Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Ringkasan Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Ghazali

Galeri Kitab Kuning | Mempelajari karya ulama abad pertengahan dapat membuka cakrawala kita tentang bagaimana aktifitas keilmuan saat itu begitu tinggi. Diskusi-diskusi keilmuan, hingga karya mereka terbukti sampai detik ini masih jadi rujukan keislaman.

 

Terjemah Ringkasan Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Ghazali

 

 

Sebut salah satunya, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali, atau lebih dikenal dengan julukan Imam Ghazali, dengan berbagai gagasan keilmuannya yang sangat komprehensif. Mulai  dari bidang Ushul Fiqih, Fiqih, Tasawuf hingga Filsafat.


Kitab Ihya' Ulumiddin, merupakan satu diantara Kitab-kitab Imam Ghazali yang fenomenal, bahkan kitab ini sepertinya menjadi materi wajib di berbagai lembaga-lembaga pendidikan Islam, khususnya pondok pesantren.


Bahkan Imam an-Nawawi berkata: Jika semua kitab Islam hilang, naudzubillah, dan yang tersisa hanya kitab Ihya’ maka ia mencukupi semua kitab yang hilang itu.


Selanjutnya, beliau meringkas kitab tersebut, dan dikenal dengan nama Muhktashor Ihya Ulumiddin, dan sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.

 

Ringkasan Kitab Ihya' Ulumiddin Imam Ghazali- Terjemah

Kitab Ihya Ulumuddin merupakan kitab yang paling populer di antara kitab-kitab klasik / salaf yang ada. Bahkan, hingga sekarang, kitab ini tetap menjadi rujukan utama bagi para penempuh jalan sufi.

 

Tuntutan zaman modern yang serba ringkas dan cepat tampaknya telah diantisipasi oleh Imam Al-Ghazali. Buku Ringkasan Ihya Ulumuddin ini merupakan ringkasan dari kitab Ihya Ulumuddin yang berjilid-jilid tersebut.

 

Kendati sudah banyak ringkasan yang telah dibuat, Ringkasan Ihya Ulumuddin memiliki keistimewaan karena prosesnya dilakukan sendiri oleh Imam Al-Ghazali, dengan menjaga intisari dan tujuan buku tersebut.

 

Sebagaimana disebutkan Imam Al-Ghazali dalam kata pengantarnya, “Saya telah meringkas buku ini disebabkan sulitnya membawa buku Ihya’ dalam perjalanan.” Walhasil, dengan membaca Ringkasan Ihya Ulumuddin ini, diharapkan pembaca dapat memahami dan memeras intisari dan hikmah kitab Ihya Ulumuddin yang monumental. 

 

Dan bagi anda yang ingin mendapatkan terjemahannya, berikut ini kami bagikan versi PDF nya untuk anda.

 

Nama Buku : Terjemah Ringkasan Ihya' Ulumiddin 

Penulis : Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali / Imam Ghazali

File : PDF

Source : Google Drive

DOWNLOAD

Demikianlah informasi tentang Ringkasan Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Ghazali Veri Terjemahan Bahasa Indonesia, yang bisa anda dapatkan secara gratis,semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Terjemah Ringkasan Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Ghazali"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini