7 Aplikasi Maktabah Syamilah Terbaik Di Android Untuk Baca Ribuan Kitab Gratis
Cari Berita

7 Aplikasi Maktabah Syamilah Terbaik Di Android Untuk Baca Ribuan Kitab Gratis

Admin Galeri Islam
Kamis, 29 April 2021

Galeri Kitab Kuning | Kepikiran tidak, bahwa perkembangan teknologi terutama gadget saat ini semakin mempermudah dan memenuhi hampir semua kabutuhan manusia, termasuk bagi kita yang ingin membaca kitab-kitab klasik ataupun modern, dari para ulama.

7 Aplikasi Maktabah Syamilah Terbaik Di Android Untuk Baca Ribuan Kitab Gratis


Jika dahulu, saat kita ingin mempelajari dan membaca kitab, kita harus mempersiapkan uang untuk membelinya, tapi tidak dengan zaman sekarang. Dengan HP android, kita sudah bisa membaca ratusan bahkan ribuan kitab hanya dengan memegang tombol-tombol pada handphone.


Hebatnya lagi, tidak hanya membaca, tapi sebagian besar aplikasi kitab, juga menyediakan fitur pencarian kosakata dan diksi dalam kitab dengan mudah.


Baca Juga : 6 Aplikasi Memuat Khutbah Jumat Terbaik Di Android


Oke langsung saja, berikut ini ada beberapa pilihan aplikasi android untuk membaca kitab-kitab para ulama, yang bisa anda install dengan mudah.


#7 Aplikasi Maktabah Syamilah Terbaik di Android

Sebenarnya tidak semua aplikasi yang menampilkan kitab-kitab kuning di android bernama Maktabah Syamilah, ada nama-nama aplikasi lainnya.


Namun secara umum, aplikasi ini disebut Maktabah Syamilah, karena mudah dipahami, dan memang aplikasi pertama yang menghimpun kitab-kitab pada PC bernama Maktabah Syamilah.


#1  المكتبة الشاملة

Aplikasi yang pertama bernama al-maktabah al-Syamilah, yang dirilis oleh developer bernama "Shamela.ws". Aplikasi khusus menampung ratusan hingga ribuan kitab ini telah diunduh lebih dari 100.000 kali, dengan capaian rating 4.0, yang bisa disimpulkan bahwa aplikasi kitab yang satu ini banyak diminati oleh penggunanya.


المكتبة الشاملة


Diupdate terakhir pada tanggal 5 November 2020, ukruan master dari aplikasi ini cukup sedikit, hanya 17 MB, dan setelah aplikasi diinstall, selanjutnya pengguna akan diminta untuk mengunduh beberapa kitab yang diinginkan.


Sementara katalog dan isi kitab dalam Aplikasi ini juga sangat lengkap, mulai dari al-Quran, Tafsir, Hadits, Ilmu Hadits / Mushtolahul Hadits, Sejarah, Kamus, Tashawuf, Fikih yang terdiri dari Fikih empat Madzhab, atau fikih secara umum dan lain sebagainya. Penasaran? anda bisa download pada link yang kamis ediakan di bawah ini.


Download al-Maktabah al-Syamilah


#2 المكتبة الشاملة الحديثة

Aplikasi penghimpun kitab yang kedua bernama al-Maktabah al-Syamilah al-Haditsiyah, sebuah aplikasi yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, dan dirilis oleh developer bernama APP.PUB.

المكتبة الشاملة الحديثة


Pada versi terbarunya, yakni 1.23, Aplikasi yang sudah di download dan digunakan lebih dari 40.000 ini, memiliki kapasitas master yang lebih rendah, yakni hanya sekitar 8.7 MB.


Selain itu, aplikasi ini memiliki update terbarunya pada 24 July 2020, dan support untuk android versi 4.1 ketasa.


Dan tidak jauh berbeda pula dengan sebelumnya, setelah proses instalasi, selanjutnya anda bisa dengan mudah memilih kitab yang akan dibaca, dan akan dilakukan proses download pada file kitab tersebut.  


Silahkan unduh dan install langsung di link berikut :  al-Maktabah al-Syamilah al-Haditsah


#3 المكتبة الشامله

Aplikasi berikutnya yang bisa jadi pilihan anda dalam membaca kitab-kitab klasik adalah al-Maktabah al-Syamilah, yang dirilis oleh Devna Developers, Qadsia Block 9 House 9 Safat 13083 Kuwait.

