Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Fathul Qorib, Arab, Terjemah Dan Makna Jawa

GaleriKitabKuning.com | Kitab Fathul Qarib merupakan salah satu materi ajar fikih yang sangat dikenal, khususnya di kalangan lembaga-lembaga Islam, seperti pondok pesantren. Kitab yang berhaluan madzhab syafi'i memiliki daya tarik tersendiri, disebabkan bahasa yang digunakan cukup sederhana dan dihadirkan secara komprehensif.


Kitab Fathul Qorib, Arab, Terjemah Dan Makna Jawa



Penyusunnya adalah Syekh Ahmad bin Husein, atau lebih familiar dengan sebutan Abi Suja', menyebutkan latar belakang disusunnya kitab ini.


Salah satu faktor utama adalah permintaan para kolega dan santrinya, agar beliau menyusun sebuah kitab fikih madzhab syafi'i,  dengan tatanan bahasa sederhana dan mudah untuk dipahami.


Atas permintaan itulah, kemudian Syekh Abi Suja' mulai menyusun, dan selanjutnya mengajarkannya kepada para masyarakat.


Di kalangan kitab-kitab Fikih Madzhab Syafi'i sendiri, banyak sekali ditemukan kitab-kitab serupa yang banyak dipelajari di pesantren-pesantren.


Misalnya, Kitab Safinatunnajah, Sullam Taufiq, Kitab Tahrir, Fathul Mu'in dan masih banyak sekali. Namun, Fathul Qarib tetap menjadi primadona.


Kitab Fathul Qarib, Arab, Makna Jawa Dan Terjemahannya

Bagi para guru pengajar kitab fikih, Fathul Qarib tentunya menjadi salah satu kitab rujukan otoritatif  untuk mengajarkan dsar-dasar fikih madzhab syafi'i.


Disebabkan topik pembahasan di dalamnya cukup lengkap. Dimulai dari pembahasan "Tatacara Bersuci", Shalat, Haji, Puasa, Zakat yang terangkum dalam topik Ibadah.


Selanjutnya dibahas persoalan jual-beli, sewa-menyewa, pergadaian, hutang-piutang, pinjaman, hingga barang temuan, yang masuk dalam topik "Mu'amalah"


Masalah pernikahan, meliputi rukun dan syaratnya, pembahasan talaq, ruju', dan permasalahan rumah tangga lainnya di bahas pada topik "Munakahah"


Kemudian, kitab ini di akhiri dengan topik terakhir berupa "Jinayah" yang di dalamnya memuat ketentuan sanksi qishosh, ta'zir dan lain sebagainya.


Pada kesempatan ini, kami akan berbagi kepada pembaca, file-file Kitab Fathul Qarib yang cukup lengkap, mulai dari teks aslinya "Berbahasa Arab", atau yang bermakna jawa, dan terjemahannya. Anda bisa dapatkan dengan mudah pada link yang kami sediakan di bawah ini.


Nah demikianlah ulasan tentang Fathul Qarib, sebuah kitab fikih Madzhab Syafi'i yang banyak dipelajari hingga saat ini, semoga informasi ini bermanfaat.

2 komentar untuk "Download Kitab Fathul Qorib, Arab, Terjemah Dan Makna Jawa"

  1. Izin download untuk dipelajari qobiltu semoga kami mendapatkan kemanfaatan atas izin dan ridhonya aamiin

    BalasHapus
  2. qobiltu ustad untuk download

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini