Teks Bacaan Niat Dan Doa Zakat Fitrah Lengkap Dengan Latin dan Artinya
Cari Berita

Teks Bacaan Niat Dan Doa Zakat Fitrah Lengkap Dengan Latin dan Artinya

Admin Galeri Islam
Senin, 19 April 2021

Galeri Kitab Kuning | Saat datang bulan puasa, sebagai umat muslim, membayar zakat adalah sebuah kewajiban. Khususnya bagi mereka yang mampu dan berkelebihan, yang harus diberikan kepada orang-orang yang berhak, yakni Orang Fakir, Orang Miskin, Amil Zakat, Muallaf, Budak, Orang yang Berhutang, Sabilillah, Ibnu Sabil.

Teks Bacaan Niat Dan Doa Zakat Fitrah Lengkap Dengan Latin dan Artinya


Zajat sendiri menurut bahasa adalah ‘membersihkan’ sedang zakat menurut istilah syariah adalah nama dari harta tertentu yang harus dikeluarkan dengan ketentuan tertentu.


Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri.


Baca Juga : Ini Ukuran Zakat Fitrah Yang Harus Dikeluarkan


Sebagaimana seperti ibadah-ibadah lainnya, Saat menunaikan Zakat Fitrah, harus menyertakan niat, namun tidak sedikit yang tidak tahu bacaan niat Zakat Fitrah ini.


Oleh sebab itulah, sengaja disini kami akan bagikan selain tentang bacaan niat zakat fitrah dalam bahasa arab, juga teks latin serta artinya, selain juga ada juga bacaan doa yang dianjurkan untuk dibaca baik oleh orang yang mengeluarkan zakat maupun yang menerima zakat.


#Teks Bacaan Niat Zakat Fitrah


نويت أن أخرج زكاة الفطر عن ...... فرضا لله تعالى


Nawaitu An ukhrija Zakatal Fitri 'An ........... Fardhon Lillahi Ta'ala


Aku Berniat mengeluarkan zakat fitrahnya ............ (Sebutkan nama orang yang akan dikeluarkan zakatnya..... misalnya, anak, istri dan lain-lain), karena menunaikan kewajiban, semata-mata karena Allah swt.


Niat membayar zakat fitrah diatas, sebaiknya diucapkan saat benar-benar akan mengeluarkan zakat, bukan sebelumnya, yakni sambil memegang beras yang akan dikeluarkan.


Sementara untuk niat zakat fitrah untuk orang lain, anda bisa mengganti titik-titik diatas, dengan menyebutkan nama dan statusnya.


Baca Juga : Bagaimana Hukum Zakat Fitrah Dengan Uang? Ini Jawabannya


Sementara tidak ada penjelasan dan tidak harus ada niat menerima zakat fitrah, dan yang ada hanyalah doa menerima zakat yang akan dijelaskan di bawah.


#Doa Niat Zakat Fitrah

Setelah menunaikan zakat fitrah, ada baiknya seseorang membaca doa. Tentang doa ini, ada dua, yakni dari orang yang mengeluarkan dan yang menerima zakat.


#Doa Orang Yang Mengeluarkan Zakat fitrah


اللهم اجعلها مغنما ولا تجعلها مغرما


Allahummaj'alha Maghanaman Wa Laa taj'alhaa Maghraman


"Ya Allah, jadikanlah [zakatku] ini sebagai keberuntungan bagiku [untuk dunia dan akhirat] dan janganlah engkau menjadikannya sebagai denda [yang menimbulkan kegundahan di hatiku])."


#Doa Orang Yang menerima Zakat Fitrah 


جزاك الله خيرا كثيرا , أجرك الله فيما أعطيت وجعله لك طهورا وبارك لك فيما أبقيت


jazaakallau Khairan katsiran, Ajarakallahu fi ma a'thait. Wa ja'alahu laka thahuran. Wa baraka laka fi ma abqait.


Artinya: "Semoga Allah memberimu balasan kebaikan yang banyak. Semoga Allah memberimu ganjaran atas pemberianmu. Dan menjadikannya sarana penyucian bagimu. Serta memberimu keberkahan dalam harta yang masih ada padamu."



Demikianlah informasi tentang Lafadz Niat Zakat Fitrah, yang bisa anda baca saat akan menunaikan rukun yang ke-empat ini, yang juga sudah kami lengkapi dengan teks latin dan artinya, semoga bermanfaat.


 
close
Banner iklan disini