Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Khutbah Jumat, Rajab : Hikmah Mengagungkan Isra' Mi'raj

Isra' Mi'raj merupakan kejadian yang luar biasa sebagai salah satu Mukjizat Rasulullah saw, serta sulit untuk di nalar oleh akal.

Khutbah Jumat, Rajab : Hikmah Mengagungkan Isra' Mi'raj

Momen tersebut, juga menandai kewajian Shalat Lima waktu yang diwajibkan Allah swt kepada umat Muhammad saw.

Isra' Dan Mi;raj sendiri terdiri dari dua kata, yakni Isra' yang berarti perjalanan malam, yang merupakan perjalanan Rasulullah saw. dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha.

Sementara Mi'raj berarti perjalanan baginda Nabi Muhammad saw dari Masjidil Aqsa ke Sidartil Muntaha untuk memenuhi jamuan Allah swt.



Kejadian luar biasa tersebut terjadi hanya dalam satu malam, sehingga sangat sulit untuk diterima oleh aka.

Oleh sebab itu, Sahabat Abu Bakar, selaku sahabat senior, mendapatkan gelar al-Shiddiq lantaran termasuk sahabat yang langsung meyakini kebenaran peristiwa tersebut.

Para ulama sendiri berbeda pendapat mengenai kapan waktu Isra' Mi'aj ini. Salah satunya al-Imam al-Maududi, yang menyebutkan peristiwa ini terjadi setahun sebelum Nabi Hijrah ke Madinah, tepatnya pada sekitar tahun tahun 620-621 M.

Namun yang jelas, kuat dugaan peristiwa ini terjadi pada bulan Rajab, dan bertepatan dengan Tahun Kesedihan "'Amul Hazn".

Disebut dengan tahun kesedihan bagi Rasulullah saw. sebab pada tahun ini, beliau mendapati banyak cobaan, terutama dengan wafatnya paman beliau Abu Thalib (Pamanda Rasulullah saw. yang sekaligus ayah dari Sahabat Ali ra.), serta wafatnya istri tercinta beliau Sayyidah Khadijah Kubra ra.


Terlepas dari sejarah Isra' dan Mi'raj yang sering disampaikan oleh para muballigh, seyogyanya bagi para dai dan khotib, untuk selalu menjelaskan kembali hikmah-hikmah dibalik peristiwa bersejarah ini.

Oleh karenanya, pada tulisan ini kami akan berbagi salah satu teks Khutbah Jum'at tentang Hikmah Peristiwa Isra' Mi'raj yang bisa sahabat gunakan.

Khutbah Singkat Bulan Rajab, Tentang Mengagungkan Isra' Mi'raj

Di bawah ini, akan kami bagikan contoh teks khutbah Isra' Mi'raj yang cukup singkat, namun isinya cukup mengena kepada para hadirin jamaah jumat.
BACA ONLINE?:
Sahabat juga bisa gunakan contoh khutbah tersebut, untuk klebutuhan Kuliah Tujuh Menit, atau bahan ceramah. Semoga bermanfaat.

Jika kesulitan membacanya secara online, silahkan unduh pada link di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Contoh Khutbah Jumat, Rajab : Hikmah Mengagungkan Isra' Mi'raj"

close
Banner iklan disini