Cerita Sifat Zuhud KH. Nawawi Bin Abdul Jalil Sidogiri
Cari Berita

Cerita Sifat Zuhud KH. Nawawi Bin Abdul Jalil Sidogiri

Admin Galeri Islam
Jumat, 12 Februari 2021

Galeri Kitab Kuning | Jika anda ke pesuruan, anda akan menemukan Pesantren Tertua di Jawa Timur, yaitu Pondok Pesantren Sidogiri, yang beradi Desa Sidogiri, Keraton Pasuruan.

Cerita Sifat Zuhud KH. Nawawi bin Abdul Jalil Sidogiri


Pesantren yang didirikan oleh Sayyid Sulaiman tersebut, kini diasuh oleh Hadratussyaikh KH. Nawawi bin Abdul Jalil, menggantikan kakak beliau, almarhum KH. Abdul Alim bin Abdul Jalil.


Ada sebuah kisah tentang sosok kiai yang masuk deretan kiai sepuh dan anggota AHWA (Ahlul Halli wal Aqdi) saat Muktamar NU di Jombang.


#Kisah Sifat Zuhud KH. Nawawi bin Abdul Jalil


Ada cerita tentang Kiai Nawawi sebelum menjabat menjadi pengasuh Pesantren Sidogiri.


Suatu ketika, beliau menuju perjalanan ke Surabaya dengan mengemudikan mobil.


Akan tetapi, ketika pulang, beliau tidak membawa mobil yang membawanya ke Surabaya tersebut. 

KH. Nawawi bin Abdul Jalil Bersama Habib Luthfi Bin Yahya


Mobil itu beliau tinggalkan begitu saja dan beliau pulang dengan naik bus .


Seseorang akhirnya menelusuri nomer polisinya (plat nomor) mobil itu dan mengetahui bahwa ternyata mobil tersebut milik Kiai Nawawi.


Orang tersebut lalu memberitahu kepada Kiai Nawawi bahwa mobilnya tertinggal. Dengan enthengnya beliau menjawab, "Saya lupa kalau saya ke Surabaya membawa mobil sendiri". .


Subhanallah...

Dunia benar-benar tak ada artinya di hati beliau. Inilah salah satu bukti bahwa Kiai yang menjadi anggota AHWA (Ahlul Halli wal Aqdi) saat Muktamar NU di Jombang kemarin memang sangat zuhud. Beliau sampai lupa kalau membawa mobil.


Ini menunjukkan bahwa beliau adalah sosok alim Ulama yang tidak cinta kepada dunia. Dunia hanya di tangan beliau, sedangkan akhirat selalu mengisi hati beliau.


Semoga ini menjadi tauladan bagi kita semua dan semoga kita dapat mencontoh akhlaq-akhlaq beliau.


Semoga Allah panjangkan umur beliau dan selalu diberi kelancaran dalam mengurus Pondok Pesantren Sidogiri agar dapat mencetak santri-santri yang semoga nantinya bisa menjadi Ulama-ulama yang lurus dan Istiqomah. Amin.


Sumber : Ulama Nusantara https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1365741117105794&id=493645370982044