Download Kitab Hikmah Tasyri' Wa Falsafatuhu Karya Syekh Ali Ahmad Al-Jurjawi
Cari Berita

Download Kitab Hikmah Tasyri' Wa Falsafatuhu Karya Syekh Ali Ahmad Al-Jurjawi

Admin Galeri Islam
Senin, 05 April 2021

Galeri Kitab Kuning | Syariat diturunkan Allah swt melalui Nabi Muhammad saw. bukan tanpa alasan. Namun, dibelakangnya terdapat banyak sekali hikmah-hikmah yang patut diketahui oleh pemeluk agama Islam itu sendiri. Kitab Hikmah Tasyri' Wa Falsafatuhu Syekh Ali Ahmad al-Jurjawi, menjadi satu diantara kitab yang ditulis oleh ulama, yang memuat filosofis dan hikmah di balik syariat Islam.

Download Kitab Hikmah Tasyri' Wa Falsafatuhu Karya Syekh Ali Ahmad Al-Jurjawi


Kitab ini menarik untuk dipelajari, sebab pembahasan di dalamnya cukup komprehensif,. di dalamnya terdapat    331  pembahasan  hikmah tasyri’dalam  buku  ini,    diantaranya  adalah syari‟at-syari‟at  yang  oleh  sebagian  ulama  hanya  diketahui  hikmahnya  oleh Allah  swt,  seperti  kenapa  hanya  anggota-anggota  tubuh  tertentu  yang  dibasuh ketika berwudu‟, kenapa keluarnya mani menyebabkan mandi padahal mani itu suci sedangkan keluarnya air seni cukup dengan berwudu‟ saja padahal air seni itu  adalah  najis,  atau  kenapa  terbenamnya  matahari  menjadi  tanda  masuknya waktu sholat, kenapa jumlah rakaat dalam  sholat berbeda-beda dan kenapa ada sholat yang bacaanya disirkan dan ada yang dijaharkan, kenapa perempuan yang ditinggal  mati  suaminya  harus  menunggu  empat  bulan  sepuluh  hari  padahal dapat  dipastikan  bahwa  dia  tidak  sedang  hamil  dan  banyak  lagi  hal  menarik lainnya.


Sistimatika  penulisan  yang  digunakan  Ali  Ahmad  al-Jurjawi  berbeda dengan  penulisan  kitab  fiqih  umumnya  yang  mengawali  dengan  membuat  bab tertentu, pada buku ini  al-Jurjawi menjadikan tema  yang dibahas menjadi judul tulisannya.  Namun  demikian  tetap  pada  tema  besar  yang  sama,  diawali  dengan hal-hal   yang   berhubungan   dengan   thaharah   kemudian   masalah   sholat   dan seterusnya.  


Dalam  membahas  bab thaharahal-Jurjawi  membahas  setiap  aspek  dengan   sangat   detail,   dimulai  dengan   menjelaskan   hikmah   kenapa   harus thaharahdalam  beribadah,  dilanjutkan  dengan  hikmah  menghilangkan  najis dengan  media  air,  hikmah  wudhu'  dan  membasuh  anggota  tubuh  tertentu, dilanjutkan  dengan  hikmah  hal-hal  yang  mewajibkan  dan  yang  membatalkan wudhu',  hikmah  diwajibkannya  mandi  janabah  dan  lainnya  dan  diahir pembahasan  mengenai  thaharahbeliau  menjelaskan  hikmah  tidak  semua  angin yang keluar dari badan membatalkan wudhu'


Baca Juga : Download Kitab Luma' Gratis Versi PDF


Selain itu, Kitab hikmah  al-tasyri’  wa  falsafatuhuini  menjadi  lebih  menarik  karena dalam  menjelaskan  hikmah  dari  berbagai  syari‟at,  beliau  tidak  hanya mengemukakan satu hikmah saja  akan tetapi ada beberapa hikmah ditiap bagian syari‟at tersebut dan metode berpikir yang beliau gunakan dalam melahirkan hikmah-hikmah  tersebut  berbeda-beda  antara  yang  satu  dengan  yang  lainnya. Adakalanya dalam menjelaskan hikmah syari‟at al-Jurjawi  menampilkan  dalil nash  (al-Qur'an atau hadits), adakalanya menggunakan pendekatan kedokteran, pendekatan  sosial  dan  adakalanya  hanya  mengandalkan  logika  berpikir  saja.


Salah  satu  contoh  yang  menggunakan  nash  adalah  ;  kedalaman  pemahaman  al-Jurjawi  dalam  memaknai  suatu  ayat  atau  hadits  melahirkan  hikmah-hikmah yang beliau ungkapkan,  seperti menjelaskan hikmah thaharah dalam beribadah, al-Jurjawi  mengemukakan  dalil  salah  satunya  surat  at-Taubah  ayat  108  yang artinyi: “Di dalamnya masjid itu ada orang-orang yangingin membersihkan diri. dan Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih”.


#Download Kitab Hikmah Tasyri' Wa Falsafatuhu

Bagi anda yang kebetulan ingin mendalami dan mempelajari kitab tersebut, disini kami akan bagikan link untuk unduh kitab aslinya. silahkan klik pada tautan di bawah ini:


Kitab Hikmah Tasyri' Wa Falsafatuhu (Teks Arab/ Kitab Asli)

Kitab Hikmah Tasyri' Wa Falsafatuhu (Terjemahan)


Demikianlah informasi tentang Kitab Hikmah Tasyri' Wa Falsafatuhu Karya Syekh Ali Ahmad Al-Jurjawi, semoga informasi ini bermanfaat untuk sahabat-sahabat.