Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Asal Usul Marga dan Gelar Nasab al-Habsyi

Galeri Kitab Kuning | Gelar dan Marga pada keluarga alawiyyin, yang sangat terkenal adalah al-Habsyi, berikut ulasan tentang asal usulnya.

Mengenal Asal Usul Marga dan Gelar Nasab al-Habsyi


Sebelum membahas lebih jauh tentang sejarah asal usul nasab dan gelar al-Habsyi, beberapa nama nasab lain yang juga tidak kalah masyhurnya, antara lain al-Habsyi dan al-Haddad serta Assegaf.

Berkenaan dengan Marga al-Habsyi, mungkin banyak yang penasaran, siapa habib pertama kali yang berjuluk al-Habsyi? apa sebabnya diberi gelar al-Habsyi? simak ulasannya.

Baca Juga:

Mengenal Asal Usul Sejarah Munculnya Marga al-Haddad

Mengenal Asal Usul Sejarah Habaib Marga Al-Aidrus / al-Idrus

Orang Perma Kali Bergelar al-Habsyi

Ulama atau Habib yang pertama kali dijuluki (digelari) " Al-Habsyi " adalah Waliyyullah Abi Bakar bin Ali bin Ahmad bin Muhammad Asadillah bin Hasan Atturabi bin Ali bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam bin Ali bin Muhammad Shahib Marbad.

Sebab Adanya Gelar al-Habsyi

So'al gelar yang disandangnya ; karena Beliau sering pergi ke kota " Habasyah " di Afrika Beliau pernah tinggal disana selama 20 tahun. Dengan maksud untuk menyebarkan Agama Islam disana.

Waliyyullah Abi Bakar bin Ali Al-Habsyi dilahirkan di kota Tarim. Dikaruniai seorang anak

lelaki; yang dinamai Alwi. Yang mana Alwi bin Abi Bakar Al-Habsyi tersebut dikarunisi 5 orang anak lelaki, 3 diantaranya yang menurunkan keturunannya. Masing-masing ialah :

1. Husein bin Alwi, keturunannya berada di  Habasyah (Afrika).

2. Ati bin Alwi, keturunannya berada di kota Aden (Yaman) dan dikota Madinah Al-Munawwarah.

3. Muhammad Al-Ashghor bin Alwi, keturunannya  sangat banyak sekali dan berada dimana-mana termasuk yang berada di Indonesia. 

Muhammad Al-Ashghor dikaruniai 2 orang anak lelaki :

o Abdurrahman, dikaruniai 3 orang anak klaki, keturunannya yang di Indonesia

kebanyakan berada di Palembang, lambi, Siak, ACeh.

o Ahmad Shahib Syi'ib, dikaruniai 8 orang anak lelaki masing-masing :

1. Al-Hasan, keturunannya disebut AI-Habsyi "Al-Rausyan".

2. Hadi, dari kedua anaknya yang bemama Idrus, keturunannya disebut AI-Habsyi "AI-Syabsyabah" dan anaknya yang bernama Abdurrahman, adalah datuk waliyyullah Al-Habib Ali Al-Habsyi Kwitang.

3. Alwi, keturunannya disebut AI-Ahmad bin Zain dianurulya datuk waliyyullah A!-Habib Muhammad bin Idrus AI-Habsy, yang makamnya di Ampel Gubbah Surabaya.

4. Husein, salah satu anak cucunya adalah  waliyyullah AI-Habib Alwi bin Ali bin Muhammad Al-Habsyi, makamnya berada di Mesjid "Al-Riyad" di kota Solo (Surakarta)

5. Idrus

6. Hasyim

7. Syaich

8. Muhammad

Waliyyullah Abi Bakar bin Ali bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsyi pulang ke Rahmatullah di kota Tarim pada tahun 857 Hijriyyah.

Demikian sekilas tentang Asal Usul Marga dan Gelar Nasab al-Habsyi, semoga kita mendapatkan barokah para ulama dan habaib yang bermarga al-Habsyi.

Posting Komentar untuk "Mengenal Asal Usul Marga dan Gelar Nasab al-Habsyi"

close
Banner iklan disini