Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Doa Menjaga Lisan Lengkap Dengan Latin Dan Terjemahnya

Galeri Kitab Kuning | Salah satu yang diwajibkan oleh agama kepada kita adalah menjaga lisan. menjaga lisan adalah hal yang sangat urgent dalam kehidupan didunia ini. karena walaupun kecil, pengaruh yang bisa dihasilkan oleh lidah justru lebih besar dari pengaruh yang dihasilkan oleh kaki.

Dalam kitabnya Risâlah al-Mustarsyidîn, saking pentingnya, bahkan Imam al-Muhâsibi menjelaskan tentang apa yang wajib lisan jalankan sebagaimana berikut:



وَفَرْضُ اللِّسَانِ الصِّدْقُ فِي الرِّضَا وَالْغَضَبِ وَكَفِّ الْأَذَى فِي السِّرِّ وَالْعَلَانِيَةِ وَتَرْكُ التَّزَيُّدِ بِالْخَيْرِ وَالشَّرِّ


“Dan kewajiban lisan yaitu jujur dalam keadaan senang maupun marah, menahan dari menyakiti dalam keadaan sendirian maupun ramai, dan meninggalkan berlebihan dalam perkataan baik maupun buruk.”

Setelah membaca apa yag dituliskan oleh tersebut, selayaknya lah bagi kita untuk mengoreksi ulang diri kita masing-masing. 

Apakah diri ini sudah pantas dan telah memenuhi syarat untuk dijadikan hamba pilihannya atau tidak? Jika tidak, maka alangkah baiknya bagi kita untuk senantiasa berikhtiar dan beruasaha dalam menjadi hambanya yang terbaik.

Baca Juga : Teks Bacaan Shalawat Tarhim - Lengkap Arab Latin dan Artinya

Setelah berusaha dan berikhtiar, maka langkah yang selanjutnya adalah dengan menyerahkan segala urusan kepada yang maha menyelesaikan segala urusan, Sang Khaliq agar memberikan kita hidayah dan kekuatan untuk menjaga lisan. 

Sebagaimana disebutkan dalam komentar kitab Risâlah al-Mustarsyidîn oleh Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah, beliau menyebutkan bahwa doa yang bisa dipanjatkan adalah demikian:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ صَمْتِي فِكْراً وَنُطْقِي ذِكْراً

Allâhumma-j‘al shamtî fikran wa nuthqî dzikran.

Artinya: “Duhai Allah, jadikanlah diamku berpikir, dan bicaraku berdzikir.”

Baca Juga : Niat, Doa Dan Tata Cara Sholat Tasbih, Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Demikianlah Doa Menjaga Lisan Lengkap Dengan Latin Dan Terjemahnya yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan semoga tuhan senantiasa menjaga ucapan kita dari segala hal yang dianggap buruk. Amiin.

Posting Komentar untuk "Teks Doa Menjaga Lisan Lengkap Dengan Latin Dan Terjemahnya"

close
Banner iklan disini