Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#DoaDanWirid. Doa Orang Menerima Zakat Fitrah. Tuntunan Nabi Muhammad Saw Yang Harus Di Baca

Mendoakan Orang Yang Berzakat

Galeri Kitab Kuning. Dalam sebuah hadist di nyatakan bahwa “Senjata umat islam adalah doa” dengan hadits ini kita sadar bahwa doa memang memiliki keagungan yang sangat mujarab.

Perlu di ketahui doa itu ada dua, adakalanya doa yang langsung dari Nabi Muhammad saw dan ada juga doa yang di karang oleh Ulama salaf, sehingga umat islam tidak perlu khawatir untuk mendapatkan doa-doa ini.




D samping doa untuk kedua orang tua, lancar rizki, doa selamat dunia dan akhirat, ternyata ada doa khusus yang di senandungkan saat menerima zakat fitrah dari orang yang memiliki rizki lebih.

Seperti yang telah di jelaskan oleh Imam Al-Baihaqi yang beliau kutip dari ijtihajnya Imam As-Syafi’i dengan mengambil sebuah firman  Allah Swt Surat at-Taubah ayat 103:

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dngan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoakan mereka, sesungguhnya doa kamu bagi mereka mejadi ketentraman jiwa bagi mereka”.

Maqolah Imam As-Syafi’I “Assyolatu ‘Alaihim “Maksud Assyolatu adalah mendoakan mereka saat mengambil zakat darinya”

Kemudian ada sebuah hadits Nabi Muhammad Saw sewaktu ada seorang laki-laki membawa seekor unta lalu unta tersebut di berikan kepada Nabi Muhammad Saw, lalu nabi Muhammad saw mendoakan orang tersbut. ”Semoga Allah Swt memberikan berkah kepadamu dan untuk untamu”.

Sebuah hadits shohih yang diriwayatkan oleh Abdullah Bin Abi Aufa, “Ada suatu kaum mendatangi Nabi Muhammad Saw untuk memberi zakat, lalu Nabi Muhammad Saw mendoakan mereka.

Ya Allah berilah rahmad kepada keluarga Fulan”, Kemudian bapak saya datang kepada Nabi Muhammad Saw juga membawa zakat untuk nabi Muhammad saw, lalu nabi Muhammad saw Juga mendoakan bapak saya.

Ya Rabb berilah Rahmad kepada keluarga Abi Aufa”. Keterangan ini kami ambil dari kitab Ma’rifat As-Sunan wa Al-Atsar juz 6 Halaman 176.




Maqolah Imam As-Syafi’I sangat di anjurkan bagi orang yang menerima zakat untuk mendoakan orang yang berzakat kepadanya.

Contoh doa simpelnya, “Semoga allah Swt memberikan pahala atas zakat yang kamu berikan kepadaku, dan semoga Allah Swt  melancarkan rizkimu serta Allah swt memberikan keberkahan terhadap harta yang tersisa.

Demikian yang dapat kami bagikan semoga bisa memberi kemanfaatan bagi sahabat Galeri Kitab Kuning.



0 Komentar untuk "#DoaDanWirid. Doa Orang Menerima Zakat Fitrah. Tuntunan Nabi Muhammad Saw Yang Harus Di Baca"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top