Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Metodologi Sejarah Karya Kuntowijoyo Edisi Kedua - Unduh Gratis

Galeri Kitab Kuning | Salah satu buku Ilmu Sejarah yang kerap dijadikan rujukan bagi pemerhati sejarah, dan sejarawan adalah Buku "Ilmu Metodologi Sejarah" yang ditulis oleh Prof. Kuntowijoyo, seorang Sejarawan Indonesia, dan Guru Besar Ilmu Sejarah di Fakultas Budaya UGM.

Buku Metodologi Sejarah Karya Kuntowijoyo Edisi Kedua - Unduh Gratis


Buku ini sebenarnya pernah terbit, namun pada edisi kedua yang kita bahasa saat ini, ada penambahan materi dan kajian, antara lain, Sejarah Agama, Sejarah politik, Sejarah Pemikiran, Sejarah Mentalitas, Sejarah Kuantitatif, Biografi dan ada tambahan sub pada sejarah Wanita.


Kuntowijoyo, memberikan batasan metodologi sebagai Ilmu yang membicarakan jalan, sebagaimana metodologi sejarah harus dilakukan. Di dalamnya juga diuraikan secara jelas bagaimana menempatkan metodologi secara benar dan tepat, serta ada pula pembicaraan berkenaan persoalan teori dan konsep-konsep, serta sumber sejarah yang akan digunakan.


Baca Juga : Buku Gratis "Pengantar Ilmu Sejarah" Karya Kuntowijoyo


Di samping itu, Kuntowijoyo juga menguraikan berbagai metode sejarah, petunjuk pelaksanaan hingga teknik prihal bahan, kritik dan interpretasi serta penyajian sejarah yang baik dan benar.


Lebih dari itu, dalam setiap pembahasan Kuntowijoyo menekankan pentingnya penguatan "jati-diri" keilmuan dari para sejarawan, dan "seruan" untuk kesadaran keilmuan para sejarawan.


Daftar Isi Dan Pembahasan Buku "Metodologi Sejarah"

Agar isi dan kandungan dari buku ini dapat lebih jelas, berikut ini kami sajikan daftar isi pembahasannyya :

Bab 1 : Penulisan Sejarah Di indonesia

Bab 2 : Sejarah Lisan

Bab 3 : Sejarah Sosial

Bab 4 : Sejarah Kota

Bab 5 : Sejarah Pedesaan

Bab 6 : Sejarah Ekonomi Pedesaan

Bab 7 : Sejarah Wanita; dari Sejarah Androcentric ke sejarah Androgynous

Bab 8 : Sejarah kebudayaan

Bab 9 : Seminar Sejarah Lokal, 1984

Bab 10 : Sejarah Agama

Bab 11 : Sejarah Politik

Bab 12 : sejarah Pemikiran

Bab 13 : Biografi

Bab 14 : Sejarah Kuantitatif

Bab 15 : Sejarah Mentalitas


 Dan bagi sahabat yang kebetulan sedang kuliah di juruan sejarah, atau para peneliti dan pemerhati sejarah, tentu buku ini sangat penting untuk menambah referensi dan wawasan kesejarahan. oleh sebab itulah, disini kami akan bagikan bukunya untuk anda, silahkan klik link unduh di bawah ini:


Unduh Buku Metodologi Sejarah, Karya Kuntowijoyo


Nah, demikianlan ulasan dan informasi tentang buku penting dalam dunia sejarah berjudul "Metodologi Sejarah", yang ditulis oleh Kuntowijoyo, semoga buku ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Buku Metodologi Sejarah Karya Kuntowijoyo Edisi Kedua - Unduh Gratis"

close
Banner iklan disini