Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lirik Sluku Sluku Bathok Tembang Jawa Karya Sunan Kalijaga

Galeri Kitab Kuning | Berikut ini kami bagikan Makna Lirik Sluku Sluku Bathok, Tembang Jawa Karya Sunan KaliJaga.

Lirik Sluku Sluku Bathok Tembang Jawa Karya Sunan Kalijaga

Menurut Endraswara (1999),tembang dolanan Sluku-Sluku Bathok dapat ditelusuri dari segi sufisme Jawa, yaitu filsafat Jawa yang sudah terpengaruh oleh ajaran Islam sehingga berbau mistik.

Teks Lirik yang diawali dengan sluku-sluku bathok berkaitan dengan ghlusuk-ghlusuk batnaka yang berarti bersihkanlah hatimu.

Makna dari tembang itu adalah berupa perintah agar mencegah hawa nafsu terutama yang berkaitan dengan isi perut karena perut merupakan gambaran dari mikrokosmos.

Baca Juga : Lirik Lagu Lir Ilir Tembang Jawa Sunan Kali Jogo- Lengkap Makna Artinya

Baca Juga : Lirik Syair NU- Ijo-ijo Benderane NU - Habib Syech Assegaf

Lirik Syair Jawa Sluku Sluku Bathok

Sluku-sluku bathok

Bathoke ela-elo

Si Rama menyang Solo

Oleh-olehe payung motha

Mak jenthit lolo lobah

Wong mati ora obah

Nek obah medeni bocah

Nek urip goleka dhuwit.

Makna Lirik Sluku-Sluku Bathok

Jika diperdalam ternyata maknanya seperti ini. Sluku-sluku bathok/Usluku suluka bathnaka Artinya: Hidup tidak boleh dihabiskan hanya untuk bekerja, waktunya istirahat ya istirahat, untuk menjaga jiwa dan raga agar selalu dalam kondisi yang seimbang, bathok atau kepala kita perlu beristirahat untuk memaksimalkan kemampuanya.

Bathoke ela-elo/Bathnaka La ilaha illallahu Artinya: Dengan cara berdzikir (ela elo laa ilaaha ilalloh) mengingat Allah. Hanya dengan banyak berdzikir maka syaraf neuron di otak akan mengendur, ingatlah Allah, dengan mengingat-Nya hati menjadi tentram.


Si Rama menyang Solo/Siiruu ma’aa man sholla Artinya: Siram (mandilah, bersucilah) menyang (menuju) Solo (sholat) lalu bersuci dan dirikan Sholat. Ingatlah bahwa Sholat adalah tiang agama, barang siapa menegakkan Sholat maka dia juga membangun hubungan yang baik dengan Sang Khalik.

Oleh-Olehe payung mutho/Allahu faizun ‘ala man taaba Artinya: Maka kita akan mendapatkan perlindungan (Payung) dari Allah SWT.


Tak jenthit lolo lo bah/Ittakhidzillaha Robba Artinya: Kematian itu datangnya tiba-tiba, tak ada yang tahu, tak dapat diprediksi dan tak juga dikira-kira, tak bisa dimajukan dan tak bisa pula di mundurkan. Tidak seorang pun di dunia ini tahu kapan dirinya akan mati, dimana akan di jemput Sang Malaikat Izrail dan bagaimana caranya meninggal dunia. Khusnul khatimah (Mati yang baik) ataukah Su’ul khatimah, itu semua tergantung tingkah laku dan perbuatan semasa hidup.

Baca Juga : Lirik Sholawat Turi Putih Versi Az-Zahir

Baca Juga : Lirik Sholawat Sluku Sluku Bathok Versi Az-Zahir Lengkap

Wong mati ora obah/Man maata roaa dzunuubah Artinya:Saat kematian datang, semua sudah terlambat, kesempatan beramal hilang. Ingatlah saat ajal menjemput, semua hal di dunia harus ditinggalkan. Harta benda berlimpah tidak di bawa serta, derajat pangkat tinggi menjulang juga harus ditinggalkan. Semua hubungan dengan dunia terputus kecuali 3 hal. Amal jariyah selama hidup, ilmu yang bermanfaat dan doa dari anak-anaknya yang saleh/salihah.


Yen Obah Medeni Bocah/Dzunuuba dainin yaghillu yadah Artinya : Banyak jiwa yang rindu untuk kembali hidup di alam dunia. Maka pada Allah ingin minta dihidupkan lagi. Tapi Allah tak mengijinkan, jika mayat hidup lagi maka bentuknya pasti menakutkan dan mudhorotnya lebih besar.


Yen Urip Goleko Dhuwit/Rottibil kolbi bil qouluts tsabit Artinya : Kesempatan beramal untuk beramal saleh hanya ada di saat sekarang saat masih hidup (selagi mampu dan ada waktu). Bukan dinanti (ketidak mampuan dan hilangnya kesempatan).

Tempat beramal hanya disini (dunia) bukan disana (akherat). Disana bukan tempat beramal (bercocok tanam) tapi tempat memetik hasilnya (panen raya).

Demikianlah informasi tentang Lirik Sluku Sluku Bathok Tembang Jawa Karya Sunan Kalijaga, lengkap dengan makna dan artinya.

Sumber : infogunungkidul.com

Posting Komentar untuk "Lirik Sluku Sluku Bathok Tembang Jawa Karya Sunan Kalijaga"

close
Banner iklan disini