Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Bacaan Doa Akan Buka Puasa Arab Latin dan Artinya

Galeri Kitab Kuning | Berikut ini kami akan bagikan teks dan lirik doa buka puasa, arab latin dan artinya, juga akan kami lengkapi dengan tujuan dan dalilnya.

Teks Bacaan Doa Akan Buka Puasa Arab Latin dan Artinya

Tujuan utama dari membaca doa buka puasa adalah untuk mengekspresikan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT atas nikmat dan karunia-Nya yang telah diberikan selama menjalankan ibadah puasa.

Doa buka puasa juga berfungsi sebagai pengingat bagi umat Islam bahwa mereka telah berhasil menahan diri dari makan dan minum selama seharian penuh, dan kini tiba waktunya untuk memperoleh kembali kekuatan dan energi melalui makan dan minum.

Teks Lirik Doa Buka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya:” Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.” 

Manfaat dari membaca doa buka puasa adalah:

  1. Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT
  2. Memberikan rasa tenang dan kedamaian dalam diri
  3. Membantu menghindarkan diri dari godaan dan dosa
  4. Mengajarkan rasa syukur atas segala nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT
  5. Membantu memperkuat hubungan dengan Allah SWT dan memperoleh keberkahan dari-Nya.

Membaca doa buka puasa secara rutin dan khusyuk dapat membantu umat Islam memperoleh manfaat dan keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, membaca doa buka puasa juga dapat meningkatkan kesadaran diri dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Ada beberapa hadis yang menganjurkan untuk membaca doa saat buka puasa, di antaranya adalah:

Dari Abu Hurairah, ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidaklah seorang muslim berbuka puasa di sisi Allah pada setiap hari bulan Ramadhan dengan sesuatu yang lebih baik dari pada kurma atau seteguk air dengan doa sebagai gantinya." (HR. Ahmad dan Tirmidzi, hasan shahih)

Dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu, ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Orang yang berbuka puasa mendapatkan doa yang tidak ditolak." (HR. Ibnu Majah, sahih)

Dari kedua hadis di atas, dapat dipahami bahwa membaca doa saat buka puasa adalah sebuah amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dalam hadis pertama, Rasulullah SAW memberi contoh untuk membaca doa saat berbuka puasa sebagai pengganti makanan atau minuman yang dikonsumsi, sehingga membaca doa di sini menjadi sebuah alternatif yang disarankan.

Baca Juga : Dua Macam Takbir Lebaran, Lengkap Teks Arab Latin dan Artinya

Baca Juga : Sholawat Faqih Muqaddam - Penyembuh Berbagai Penyakit - Arab Latin dan Artinya

Sedangkan dalam hadis kedua, Rasulullah SAW menekankan bahwa orang yang berbuka puasa akan mendapatkan doa yang tidak ditolak, sehingga membaca doa saat berbuka puasa dapat memperoleh keberkahan dan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

Dari dalil-dalil di atas, maka membaca doa saat buka puasa adalah sebuah amalan yang dianjurkan dan disunnahkan oleh Rasulullah SAW dan berpotensi mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Teks Bacaan Doa Akan Buka Puasa Arab Latin dan Artinya"

close
Banner iklan disini