المكتبة الشامله


Tidak jauh dengan sebelumnya, aplikasi ini juga menyajikan ratusan hingga ribuan kitab dengan ukuran masternya yang cukup ringan, yakni hanya 3.6 MB.


Diupdate pada 28 December 2019, dan sudah digunakan oleh lebih dari 10.000 pengguna, aplikasi dengan versi terbaruny, 1.0 suppor untuk sistem Android versi 5 keatas.


Download al-Maktabah al-Syamilah Kuwait


#4 Islamic Library - shamela book reader - free

Di urutan ke empat, ada aplikasi yang memuat kitab-kitab, bernama "Islamic Library - shamela book reader - free". Dari namanya saja kita bisa pahami, bahwa aplikasi android yang satu ini akan memberikan pengalaman kepada penggunanya untuk membaca kitab-kitab secara gratis.

Islamic Library - shamela book reader - free


Aplikasi kitab android yang satu ini cukup digemari banyak pengguna hp pintar. Hal ini terbukti, sudah direview lebih dari 9000 orang, dengan hasil bintang 4.7.


Aplikasi ini dirilis oleh developer asal mesir, bernama Fekra Computers, dari 12 Ezzat Salama, Nasr City, Cairo, Egypt. Dan pada update terakhir, pada 6 November 2019, memiliki versi 1.4.7, dan support android versi 4.1 keatas, dengan ukuran masternya sekitar 14 MB.


Apakah anda juga tertarik mencobanya? silahkan download saja pada linki berikut ini:


Unduh Islamic Library - shamela book reader - free


#5 Shamela books Library

Di urutan kelima ada aplikasi "Shamela books Library", yang menjadi salah satu aplikasi kitab terbaik di Android yang bisa anda gunakan untuk membaca ratusan hingga ribuan kitab secara gratis.

Shamela books Library


Diupdate pada 1 September 2019 Aplikasi kitab ini memiliki kapasitas master yang sangat minim, hanya sekitar 6.1M, jadi tentunya sangat ringan untuk android anda.


Menariknya, sejak dirilis oleh devvelopernya AppEdTech , aplikasi Shamela books Library telah diinstal lebih dari 1,000,000+ dan kini telah memiliki versi 2.0.1.1 sebagai versi terbarunya, yang suppor untuk sistem android  4.0 keatas.


Aplikasi kitab android ini tentu sangat dimintai oleh para penggunanya, terbukti telah di reviwe lebih dari 9000 kali dengan torehan bintang 4.5.


Langsung saja download dan install pada link berikut : Shamela books Library


#6 المكتبة الوقفية - أكثر من 20 ألف كتاب

Selanjutnya, di urutan nomor enam, ada aplikasi baca kitab gratis yang dilansir dari sebuah website penyedia kitab terkenal yakni Waqfea. bernama المكتبة الوقفية - أكثر من 20 ألف كتاب

المكتبة الوقفية - أكثر من 20 ألف كتاب


Sesuai dengan namanya, Aplikasi penyedia kitab-kitab islami ini, memuat lebih dari 20 ribu kitab yang bisa anda baca dengan mudah melalui smartphone/


Dirilis oleh APP.PUB, Aplikasi ini memiliki rating 4.1, sebuah bukti masyakat banyak tertarik menggunakannya.


Ukuran masternya yang hanya sekitar 16M, aplikasi dengan versi terbbarunya pada 3 June 2020, telah diunduh dan diinstall sebanyak 100,000+.


Tertarik baca kitab dengan aplikasi ini? silahkan download pada link di bawah ini :


المكتبة الوقفية - أكثر من 20 ألف كتاب


#7 Maktab - Free Islamic Library | Shamela Book Reader


Selanjutnya ada aplikasi ribuan kitab yang yang dirilis oleh developer asal UAE, bernama Limoo, yang juga cukup menarik dan bisa anda jadikan pilihan.

Free Islamic Library  Shamela Book Reader



Dengan kapasitas master aplikasinya yang hanya berukuran 9.5 MB, aplikasi kitab ini menghadirkan ribuan kitab yang bisa anda baca secara gratis.


Pada versi terbarunya, yakni 2.0, yang dirilis pada 2 January 2021, dan sudah support versi android 4.1 keatas, dan sudah digunakan oleh lebih 10.000 pengguna.

Penasaran? silahkan download saja : Maktab - Free Islamic Library | Shamela Book Reader



Nah demikianlah informasi tentang 7 Aplikasi Kitab Terbaik Di Android yang bisa jadi pilihan anda untuk membaca karya-karya ulama-ulama, semoga tulisan ini bermanfaat. Amin.


 
close
Banner iklan disini