Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Tarikh Tasyri' Terjemahan

GaleriKitab - Untuk memahami agama Islam secara utuh, kita tidak hanya harus mempelajari ajaran-ajaran agama, hukum-hukum yang terkandung di dalamnya, namun juga harus mengetahui bagaimana sebuah hukum tersebut dibentuk.

Download Buku Tarikh Tasyri' Terjemahan

Karena dengan mengetahui latar-belakang lahirnya sebuah hukum, maka konsep hukum tersebut bisa dijadikan rujukan dengan lebih objektif untuk problematika dan permasalahan baru.

Dalam dunia akademik, pelajaran yang memiliki konsentrasi dibidang terbentuknya suatu hukum, tidak hanya dipelajari dalam Ushul Fiqih, namun lebih dikenal dengan Tarikh Tasyri' (Sejarah Terbentuknya Sebuah Hukum Syari'ah).

Mengenal Istilah Tarikh Tasyri'

Sebelum mengulas secara definitif, kata Tarikh tasyri’ sendiri terdiri dari dua kata yaitu "Tarikh", yang bermakna "Sejarah" dan kata "Tasyri’" yang berarti "Ketetapan Hukum". 

Dengan demikian, scara etimologi, rangkaian Tarikh Tasyri’ secara sederhana dapat diartikan sebagai sejarah keterbentukan dan ketetapan hukum.
 
Menurut Abdul Wahab Kholaf, pengertian tasyri’ secara istilah dipahami ssebagai berikut: “Tasyri’ menurut istilah syara’ ialah pembentukan‘ hukum undang-undang untuk mengetahui hukum-hukum sebuah peristiwa dan perbuatan seorang mukallaf “.

Dari penjelasan diatas, secara umum Tarikh Tasyri’ berisi pembahasan mengenai sejarah terbentuknya  perundang-undangan untuk mengatur manusia dan, serta keputusan hukum pada masa lalu yang tersusun secara kronologis dan sistematis.


Dalam dunia akademisi, Tarikh Tasyri’ biasa difahami sebagai ilmu yang membahas tentang keadaan fiqih Islam pada masa kerasulan (Nabi Muhammad SAW) dan masa-masa sesudahnya, dimana masa-masa itu terjadinya awal mula pembentukan hukum, yang dapat berfungsi untuk menjelaskan hukum terutama yang tiba-tiba datang, misalnya berupa nasakh, takhsis, dan sebagainya, selain itu, Tarikh Tasyri' juga memuat pembahasan tentang keadaan para fuqaha dan mujtahidin secara metodologis, serta penjelasan hasil karya mereka dalam menyikapi hukum tersebut.

Buku Tarikh Tasyri'

Download Buku Tarikh Tasyri' Terjemahan

Salah satu buku yang seringkali menjadi rujukan untuk penelitian maupun untuk membuat tulisan ilmiah tentang Tarikh Tasyri', adalah sebuah buku yang disusun oleh Dr. Yayan Sopyan. Berikut ini linknya.

Nama Buku : Tarikh Tasyri', Sejarah Pembentukan Hukum Islam
Penulis : Dr. Yayan Sopyan, S.H., M.A., M.H.
File : PDF
Jumlah Halaman : 203
Ukuran : 3 MB

Posting Komentar untuk "Download Buku Tarikh Tasyri' Terjemahan"

close
Banner iklan disini