanan orang-orang yang sedang googling.


Sementara bagi Publisher Google Adsense, pengunjung blog tentu sangat dibutuhkan, agar jumlah klik iklan semakin bertambah, dan penghasilan di dasbour juga semakin meningkat.


Maka jangan heran, jika beberapa blogger pribadi dalam sebulan memiliki penghasilan jutaan hingga puluhan juta dalam sebulan.


Sebab, antara penghasilan adsense dengan pengunjung ada hubungan erat, semakin banyak pengunjung, semakin banyak pula potensi klik iklan, dan semakin banyak klik iklan, semakin banyak pula potensi penghasilan. dari sini bisa dipahami?


Skema ketiganya bisa ditampilkan dalam gambar di bawah ini:

Sekama Penghasilan Google Adsense

Lantas bagaimana cara meningkatkan penghasilan Google Adsense bagi publisher blog/ berikut ini akan kami bagikan ulasannya.


Baca Juga : Cara Mendaftarkan Metadata Blog Ke Google Console / Webmaster tools


Cara Terbaru Meningkatkan Penghasilan Blog Adsense Tahun 2021

Guna meningkatkan penghasilan blog, dibutuhkan beberapa cara yang harus konsisten dan berkelanjutan, cara-cara yang dimaksud adalah:


1. Meningkatkan Pengunjung / Traffic

Salah satu faktor utama yang akhirnya bisa berpotensi meningkatkan penghasilan blog, adalah banyaknya pengunjung / traffic. Caranya?


Jika anda coba tulis di google "Cara Meningkatkan Pengunjung", makan ditemukan banyak sekali jawabannya, namun disini kami akan mencoba merangkumnya.


  • Konsisten Membuat Tulisan / Postingan Menarik

Ingat Konten Adalah Raja "The Contect Is a King", artinya, sebagus apapun blog yang anda buat, namun miskin postingan, jangan harap pengunjungnya banyak.


Mengapa? sebab pengunjung tidak mungkin datang ke blog yang tidak memiliki manfaat untuk mereka, bahkan cenderung membuang-buang waktu.


Masalahnya banyak blogger yang kadang malas dan kehilangan ide untuk menulis, kalau penyakit malas, itu tanda-tanda orang yang tidak serius menggapai tujuan, jangan diikuti.\


Jadi, selain harus tetap semangat, blogger juga dituntut untuk membuat konten kreatif dan bermanfaat bagi pengunjung. Bagaimana caranya?



Banyak sekali caranya, sebagai salah satu bocoran, agar sahabat tidak bingung, cobalah kunjungi blog-blog kompetitor, atau sejenis blog anda, dan lihat tulisan apa yang trending dan populer di blog tersebut.


Lalu mulailah lakukan sistem "ATM", ambil tiru dan modifikasi. Bagaimana contohnya? begini...


Misalnya, anda melihat tulisan di blog kompetitor yang paling populer adalah, 3 Cara Mudah Diterima Google Adsense. 


Selanjutnya, mulailah lihat blog-blog lain yang juga membahas hal serupa, baca dengan seksama, tentu antara beberapa blog ada hal yang sama dan yang berbeda. betul kan?


Dan selanjutnya, mulailah meramu beberapa tulisan dari berbagai blog kompetitor tersebut, menjadi sebuah tulisan di blod anda, misalnya judulnya menjadi 7 Cara Cepat Diterima Google Adsense.

  • Tulisan Cukup Panjang

Kenapa tulisan harus panjang? Ya memang pengunjung tidak akan betah jika membaca tulisan sa-upil, miskin informasi, rugi bacanya.


Mereka akan senang jika tulisan diblog cukup lengkap, dan ditulis dengan bahasa yang mudah, mereka akan senang untuk menekan tomol berbagi kepada orang lain, dan menjadikan tulisan anda rekomendasi.


Berapa batasan panjangnya tulisa? hingga saat ini saya sendiri belum menemukan penelitian tentang batasan panjang tulisan yang idel di postingan.


Silahkan dikira-kirakan sendiri, antara 500 karakter, hingga 1000 karakter, bahkan lebih baik juga lebih baik.

  • Usahakan Pengunjung Bisa Puas dan Berlama-lama di Blog


Nah, jika pengunjung sudah puas membaca informasi yang sahabat tulis di tulisan tersebut, mereka tentu akan lama di blog tersebut. Jika lama, bagaimana?



Jika waktu mereka membuka blog, dan melakukan aktifitas, seperti scrool, dan membuka halaman-halaman lain, maka google melihat blog anda cukup baik bagi pengunjung.


Dengan demikian, pantulan Bounce Rate, akan semakin rendah, dan otomatis jika pantulan pengunjung semakin rendah, potenti klik semakin besar dan penghasilan semakin banyak.

  • Pasang Kolom Komentar dan Tombol Share

Salah satu bukti bahwa pengunjung puas mendapatkan informasi dari blog anda, tatkala mereka memberikan komentar-komentar, dan membagikannya keorang lain.


Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memberikan kolom komentar, dan tombol share, sehingga tulisan anda uga semakin banyak yang mengunjungi.

2. Penempatan Iklan

Salah satu faktor potensi penghasilan Google Adsense di Blog, adalah jenis dan penempatan iklan yang tepat.


Jika anda membaca skema di atas, bisa disimpulkan, ada hubungan yang tak terpisahkan, dengan banyaknya pengunjung, banyaknya klik, dan potensi penghasilan.


Itupun jika anda memasang iklan Google Adsense dengan benar, tidak asal-asalan. bagaimana caranya?


Saya tidak akan membahas cara memasang iklan Adsense disini, sebab tulisan tentang hal tersebut sudah cukup banyak. Namun prinsipnya adalah....


Pastikan jangan terlalu banyak memasang iklan, dan usahakan dengan cara yang cukup natural. memasang iklan terbang (sticy) yang bisa mengganggung pengunjung, bisa meningkatkan CTR. Masalahnya?


Google akan mendeteksi, adanya klik yang tidak wajar, adan tentu bisa menjadi indikasi blog tersebut tidak sehat, dan akhirnya berujung adanya pinalti pelanggaran adsense.