Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Matan Kitab Waraqat Karya Imam Haramain

Galeri Kitab Kuning | Imam Haramain, merupakan gelar bagi seorang ulama Abad ke 4 Hijriyah, beliau memiliki nama asli Abu Al-Ma’ali Abdul Malik bin Abdullah bin Yusuf Al-Juwaini An-Naisaburi (w. 478 H), penulis / pengarang kitab Ushul Fikih bernama Waraqat.

Download Matan Kitab Waraqat Karya Imam Haramain


Kitab ini memuat dasar-dasar Ushul Fikih, sebuah disiplin ilmu yang membahas tentang metodologi atau konsep Instinbath Ahkam "Cara mencari dalil-dalil untuk mendapatkan hukum-hukum", yang selanjutnya produk dari proses metodologis tersebut berupa fikih.


Kitab ini, meskipun memiliki mungil, dan ringkas, namun cukup lengkap, sehingga tidak jarang kitab ini masih menjadi rujukan dan materi wajib bagi para pemula yang ingin memahami Ushul Fikih.


Oleh sebab itu, ditemukan banyak sekali Kitab Syarah (kitab penjelasan lanjutan) kitab Waraqat ini, antara lain kitab Nadzam Waraqat Yang disusun oleh Syekh Syarafuddin al-'Amrithi.


Baca Juga : Download Kitab Syarah Nadzam Waraqat, Karya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki


#Pembahasan Dalam Kitab Waraqat

Berikut ini adalah topik-topik yang dibahas dalam kitab waraqat, yaitu :

  • Mukaddimah yang mencakup Defenisi al-Ashlu, al-Far’u, al-Fiqh, al-‘Ilmu, an-Nazhar, ad-Dalil, al-Istidlal, serta Makna Ushul Fikih dan bab-bab pembahasan yang dicakupnya. 
  • Dalalat al-Amr dan an-Nahy, al-Haqiqah dan al-Majaz, al-‘Aam dan al-Khaash, al-Muthlaq, al-Muqayyad dan jenis-jenis at-Tahkhshish, al-Mujmal dan an-Nash, Perbuatan dan Ketetapan Nabi Saw. 
  • Nasakh dan at-Ta’arudh, al-Ijma’, as-Sunnah dan jenis-jenis al-Khabar, al-Qiyas, al-Hazhr dan al-Ibahah, al-Istishab, syarat al-Mufti dan al-Mustafti, at-Taqlid dan al-Ijtihad, Problematika Meluruskan Pandangan Para Mujtahid dan Perbedaan Pendapatnya. 
  • Hadits Rasul Saw, “Jika seorang hakim berijtihad kemudian memutuskan hukum dan ternyata benar…”


#Download Matan Waraqat Karya Imam Haramain


Bagi anda yang ingin mempelajari, atau kebetulan sedang menekuni Ushul Fikih, kitab Waraqat ini layak menjadi salah satu rujukan.


Oleh sebab itu, disini kami telah menyiapkan kitab tersebut, dalam teks asli, atau matan berbahasa arab, yang bisa dengan mudah anda baca.


Demikianlah informasi tentang Download Matan Kitab Waraqat yang ditulis oleh  Imam Haramain al-Juwaini, semoga tulisan ini bisa menambah wawasan dan manfaat. amin.

Posting Komentar untuk "Download Matan Kitab Waraqat Karya Imam Haramain"

close
Banner iklan disini