Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Hilyatul Auliya Karya Imam Abu Nu'aim Al Ashfahani

Galeri Kitab Kuning | Salah satu karya ulama yang banyak dijadikan rujukan dibidang Rijal Hadits adalah Kitab yang ditulis oleh al-Imam Abu Nu'aim Al-Ashfahani, berjudul Hilyatul Auliya'.

Download Kitab Hilyatul Auliya Karya Imam Abu Nuaim Al Ashfani

Kitab ini Merupakan sebuah karya besar yang terdiri dari delapan jilid tentang kumpulan hadith-hadith Rasulullah ﷺ dan dilengkapi dengan silsilah sanad yang panjang sampai kepada Rasul ﷺ yang mengumpulkan para tokoh Sahabat Nabi, Tabi`in, Tabiut Tabi`in dan para tokoh ahli ulama tasawwuf dan ibadat.


Wajar, Kitab Hilyatul Auliya' kerap dijadikan rujukan, sebab Kitab ini terbilang klasik, karena semua kisah dan biografi ulama Salaf disini diceritakan menggunakan hadits dan atsar lengkap, sehingga valliditas dan keontetikan ceritanya pun bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiyah lewat studi hadits dan atsar.


Baca Juga : Download Kitab Tahdzibul Kamal Versi PDF Gratis


Sekilas Tentang Kitab Hilyatul Auliya', Imam Abu Nu'aim Al-Ashfahani

Ditinjau dari penulisan kitab Hilyatul Auliya, Mula-mula al-Imam ABu Nu'aim mengupas dalam muqaddimah bukunya itu tentang kemuliaan dan kelebihan para aulia Allah di sisi-Nya, sama ada di dunia maupun diakhirat, lalu Beliau memaparkan lebih jauh lagi tentang ganjaran bagi orang-orang yang menentang para Aulia Allah, apalagi sampai ia mengejeknya maka seolah-olah ia telah mengangkat bendera perang terhadap Allah ta’ala, yang semuanya itu telah beliau jelaskan sendiri didalam muqaddimahnya, diperkuat lagi dengan hadith-hadith yang beliau riwayatkan tentang hal tersebut.


Menariknya, dalam kitab ini, beliau mengumpulkan sekumpulan perkataan tentang Ilmu Tasawuf dan ahli Ulamanya dengan menertibkan tingkatan mereka sesuai dengan tingkatnya masing-masing, lebih kurang terdapat 800 tokoh ulama yang telah beliau sebutkan didalam kitabnya itu, mulai dari para sahabat yang empat (Khulafa  al-Raasyidiin).


Selanjutnya, beliau menyebutkan para sahabat al-Mubasysyiiriina bil Jannah (Para sahabat yang dapat kabar gembira dengan masuk surga), kemudian para sahabat-sahabat yang lain dan Ahli Suffah, lalu disusul para Tabi`in, Tabiut Tabi`in dan para ulama ahli Ibadah atau Tasawwuf lainnya sampai dengan yang semasa dengannya.


Dengan menyebutkan Sanad yang panjang dan pengulangan cerita atau hadith yang sama di beberapa tempat yang berbeda.


Setelah beliau menyebutkan nama salah seorang ulama kemudian beliau memperkenalkan profil, manaqib dan cerita-cerita yang berkenaan dengan ulama tersebut secara terperinci.


Baca Juga : Daftar 40 Ulama Ahli Hadits Berakidah Asy'ariyah


Bagi anda yang ingin membaca kitab asli dari Hilyatul Auliya, berikut ini kami bagikan linknya, yang bisa anda unduh / download secara gratis.


Download Kitab Hilyatul Auliya'

Sebelum anda melakukan proses download, terlebih dahulu kami sajikan penjelasan tetang kitab tersebut, seperti di bawah ini :


إسم الكتاب : حلية الأولياء وطبقات الأصفياء

المؤلف : أبو نعيم أحمد بن عبد الله الأصفهاني


Nama Kitab : Hilyatul Auliya' Wa Thabaqat Ashfiya'

Penulis : al-Hafidz Abu Nu'aim Ahmad bin Abdullah al-Ashfahani

File : PDF

Jumlah Jidil : 10


Cover, Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3, Jilid 4, Jilid 5

Jilid 6, Jilid 7, Jilid 8, Jilid 9, Jilid 10


Demikian informasi tentang Kitab Hilyatul Auliya Karya Imam Abu Nuaim Al Ashfani, yang bisa anda download dengan mudah. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Download Kitab Hilyatul Auliya Karya Imam Abu Nu'aim Al Ashfahani"

close
Banner iklan disini