Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Gratis "Penjelasan Sejarah" (Historical Explanation) Karya Kuntowijoyo

Galeri Kitab Kuning | Mempelajari sejarah tidak hanya mempelajari sebuah peristiwa yang terjadi dimasa silam, melainkan juga harus bisa memahami makna dan nilai dari sejarah itu sendiri. Ilmu sejarah sendiri juga tidak hanya meliputi perekaman sebuah peristiwa, melainkan ada metodologi yang perlu digunakan untuk memahami dari peristiwa-peristiwa silam.

Buku Gratis "Penjelasan Sejarah" (Historical Explanation) Karya Kuntowijoyo


Selain itu, sebagai pemerhati sejarah, juga dibutuhkan ragam perangkat untuk melakukan analisis hingga sampai sebuah kesimpulan dari objek sejarah yang sedang diteliti.


Dan buku karya Kuntowijoyo berjudul "Penjelasan Sejarah" menjadi rujukan dan referensi yang wajib dijadikan rujukan otoritatif bagi pemerhati sejarah, sebab buku ini menjelaskan bagaimana sebuah sejarah harus dianalisi dengan benar dan tepat.


Baca Juga : Buku Gratis, Judul Pengantar Ilmu Sejarah, Karya Kuntowijoyo


Topik Pembahasan Buku "Penjelasan Sejarah" 

Fenomena sejarah tidak lagi terpolakan secara kaku pada dikotomi dua objek penelitian, yakni antara sejarah sebagai peristiwa dan sejarah sebagai struktur. Perpaduan kedua pendekatan itu sudah berlangsung mulai mnetradisi, dan masing-masing pendekatan terus melengkapi dan mengembangkan perkakas metodologinya.


Yakni, Objek ilmiah untuk memahami sejarah di satu sisi, dan perangkat keilmuan untuk melakukan analisis sejarah di sisi yang lain.


Buku Karya Kuntowijoyo, salah seorang Guru Besar Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya UGM, dapat ditempatkan sebagai contoh konkrit dari pengembangan dalam pendekatan hermeneutics, pendekatan untuk memahami sejarah.


Meski demikian, di dalam juga ditemukan upaya penulis untuk menjembatani kesenjangan di antara kedua pendekatan tersebut.


Materi buku "Penjelasan (Analisis) sejarah" ini bertumpu pada dua bahasan yang mendasar dalam ilmu sejarah, yakni tentang hakikat ilmu sejarah dan tentang cara memahami berbagai jenis penjelasan sejarah.


Kuntowijoyo menegaskan bahwa ilmu sejarah adalah ilmu yang mandiri, serta memiliki penjelasan dan definisi sendiri. Argumen filosofisnya adalah, ilmu sejarah tidak lain merupakan serangkaian upaya untuk menafsirkan, memahami dan mengerti (hermeneutics dan verstehen).


Daftar Isi dan Pembahasan Buku "Penjelasan Sejarah"

1. Penjelasan Sejarah (Historical Explanation), yang memuat Hakikat sejarah, dan Penjelasannya

2. Periodisasi

3. Kausalitas, yang memuat tentang studi kasus, dan studi perubahan

4. Analisis Struktural

5. Paralelisme, yang memuat tentang pembahasan Kemiripan dan Pengulangan

6. Generalisasi Sejaarah

7. Rapprochement; Sejarah dan Teori Sosial

8. Kuantifikasi, dan terkahir

9. Sejarah naratif


Nah, tentu kajian dan materi yang dibahas dalam buku ini cukup menarik dan lengkap untuk dijadikan pisau analisi pada sebuah sejarah.


Jadi bagi anda yang kebetulan ingin membaca dan menambah referensi di bidang ilmu kesejarahan, berikut ini kami akan bagikan link untuk mendapatkan buku ini secara gratis.


Unduh Buku "Penjelasan Sejarah" karya Kuntowijoyo


Demikianlan penjelasan dan informasi berkenaan dengan "Buku Penjelasan Sejarah" yang ditulis oleh Prof. Kuntowijoyo, yang bisa anda baca secara gratis. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Buku Gratis "Penjelasan Sejarah" (Historical Explanation) Karya Kuntowijoyo"

close
Banner iklan disini