Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Ormas Muhammadiyah - Lengkap Dengan Makna Lambang

Galeri Kitab Kuning | Salah satu organisasi terbesar kedua setelah Nahdlatul Ulama, adalah Muhammadiyah, yang memiliki  tujuan utama mengembalikan seluruh penyimpangan yang terjadi dalam proses dakwah.


Penyimpangan ini sering menyebabkan ajaran Islam bercampur-baur dengan kebiasaan di daerah tertentu dengan alasan adaptasi.


Gerakan Muhammadiyah berciri semangat membangun tata sosial dan pendidikan masyarakat yang lebih maju dan terdidik.


Menampilkan ajaran Islam bukan sekadar agama yang bersifat pribadi dan statis, tetapi dinamis dan berkedudukan sebagai sistem kehidupan manusia dalam segala aspeknya.


Sejarah Singkat Muhammadiyah

Dalam pembentukannya, Muhammadiyah banyak merefleksikan kepada perintah-perintah Al Quran, di antaranya surat Ali Imran ayat 104 yang berbunyi: 

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.


Ayat tersebut, menurut para tokoh Muhammadiyah, mengandung isyarat untuk bergeraknya umat dalam menjalankan dakwah Islam secara teorganisasi, umat yang bergerak, yang juga mengandung penegasan tentang hidup berorganisasi.


Maka dalam butir ke-6 Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah dinyatakan, melancarkan amal-usaha dan perjuangan dengan ketertiban organisasi, yang mengandung makna pentingnya organisasi sebagai alat gerakan yang niscaya.


Sebagai dampak positif dari organisasi ini, kini telah banyak berdiri rumah sakit, panti asuhan, dan tempat pendidikan di seluruh Indonesia.


#Pendiri Muhammadiyah

Ormas Muhammadiyah, ini didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H, bertepatan dengan tanggal 18 November 1912 di kota Yogyakarta.


#Struktur Organisasi Muhammadiyah

Untuk mencapai tujuan tersebut, Muhammadiyah memiliki struktur organisasi dalam menata kelembagaan. Pada dataran vertikal, “tubuh organisasi Muhammadiyah tersusun atas empat tingkatan, yaitu tingkat:

  1. Ranting, 
  2. Cabang, 
  3. Daerah, dan 
  4. Wilayah
Adapun susunan organisasi tersebut dibentuk berdasarkan bidang kerja dan tugas untuk membangun masyarakat.


#Makna Lambang Ormas Muhammadiyah

Sosok yang menciptakan lambang Muhammadiyah adalah KH Siraad Dahlan, beliau adalah putra pertama KHA Dahlan yang ketika masih kecil diajak KHA Dahlan pergi haji di sekitar tahun 1903-1904 dan bersama KHA Dahlan tinggal di Makkah selama kurang lebih 18 bulan.

Logo Lambang Ormas Muhammadiyah


Lambang itu berwujud matahari dengan dua belas sinarnya yang berwarna putih, di tengahnya ada tulisan Muhammadiyah dilingkari tulisan dua kalimah syahadat dan berlatar warna hijau.


  • Makna Bentuk Matahari

KHA Dahlan (ayahnya) berkeinginan agar Muhammadiyah bisa menjadi wadah, organisasi yang bisa menyinari (mencerahkan) hati dan pikiran masyarakat di mana saja dengan ajaran-ajaran Islam yang benar (berdasarkan Al-Qur’an dan AsSunnah), sehingga masyarakat bisa menjadi masyarakat yang baik, dalam arti beriman, berbudi pekerti luhur (jujur, adil dan menghormati sesama manusia serta mencintai semua makhluk) dan suka melakukan amal shalih.


  • Makna Tulisan Muhammadiyah di tengah

Memiliki Arti bahwa organisasi yang dibentuk KHA Dahlan itu adalah organisasinya orang-orang yang ingin mengikuti Nabi Muhammad saw. Tulisan Muhammadiyah dilingkari dua kalimah syahadat karena orang-orang Muhammadiyah itu ingin menegakkan kalimah kalimah Allah, ingin menegakkan tauhid agar masyarakat hidup bertauhid, dan hanya mengikuti Rasululllah saw.


  • Sinar Matahari Berwarna Putih

Karena warna putih adalah warna yang disukai Rasulullah. Rasulullah suka berpakaian putih. Kita juga selalu berdoa; Allahumma naqqini minal khathaya kama yunaqats tsaubu al abyadhu minaddanas. (Ya Allah bersihkanlah hamba dari segala kesalahan sebagaimana kain putih yang telah dibersihkan dari kotoran).


KHA Dahlan berharap agar warga Muhammadiyah suka memancarkan agama Islam (berdakwah amar makruf nahi munkar) dengan niat yang bersih hati yang suci, tanpa pamrih, kecuali mencari ridha Allah semata. Jika Islam didakwahkan dengan niat yang bersih, maka Islam akan mencerahkan, ibaratnya dengan sinar putih bersih maka yang disinari akan menjadi terang hatinya dan tercerahkan pikirannya.

  • Makna Duabelas sinar matahari 

yang memancar ke seluruh penjuru diibaratkan sebagai tekad dan semagat warga Muhammadiyah dalam memperjuangkan Islam, semangat yang pantang mundur dan pantang menyerah seperti kaum Hawari (sahabat nabi Isa yang berjumlah 12)

  • Makna Baground Hijau

Warna Hijau yang menjadi warna dasar melambangkan kedamaian dan dan kesejahteraan.


#Lagu Mars Muhammadiyah

Seperti halnya organisasi-organisasi lain, Muhammadiyah juga memiliki Lagu Mars, yang bertujuan untuk membangkitkan semangat kader dalam menjalankan visi misi dari organisasi tersebut.


Lagu Mars Muhammadiyah Berjudul Sang Surya

Sang Surya Tetap Bersinar

Syahadat Dua Melingkar

Warna Yang Hijau Berseri

Membuatku Rela Hati




Ya Allah Tuhan Rabbiku

Muhammad Junjunganku

Al Islam Agamaku

Muhammadiyah Gerakanku



Di Timur fajar Cerah Gemerlapan

Mengusir Kabut Hitam

Menggugah Kaum Muslimin

Tinggalkan Peraduan



Lihatlah Matahari Telah Tinggi

Di Ufuk Timur Sana

Seruan ilahi Rabbi

Samina Wa Atthona



Ya Allah Tuhan Rabbiku

Muhammad Junjunganku

Al Islam Agamaku

Muhammadiyah Gerakanku


Baca Juga : Lirik Lagu "Sang Surya" Mars Muhammadiyah - Lengkap Dengan Gambar dan Mp3


Demikianlah Sejarah Singkat Organisasi Muhammadiyah, semoga bisa memberikan pencerahan, dan jangan lupa untuk mencantumkan sumber saat anda mengambil tulisan di website ini. terimakasih.

Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Ormas Muhammadiyah - Lengkap Dengan Makna Lambang"

close
Banner iklan disini