#DoaDanWirid. Doa Untuk Meringankan Beban Jenazah Di Alam Kubur



Galeri Kitab Kuning. Mendapat keselamatan didunia dan akhirat merupakan salah satu harapan terbesar umat muslim di dunia, Namun, keselamatan yang yang di inginkan, malah berprilaku tidak seperti halnya seorang muslim.

Seperti halnya mabuk-mabukan, main judi, berbohong, membunuh dan berzina, bukan malah memperbanyak amalan-amalan yang bisa mempermudah menuju surga yang di rindukan.

Lalu bagaimana alternatif yang harus di termpuh oleh setiap orang muslim, agar ketika meninggal dunia tidak terlalu terbebani oleh prilaku buruk selama hidup, memang betul kuasa dan kehendak Allah Swt terkait dosa dan ni'mat tidak bisa di cegah semisal berbuat dosa.


Baca Juga: Doa Paling Ampuh Bisa Berpuasa Di Bulan Ramadlan Yang Akan Datang


Namun, meskipun kehendak Allah Swt tidak bisa di cegah, kita sebagai manusia cuman bisa berharap banyak dan ikhtiyar, semoga amalan-alaman yang dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw bisa mempermudah jalan menuju surga.

Berikut ini beberapa amalan yang harus di lakukan oleh setiap orang muslim ketika mengurus jenazah, agar jenazah mendapatkan magfirah (Ampunan dari Allah Swt) dan kenikmatan.

Yang Pertama ketika mau memejamkan mata si mayit hendaknya membaca doa di bawah ini, agar jenazah yang kita pejamkan mendapatkan ampunan dari Allah Swt serta mendapatkan kenikmatan:


Doa Memejamkan Mata Jenazah


بِسْمِ اللهِ وَعَلَى مِلَّةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

"Dengan menyebut nama Allah semoga kamu tetap pada agama Rasulullah SAW"


Shalat Tiga Shof 


Shalat jenazah selain fardlu kifayah ternyata ada beberapa fadilah yang akan di dapat oleh jenazah seperti halnya mendapatkan ampunan dari Allah Swt kalau ada 3 shaf, selama ini untuk wilayah Indonesia tidak pernah melihat mensholati jenazah hanya  10 orang, minimal 25 sampai 60.

Semoga saja dengan banyaknya shaf shalat jenazah meringankan jenazah, mensinari kuburnya dan di ampuni dosa-dosanya. seperti yang tercantum dalam hadits Nabi Muhammad saw.


مامن مسلم يموت فيصلي عليه ثلاثة صفوف من المسلمين إلا أوجب (وفي لفظ:إلا غفر له


“Jika ada seorang muslim yang meninggal, kemduian dishalati 3 shaf kaum muslimin maka doanya pasti dikabulkan. (dalam riwayat lain; “dia pasti diampuni).” (HR. Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah, Hakim dan yang lainnya. Hadis ini statusnya hasan).


Meletakkan Bantalan Tanah



Ketika seorang mengiringi jenazah dan memberikan bantalan untuk mengganjal jenazah  di dalam kubur, maka bagi yang mau meletakkan bantalan jenazah sebagai pengganjal di anjurkan membaca surat Al Qdar sebanyak 7 kali setiap bantalan tanah tersebut .


Fadilah membacakan surat Al-Qodr ke bantalan untuk jenazah, di harapkan jenzah tersebut mendapatkan ampunan dan ni'mat yang tidak terbatas.


Menyiram Batu Nisan

Yang Ketiga menyiram batu nisan kubur di sertai membaca doa, doa ini di maksudkan agar jenazah mendapatkan ampunan dari Allah Swt, di ringankan segala bebannya dan kuburnya selalu di pancari rahmat dari Allah swt.

Nah, ketika telah selesai menguburkan jenazah, kemudian peziarah di anjurkan menyiram batu nisan si jenazah dengan menggunakan air yang suci dan dengan diiringi do’a di bawah ini:

سَقَى اللهُ ثَرَاهُ (ثَرَاهَا) وَ بَرَّدَ اللهُ مَضْجَعَهُ (مَضْجَعَهَا) وَ جَعَلَ الْجَنَّةَ مَثْوَاهُ (مَثْوَاهَا)

   
Akan lebih baik bila orang yang meletakkan dan meluruskan jenazah di liang kubur adalah orang laki-laki yang paling dekat dan menyayangi si mayit pada saat hidupnya. Pada saat meletakkannya di liang lahat disunahkan membaca:

بِسْمِ اللهِ وَعَلَى سُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ


Doa Menabur Bunga Di Atas Makam


Yang ke Empat ketika seorang peziarah ke makam di anjurkan menabur bunga, anjuran ini mengikuti Nabi Muhammmad Saw, ketika Rasulullah melewati dua makam beliau berhenti dan menjelaskan keadaan jenazah yang ada di dalam kubur, wahai sahabat ketahuilah bahwa jenazah di kubur ini sedang di siksa.

Lalu Nabi Muhammad Saw mengambil pelepah kurma dan menaruh di atas makam tadi, selanjutnya Rasulullah Saw bersabda kepada sahabatnya, wahai sahabt ketahuilah bahwa jenazah yang ada di dalam kubur ini menerima ni'mat sampai pelepah kurma ini kering.




Nah dari sini kita sudah melihat dan mencontoh perbuatan Nabi Muhammad Saw. maka dari itu kita sebagai umat islam menjadikan Nabi Muhammad Saw sebagai uswah, seperti contoh doa di bawah ini

Do’a ketika menancapkan batu di atas kuburan

أللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا الْحَجَرَةَ  رَحْمَةً وَفَضْلًا وَاسِعًا فِى (قَبْرِهِ/ قَبْرِهَا) يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

Do’a ketika menancapkan tumbuhan di atas kuburan

أللَّهُمّ اجْعَلْ هَذِهِ الشَّجَرَةَ  رَحْمَةً وَفَضْلًا وَاسِعًا فِى قَبْرِهِ  يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن



Demikianlah beberapa doa dan perbuatan untuk mengurus jenazah dengan doa dan perbuatan ini di harapkan agar jenazah tersebut bisa mendapatkan ampunan, ni'mat dan di masukan ke dalam surga.


Semoga dengan adanya artikel ini umat islam melakukan hal yang pernah di lakukan oleh Nabi Muhammad Saw dan ulama-ulama terdahulu, dengan harapan jenazah dan orang yang berdoa mendapatkan balasan yang di inginkan. aminn





Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »
Facebook comments

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning ConversionConversion EmoticonEmoticon