Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Terjemah Kitab Hikmah Tasyri', Karya Syekh Ali Ahmad Jurjawi

Galeri Kitab Kuning | Kitab Hikmah Tasyri wa Falsafatuhu merupakan satu dari sekian kitab yang di dalamnya mengulas tentang latar belakang dan hikmah di balik ajaran syariat Islam, yang kajiannya cukup lengkap ditulis oleh seorang ulama bernama Syekh Ali Ahmad al-Jurjawi.

Download Terjemah Kitab Hikmah Tasyri', Karya Syekh Ali Ahmad Jurjawi


Syekh Ali Ahmad al-Jurjawi merupakan ulama asal Mesir, pada abad 19, dan termasuk satu dari tidak banyak orang  yang termasuk dalam kelompok ulul al-babatau yang mempunyai saripati akal dan memahami hikmah  dibalik  disyari‟atkannya  suatu  hukum.


#Hikmah Tasyri' Menurut Syekh Ali Ahmad al-Jurjawi

Dalam pandangan  Syekh Ali   Ahmad   al-Jurjawi   Hikmah Tasyri’, beliau mendefiniskannya dengan menggunakan  kata   يقصد (bertujuan),  maka  menurut  beliau  tujuan  dari disyari‟atkannya  seluruh  syari‟at  samawi  itu  adalah  untuk  empat  hal penting.


Pola  pikir  atau  kerangka  berpikir  al-Jurjawi  menetapkan  hikmah tasyri‟ di awali dengan pematangan akidah.


Akidah adalah pondasi dasar dalam hukum Islam, apabila pondasinya bagus maka bangunan diatasnya dapat  dibangun  dengan  kokoh,  sementara  apabila  pondasinya  goyang maka  tidak  akan  mampu  menahan  bangunan  diatasnya.


Baca Juga : Download Kitab Maqashid Ibadah (Tujuan-tujuan Ibadah), Karya Izzuddin bin Abdissalam


Artinya  apabila aqidah  bagus  maka  pelaksanaan  syari'at  akan  bagus  juga,  sebaliknya apabila akidah tidak   bagus   maka   pelaksanaan   syariat   tidak   akan sempurna.


Penekanan    akidah    dalam    menetapkan    hikmah tasyri’yang dikemukakan  oleh  al-Jurjawi apabila  dikaitkan  dengan  kitab  fiqih  yang dijadikan  rujukan   yaitu  kitab Bada’i  Sona’i.


Oleh sebab itulah, di tinjau dari sistematikanya, kitab hikmatu tasyri’ wa  falsafatuhu ini  menyerupai  fiqh  akbar  Imam  Abu  Hanifah yang di dalamnya  termuat  semua  aspek  agama  aqidah,  syari‟ah,  muamalah dan  akhlak.


Jika sebelumnya kami sudah bagikan link kitab asli, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan versi terjemahannya, anda bisa dengan mudah unduh pada tautan yang kami sediakan di bawah ini:


Download Terjemahan Hikmah Tasyri, Syekh Ali Ahmad Jurjawi

Kitab Hikmah Tasyri' Versi Asli (Teks Arab)


Demikian postingan mengenai Terjemah Kitab Hikmah Tasyri', Karya Syekh Ali Ahmad Jurjawi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Posting Komentar untuk "Download Terjemah Kitab Hikmah Tasyri', Karya Syekh Ali Ahmad Jurjawi"

close
Banner iklan disini