Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Khutbah Jumat Bulan Rajab | 4 Hikmah Peristiwa Isra' Mi'raj

Khutbah Isra' Mi'raj - Kini kita tiba dibulan Rajab, bulan yang penuh dengan peristiwa penting dan bersejarah bagi Umat Islam. Salah satu yang paling banyak dikenang adalah peristiwa Isra' Mi'raj.

Khutbah Jumat Bulan Rajab | 4 Hikmah Peristiwa Isra' Mi'raj

Seperti yang telah diketahui bersama Isra' Mi'raj Menjadi Momentum Shalat 5 Waktu, saat Rasulullah saw. melakukan perjalanan di malam hari dari Mekah tepatnya dari Masjidil Haram menuju ke Palestina tepatnya ke Masjidil Aqsa.

Biasanya di beberapa daerah diadakan banyak sekali acara dalam menyambut dan memperingat kejadian Isra' Mi;raj ini.

Ada yang menggelar pengajian, lomba-lomba Islami, bahkan di sebagian daerah ada tradisi tersendiri saat memperingati Mukjizat Rasulullah saw tersebut.

Hal tersebut, tentu merupakan luapan rasa kegimbiraan atas peristiwa yang selanjutnya menjadi cikal-bakal kewajiban Shalat sehari semalam.

Tapi tahukah sahabat? bahwa Peristiwa Isra' Mi;raj justru terjadi saat Rasulullah saw. dalam keadaan sedih? Bahkan dalam buku-buku sejarah, tahun tersebut, disebut dengan tahun kesedihan. Mengapa?

Ternyata pada tahun ini pula, Baginda Nabi kehilangan sosok yang sangat beliau cintai, yakni Abu Thalib selaku pamanda baginda Nabi, dan sekaligus ayah dari sahabat Ali Karramallahu Wajhah. Selain paman beliau, ternyata Istri tercintanya juga dipanggil kehadirat Allah swt pada tahun ini pula.

Rasa sedih yang begitu mendalam karena ditinggal orang-orang dicintai tersebut, akhirnya Rasulullah diberi hiburan berupa peristiwa Isra' dan Mi'raj.

Dan tentu berkenaan dengan bulan yang diyakini sebagai waktu peristiwa Isra' Mi'raj terjadi inilah, sebaikanya para Muballigh, Dai dan Khotib serta para tokoh agama, agar tidak bosan-bosannya menjelaskan kepada masyarakt tentang hikmah dibalik kejadian tersebut.

Seperti biasa, pada tulisan kali ini kembali Galeri Kitab akan berbagi salah satu contoh teks khutbah Jumat dengan Tema 4 Hikmah Dibalik Peristiwa Isra' Mi'raj. Penasaran?

Contoh Teks Khutbah Jumat, Tema Hikmah Peristiwa Isra' Mi'raj

Perlu dicatat bawah teks khutbah bulan Rajab ini, kami ambil dari sumber yang terpercaya dan bisa anda kelola dan kembangkan untuk bahan ceramah lainnya, misalnya Kultum

Setidaknya ada empat dari beberapa Hikmah Isra' Mi'raj yang dijelaskan dalam teks khutbah kali ini, dan tentu dengan teks yang singkat.

Sehingga diharapkan, meskipun khutbahnya cukup singkat, namun keempat hikmah Isra' Mi;raj ini dapat dipahami dengan baik oleh para jamaah yang hadir.
BACA ONLINE?:
Jika anda berminat teks khutbah dalam bentuk PDF dan siap di print, silahkan download pada link di bawah ini.


Posting Komentar untuk "Contoh Khutbah Jumat Bulan Rajab | 4 Hikmah Peristiwa Isra' Mi'raj"

close
Banner iklan disini