Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bungkam Pengkritik Hadith Kitab Ihya Ulumiddin - KH Makruf Khozin Susun Kitab al-Ashfiya'

Galeri Kitab Kuning | Berikut ini kami akan bagikan informasi tentang kitab Al-Ashfiya Fi Dzabbi 'An al-Ihya', karya KH Makruf Khozin yang membungkam para pengkritik hadith-hadith dalam kitab Ihya' Ulumiddin karya Imam Ghazali.

Bungkam Pengkritik Hadith Kitab Ihya Ulumiddin - KH Makruf Khozin Susun Kitab al-shfiya'

Kitab Al-Ashfiya' tersebut berisi tentang penjelasan tentang hadits-hadits dalam kitab Ihya' Ulumiddin karya Imam Ghazali, yang kerap mendapatkan kritik dari sebagian orang.

Sebab, tidak sedikit para mengkritik hadith-hadith yang tercantum dalam karya monumental tersebut, yang terkesan ingin menyudutkan karya Hujjatul Islam.

Baca Juga : Download Buku "Wahabi Menuduh, NU Menjawab" Versi PDF

Kritik tersebut meski terlihat ilmiah, namun cenderung mengandung upaya untuk meragukan keyakinan umat Islam selama ini, tentang Kitab Ihya' Ulumiddin.

Link download, akan kami cantumkan pada akhir tulisan. Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas KH Makruf Khozin dan Kitab al-Ashfiya' 

KH. Makruf Khozin, merupakan salah satu ulama muda berasal dari Desa Ganjaran, Gondanglegi Malang, Jawa Timur.

Putra keempat al-Marhum al-Maghfurlah KH. Khozin Yahya (Pengasuh kedua PP Raudlatul Ulum 1 sekaligus Putra dari al-Marhum KH. Yahya Saybrowi) tersebut kini lebih dikenal sebagai salah satu Pendekar Aswaja asal Jawa Timur.

Wajar, kekhawatiran pria lulusan Pondok Pesantren al-Falah Ploso tersebut terhadap gerakan beberapa kaum muslimin, yang saat ini semakin genjar berupaya menggoyahkan akidah umat Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah.

Baca Juga : Koleksi Kumpulan Kitab Yang Membantah Ajaran Wahabi

Banyak karya dan buku-buku yang membantah ajaran wahabi, selain itu beliau juga aktif mengisi pengajian-pengajian, dan tulisan baik di media cetak maupun media sosial untuk memperkuat faham Ahlussunnah Wal Jama'ah.

Kitab Al-Ashfiya' Fi al-Dzabbi 'An al-Ihya', merupakan salah satu karya beliau yang berisi ulasan dan penjelasan tentang kritik terhadap hadith-hadith yang kerap dituduhkan oleh sebagaian umat Islam.

Melalui kitab ini, beliau ingin meluruskan kembali, dan mempertegas derajat hadith yang dalam beberapa waktu terakhit dianggap dha'if (lemah) atau bahkan Maudhu' (hadith palsu).

Kitab Al-Ashfiya' berawal dari keresahan beliau ketika membaca sebuah kitab berjudul al-Shufyah Nasy'atuha Wa Tathawwuruha (awal mula dan perkembangan tashawwuf) karya Muhammad Abduh dan Thariq Abdul Halim.

Dalam kitab tersebut, ada sebuah bab khusus yang membahas tentang orang shufi dan ilmu hadith, yang  salah satu pembahasannya berkenaan dengan hadith-hadith dha'if (lemah) atau Maudhu' (hadith palsu), yang kerap disebutkan dalam kitab-kitab tashawwuf, dan salah satunya Kitab Ihya' Ulumiddin.

Setelah melakukan berbagai penelurusan prihal hadith dalam kitab Ihya' Ulumiddin, beliau menemukan banyak tuduhan-tuduhan tanpa dasar terkait hadith dalam kitab karya Imam Ghazali tersebut.

Dengan landasan inilah, Kiai yang saat ini sedang menjabat Ketua MUI Jawa Timur, tergerak untuk menyusun sebuah kitab berjudul "Al-Ashfiya' Fi al-Dzabbi 'An al-Ihya'" untuk membantah tuduhan-tuduhan tersebut.

Baca Juga : Download Buku Telaah Kritis Atas Doktrin Faham Salafi /Wahabi

Setidaknya ada 20 Hadith yang beliau jadikan bahan analisis untuk menangkal kritikan dan tuduhan khususnya dari para kaum wahhabi.

Unduh Kitab Al-Ashfiya' Fi al-Dzabbi 'An al-Ihya' - KH. Makruf Khozin

Apakah anda ingin membaca dan mengunduh kitab tersebut, silahkan unduh pada tulisan kami berikut: Download Kitab Al-Ashfiya Karya KH Makruf Khozin

Terimakasih telah membaca postingan Download Kitab Al-Ashfiya Karya KH Makruf Khozin,  semoga kita mendapatkan ilmu dan barokah dari kitab tersebut amin.

3 komentar untuk "Bungkam Pengkritik Hadith Kitab Ihya Ulumiddin - KH Makruf Khozin Susun Kitab al-Ashfiya'"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini