Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Terjemah Kitab Muwattha' Imam Malik PDF

Galeri Kitab Kuning |  Salah satu kitab yang didalamnya memuat pembahasan hadis sekaligus fiqih yang disusun oleh Imam Malik bin Anas dan sangat terkenal adalah kitab Al-Muwaththa atau Muwatta yang masuk dalam jajaran Kutubut Tis'ah (sembilan kitab hadis utama di kalangan Sunni).

Download Terjemah Kitab Muwattha' Imam Malik PDF


Secara historis, Pada masa Nabi, hadis belum ditulis dan dibukukan secara resmi. Hadis pada saat itu pada umumnya diajarkan dan diriwayatkan secara lisan dan hafalan.


Walaupun begitu, tidaklah berarti bahwa pada saat itu kegiatan penulisan hadis tidak ada sama sekali. Kalangan sahabat pada saat itu cukup banyak yang menulis hadis secara pribadi, tetapi kegiatan penulisan selain dimaksudkan untuk kepentingan pribadi, juga belum bersifat massal.


Baca Juga : Download Terjemah Kitab Fikih Sirah (Sejarah Fikih) Karya Dr. Said Ramadhan al-Buthi


Sejarah penulisan hadis secara resmi dalam arti sebagai kebijakan pemerintah, barulah terjadi pada masa pemerintahan Umar bin Abdul ‘Azis.


Sementara Kitab hadis yang sampai kepada kita dan merupakan kitab yang paling tua dewasa ini dan masih ada adalah kitab al-Muwatta’ karangan Imam Malik.


Sekilas Tentang Kitab Muwattha'

Kitab ini telah ditulis oleh Imam Malik dengan metodologis dan sistematis, sehingga metode dan sistematika penulisannya banyak dijadikan dasar oleh para ulama dalam menyusun kitab hadis. 


Baca Juga : Biografi Singkat Imam Malik, Pendiri Madzhab Maliki


Kebanyakan kitab-kitab hadis sebelum al-Muwattha’ ini disusun oleh pengarangnya secara random, yakni tanpa diperinci secara bab per bab yang setiap babnya meliputi sub-sub bab, sebagaimana yang dilakukan oleh Muhammad bin Muslim ibn Syihab al-Zuhri.


Kata Al-Muwattha’at, jamak dari Muwattha’, Menurut istilah ahli hadis adalah sebuah kitab yang disusun berdasarkan urutan bab-bab fikih dan mencakup hadis-hadis marfu’, mauquf dan maqthu’, sama seperti mushannaf, meskipun namanya berbeda.


Baca Juga : Download Enam Kitab-kitab Hadits Utama (Kutubussittah)


Bagi anda yang ingin membaca dan memepelajari kitab Muwathha', namun kesulitan jika merujuk pada kitab dengan tulisan asli, yakni bahasa Arab, berikut ini kami berikan link untuk versi terjemahannya.


Download Kitab Muwathha' Imam Malik Terjemahan


Demikianlah ulasan kami tentang Terjemah Kitab Muwattha', yang merupakan salah satu kitab rujukan di bidang hadits serta fikih Maliki, versi PDF, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

6 komentar untuk "Download Terjemah Kitab Muwattha' Imam Malik PDF"

  1. Assalamuslaikum....al ustadz saya mau buatkan terjemah Nihayatu Zain imam nawawi....trimakasih jzakallahukhairan ktsira

    BalasHapus
  2. Assalamuslaikum....al ustadz saya mau buatkan terjemah Nihayatu Zain imam nawawi....trimakasih jzakallahukhairan ktsira

    BalasHapus
  3. Terima kasih. Mohon izin download, admin.

    BalasHapus
  4. لا إله إلا الله محمد رسول الله
    القران
    بسم الله الرحمن الر حيم
    سبحان الله وبحمده
    (الحديث صحيح مسلم الرقم ٤٩١٠)
    سبحنك اللهم
    سلم
    الحمد لله رب العالمين
    (القران سورة يونس اية ١٠)
    اللهم علمه الكتاب
    (الحديث صحيح البخاري الرقم ٧٣)
    اللهم علمه الحكمة وتأويل الكتاب
    (الحديث سنن ابن ماجه الرقم ١٦٢)
    اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على آل إبراهيم إنك حميد مجيد اللهم بارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على آل إبراهيم إنك حميد مجيد
    (الحديث صحيح البخاري الرقم ٤٤٢٣)
    اللهم صل على محمد عبدك ورسولك كما صليت على إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وآل إبرهيم
    (الحديث مسند احمد الرقم ١١٠٠٩)
    اللهم صل على محمد وأزواجه وذرريته كما صليت على آل إبراهيم وبارك على محمد وازواجه وذريته كما باركت على آل إبراهيم إنك حميد مجيد
    (الحديث الموطاللا مام مالك الرقم ٣٥٧)
    اللهم صل على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وآل إبراهيم وبارك على محمد النبي الأمي كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد
    (الحديث مسند احمد الرقم ١٦٤٥٥)
    بسم الله أرقيك من عل شيء يؤذيك من شرعل عين ونفس يسفيك بسم الله أرقيك
    (الحديث مسند احمد الرقم ١١١٠٨)
    الحمد لله رب العالمين

    BalasHapus
  5. Kitab ulama yang banyak manfaat terima kasih admin

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini