Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#KonsultasiSyariah : Dalil Zakat Fitrah

Konsultasi Syariah | Zakat menurut bahasa adalah ‘membersihkan’ sedang zakat menurut istilah syariah adalah nama dari harta tertentu yang harus dikeluarkan dengan ketntuan tertentu.
Dalil Zakat Fitrah

Saat bulan puasa ramadhan datang, bukan hanya ibadah puasa yang wajib ditunaikan, tetapi ada juga zakat fitrah yang wajib diberikan.

Salah satu Hikmah bulan puasa adalah adanya nilai-nilai sosial masyarakat yang sangat tinggi dibanding dengan bulan lainnya.benar saja, dalam bulan puasa, orang muslim dianjurkan untuk memperbanyak sedekah pada sesama.

Dalil Zakat Fitrah

Waktu maksimal Zakat fitrah, adalah sebelum shalat ‘Idul Fitri sebagaimana hadist yang rtinya : 

“Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat Fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas oaring muslim baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wamita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat Fitrah sebelum berangkat (ke masjid) ‘Idul Fitri” (HR Bukhari, Muslim)

Waktu mengeluarkan zakat Fitrah, sejak awal bulan puasa sampai sebelum shalat ‘Idul Fitri, maka hanya dianggap sedekah sunah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Barang siapa mengeluarkan  (zakat Fitrah) sebelum shalat (‘Idul Fitri), maka zakatnya sah. Barang siapa mengeluarkannya setelah shalat maka dianggap sedekah sunah.” (HR. Ibnu Majah)


Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Sesuai dengan firman Allah SWTAda 8 golongan yang berhak menerima zakat. baik zakat fitrah atau zakat harta, yang Artinya :

“ Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”(QS. At-taubah : 60)


8 golongan yang sesuai ayat di atas adalah :

1. Orang Fakir
2. Orang Miskin
3. Amil Zakat
4. Muallaf
5. Budak
6. Orang yang Berhutang
7. Sabilillah
8. Ibnu Sabil


Nah, demikian ulasan seputar Dalil Zakat Fitrah. Bagikan pendapatmu di kotak komentar, di bawah.. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.


Posting Komentar untuk "#KonsultasiSyariah : Dalil Zakat Fitrah"

close
Banner iklan disini