Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Terjemah Kitab Waraqat Karya Imam Haramain

Galeri Kitab Kuning | Mempelajari Ushul Fiqih, berarti mempelajari metodologi dalam Istinbath Ahkam bagaimana sebuah hukum di ambil dari dalil-dalil. Ada banyak sekali kitab-kitab Ushul Fikih yang bisa dipelajari, salah satunya Kitab Waraqat, karya Imam al-Haramain.


Download Terjemah Kitab Waraqat Karya Imam Haramain


Imam Haramain merupakan gelar, bagi seorang ulama besar abad ke empat Hijriyah, bernama Abu Al-Ma’ali Abdul Malik bin Abdullah bin Yusuf Al-Juwaini An-Naisaburi, atau lebih dikenal dengan Abu Al-Ma’ali Al-Juwaini (w. 478 H).


Kitab Waraqat, memuat mater-materi dasar dalam Ushul Fikih, dan hingga kini kitab ini banyak dikaji dan dipelajari di berbagai lembaga pesantren.


Baca Juga : Download Kitab Ushul Fikih Karya Imam Ghazali Gratis, al-Mustasyfa, dan Asasul Qiyas


#Sekilas Tentang Kitab Waraqat

Kitab al-Waraqat karya Imam al-Haramain merupakan kitab yang ukurannya kecil namun ilmunya banya dan manfaatnya besar. Siapapun yang memperhatikan kitab ini akan mudah menarik kesimpulan bahwa yang diinginkan Imam al-Haramain pada kitab ini adalah membuatkan suatu matan di bidang Ushul Fikih yang akan memudahkan pelajar pemula untuk menghafalnya.


Sebab, jika bukan demikian, sebenarnya Imam al-Haramain juga memiliki karya lain di bidang Ushul Fikih yang lebih luas dan panjang pembahasannya, seperti kitab al-Burhan dan at-Talkhish, sementara di sini, Kitab al-Waraqat, beliau tulis dengan sangat ringkas seperti biasanya bentuk kitab-kitab matan.


#Topik Pembahasan Dalam Kitab Waraqat

Kitab ini memuat berbagai pembahasan, yakni :

  1. Mukaddimah yang mencakup Defenisi al-Ashlu, al-Far’u, al-Fiqh, al-‘Ilmu, an-Nazhar, ad-Dalil, al-Istidlal, serta Makna Ushul Fikih dan bab-bab pembahasan yang dicakupnya. 
  2. Dalalat al-Amr dan an-Nahy, al-Haqiqah dan al-Majaz, al-‘Aam dan al-Khaash, al-Muthlaq, al-Muqayyad dan jenis-jenis at-Tahkhshish, al-Mujmal dan an-Nash, Perbuatan dan Ketetapan Nabi Saw. 
  3. Nasakh dan at-Ta’arudh, al-Ijma’, as-Sunnah dan jenis-jenis al-Khabar, al-Qiyas, al-Hazhr dan al-Ibahah, al-Istishab, syarat al-Mufti dan al-Mustafti, at-Taqlid dan al-Ijtihad, Problematika Meluruskan Pandangan Para Mujtahid dan Perbedaan Pendapatnya. 
  4. Hadits Rasul Saw, “Jika seorang hakim berijtihad kemudian memutuskan hukum dan ternyata benar…”


Baca Juga : Download 15 Kitab Karya Imam Ghazali Gratis


#Download Kitab Waqarat

Pada tulisan kali ini, kami akan bagikan Terjemahan Kitab Waqarat, agar dapat membantu teman-teman untuk mempelajari ushul fikih melalui kitab ini.


Langsung saja, silahkan unduh ada link yang kami sediakan di bawah ini.


Download Kitab Waraqat Terjemahan


Demikianlah ulasan tentang Download Terjemah Kitab Waraqat Karya Imam Haramain, semoga postingan kali ini memberikan manfaat untuk kita semua, amin.

1 komentar untuk "Download Terjemah Kitab Waraqat Karya Imam Haramain"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini