Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Link Aplikasi Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin - Imam Ghazali - Lengkap

Galeri Kitab Kuning | Tulisan ini memuat ulasan tentang aplikasi Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin - Imam Ghazali  Di Android yang bisa anda install secara gratis.

Link Aplikasi Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin - Imam Ghazali - Lengkap

Satu diantara kitab kuning bidang fikih tashawuf yang banyak dipelajari dan diajarkan di lembaga Islam seperti Pondok Pesantren adalah kitab Kitab Ihya Ulumuddin.

Pembelajaran dengan Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Ghazali terbilang salah satu mata pelajaran wajib bagi para santri khususnya santri senior karena memuat materi dasar dalam tashawuf plus fikih secara komprehensif.

Dan dengan adanya perkembangan teknologi yang canggih, saat ini kita bisa dengan mudah mempelajari Kitab Ihya Ulumuddin, hanya dari Android.

Baca Juga : Terjemah Ringkasan Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Ghazali

Sebab banyak sekali developer yang telah menyediakan aplikasi Kitab Ihya Ulumuddin Terjemahan yang bisa dengan mudah kita pasang di Smartphone. Penasaran? simak ulasannya berikut ini.

Aplikasi Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin di Android

Kitab Ihya Ulumuddin disusun oleh Imam Ghazali, dan bisa dipastikan menjadi salah satu materi yang wajib diajarkan oleh para kiai.

Kitab yang berhaluan madzhab syafi'i memiliki daya tarik tersendiri, disebabkan bahasa yang digunakan cukup sederhana dan dihadirkan secara komprehensif.

Daftar Isi Aplikasi Kitab Ihya Ulumuddin Terjemahan
Secara garis besar, Imam al-Ghazali membagi kitab ihya ulum al-Din menjadi empat bagian. Disetiap bagiannya, memuat sepuluh pembahasan. Jadi, secara keseluruhan, kitab ihya ulum al-Din memuat empat puluh pembahasan. 

Bagian pertama :
Membahas tentang seputar ibadah (rub'ul ibadat). Pada bagian ini, Imam al-Ghazali membahas tentang amalan syari'at yang wajib ditempuh oleh kaum salikin (orang-orang yang menempuh jalan Allah).

Dalam bagian pertama ini, Imam al-Ghazali mengawalinya dengan membahas tentang seputar ilmu, karena ilmu merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia. Dengan ilmu, kita bisa mengenal sang pencipta dan dengan ilmu kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Selanjutnya, Imam al-Ghazali membahas tentang seputar akidah, rahasia bersuci, rahasia shalat, rahasia zakat, rahasia puasa, rahasia haji, etika membaca Al-Qur'an, kumpulan dzikir-doa dan yang terakhir tentang wirid harian. 


Bagian kedua :
Membahas tentang seputar adat kebiasaan (rub'ul 'adat). Pada bagian ini, Imam al-Ghazali mengupas tuntas tentang rahasia berinteraksi dengan manusia dan kesunnahan-kesunnahannya serta menjelaskan tentang rahasia wara' (menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perkara yang syubhat dan haram) 

Pada bagian kedua ini, Imam al-Ghazali membahas tentang seputar etika makan, etika menikah, hukum yang berkaitan dengan pekerjaan, hukum halal dan haram, etika persahabatan dan "serawungan", tentang uzlah, etika bepergian, tentang mendengarkan dan perasaan emosional, amar ma'ruf-nahi munkar dan yang terakhir adalah tentang etika kehidupan dan akhlak kenabian.

Bagian ketiga :
Membahas tentang faktor yang menyebabkan seseorang terjerumus dalam kebinasaan (rub'ul muhlikat). Pada bagian ini, Imam al-Ghazali membahas tentang sifat-sifat yang sepatutnya dijauhi oleh kaum muttaqin (orang-orang yang bertaqwa).

Pertama-tama, Imam al-Ghazali membahas tentang keajaiban hati, kemudian dilanjutkan tentang olah jiwa dan cara membersihkan hati, bahaya mengumbar syahwat perut dan syahwat kemaluan, bahaya lisan, bahaya marah, dendam dan dengki, tercelanya dunia, tercelanya harta benda dan bakhil, tercelanya pangkat kedudukan dan riya', tercelanya sombong dan bangga diri (ujub) dan yang terakhir membahas tentang orang-orang yang tertipu oleh ilmu, amal ibadah, laku nyufi dan harta benda. 

Pada bagian ketiga ini, Imam al-Ghazali mengupas tuntas tentang pengertian akhlak tercela, ciri-cirinya, penyebabnya, dampak negatif yang ditimbulkan dari akhlak tercela dan cara membersihkan hati dari kekotoran akhlak tercela. Lengkap disertai dengan dalil Al-Qur'an, Hadits dan Atsar (perkataan para sahabat Nabi dan para tabi'in). 


Bagian keempat :
Membahas tentang tips-tips agar seseorang bisa selamat dari kebinasaan (rub'ul munjiyat). Pada bagian ini, Imam al-Ghazali mengupas tuntas tentang akhlak terpuji yang dimiliki oleh kaum mukhlasin (orang-orang yang ikhlas), kaum muqorrobin (orang-orang yang dekat dengan Allah) dan kaum siddiqin (orang-orang yang tingkat keimanannya tinggi, seperti keimanan yang dimiliki oleh para sahabat Nabi).

Pertama-tama, Imam al-Ghazali membahas tentang taubat, sabar dan syukur, kemudian tentang khouf dan roja', selanjutnya tentang butuh dengan Allah (faqr) dan zuhud, tentang tauhid dan tawakkal, tentang cinta, rindu, "ayem" bersama Allah dan ridla dengan takdir-Nya, tentang niat, jujur dan ikhlas, tentang muroqobah dan muhasabah, tentang tafakkur dan yang terakhir membahas tentang mengingat kematian. 

Pada bagian keempat ini, Imam al-Ghazali mengupas tuntas tentang pengertian akhlak terpuji, ciri-cirinya, penyebabnya, buah yang bisa dipetik dari akhlak terpuji dan cara menghiasi hati dengan akhlak terpuji. Lengkap disertai dengan dalil Al-Qur'an, Hadits dan Atsar (perkataan para sahabat Nabi dan para tabi'in). 

Pembahasan tentang akhlak tercela dalam rub'ul muhlikat didahulukan oleh Imam al-Ghazali dari pada pembahasan tentang akhlak terpuji dalam rub'ul munjiyat. 

Hal ini memberi isyarat bahwa ; langkah seorang salik (orang yang menempuh jalan Allah) sebelum ia menghiasi hatinya dengan akhlak terpuji (tahalli) hendaklah terlebih dahulu ia membersihkan hatinya dari akhlak tercela (takhalli). Karena, tanpa takhalli, ia tidak mungkin bisa tahalli dan mustahil bisa tajalli. 
Wallahu A'lam.

Baca Juga : Download Terjemah Ihya' Ulumiddin Karya Imam Ghazali Lengkap

Unduh Aplikasi Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin Gratis

Kitab Kasyifatu Saja dikarang oleh seorang ulama bernama Syaikh Nawawi bin Umar al-Bantani. selain kitab ini, beliau juga dikenal menyusun kitab-kitab lainnya, seperti Nurud Dzalam, Qotrul Ghaits dan lain sebagainya.

Nama Aplikasi : Ihya Ulumuddin

Developer : Pihantech

Ukuran : 15 MB

LINK DOWNLOAD

Terimakasih telah membaca tulisan dan informasi tentang Aplikasi Terjemahan Kitab Ihya Ulumuddin Di Android Gratis, dapatkan ragam aplikasi lainnya, klik APLIKASI

Posting Komentar untuk "Link Aplikasi Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin - Imam Ghazali - Lengkap"

close
Banner iklan disini