Teks Mahalul Qiyam Maulid Nabi - Lengkap Arab, Latin Dan Terjemahan
Cari Berita

Teks Mahalul Qiyam Maulid Nabi - Lengkap Arab, Latin Dan Terjemahan

Admin Galeri Islam
Kamis, 31 Desember 2020

Galeri Kitab Kuning | Maulid Nabi Muhammad saw. merupakan tradisi umat muslim dunia, yang memiliki arti "Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad saw". Dalam tradisi yang biasa diadakan pada tanggal 12 Rabi;ul Awal tersebut, dilakukan berbagai macam kegiatan, terutama pembacaan sirah / sejarah Nabi melalui untaian Qosidah, pujian, Sholawat yang biasa dikenal dengan Kitab Maulid Nabi.


Teks Mahalul Qiyam Maulid Nabi - Lengkap Arab, Latin Dan Terjemahan



Pembacaan sejarah yang disusun dengan ragam sajak berbahasa arab, susunan syair dan pujian yang indah, dilakukan secara bersama-sama dengan penuh khusyuk dan khidmat. Tujuannya, tidak lain adalah karena ingin menambah kecintaan kita kepada Nabi Muhammad saw.


Banyak sekali Koleksi Kitab-kitab Maulid Nabi yang disusun oleh para ulama, yang terkenal antara lain, Maulid Diba', Maulid Habsyi atau Simthu Durar dan lain sebagainya.


Dan dalam pelaksanaannya, ada rangkaian acara pembacaan rawi, serta Mahalul Qiyam, atau pembacaan syair yang dilakukan dengan cara berdiri bersama-sama sebagai ungkapan rasa hormat kepada Nabi Muhammad saw.


Bacaan Mahalul Qiyam Maulid Nabi 

Berbicara tentang Hukum dan Dalil Berdiri Saat Pembacaan Maulid, sebelumnya kami sudah memberikan ulasannya secara gamblang, yang pada kesimpulannya, dalil beridir diwaktu maulid nabi, adalah Istihsan (dianggap baik).


Terlepas dari hukum dan dalil Mahalul Qiyam, ada beberapa Kitab Maulid Nabi, yang didalamnya terdapat proses Mahalul Qiyam, dan pada kesempatan kali ini kami hendak membagikan untuk anda beberapa Teks Bacaan Mahalul Qiyam, yang sering dibaca saat pembacaan Maulid Nabi berlangsung.


  • Teks Mahalul Qiyam Mulid Diba'

Bacaabn pada saat Mahalul Qiyam dalam Mualid Diba', mungkin yang paling populer daripada yang lain. Mengingat, Maulid Diba' sendiri diyakini bacaan yang sudah dibaca oleh umat Islam, sebelum yang lainnya. Meski bacaannya cukup panjang, yang memuat  syair-syair dan pujian, serta menceritakan bagaimana kondisi seseorang yang begitu rindu kepada Rasulullah saw. Juga lafadznya yang mudah diucapkan dan mudah diingat.

Anda dapat membaca teksnya, pada ulasan berikut : Bacaan Mahalul Qiyam Maulid Diba'


  • Teks Mahalul Qiyam Maulid Habsyi

Selain maulid diba', Maulid Simtud Duror, atau lebih dikenal dengan Maulid Habsyi, teks Mahalul Qiyam yang terdapat di dalamnya juga kini banyak dibaca saat peringatan hari kelahiran Rasulullah saw.


Sama dengan sebelumnya, selain syairnya memuat pujian, doa, dan ungkapan rasa rindu kepada Rasulullah saw, syair yang disusun juga mudah untuk dingat dan relatif lebih sedikit. Anda ingin membacanya? silahkan baca pada ulasan kami disini : Bacaan Mahalul Qiyam Maulid Habsyi.


Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga Teks Teks Mahalul Qiyam Maulid Nabi Yang biasa kita baca, bisa menambah kecintaan kita kepada baginda Nabi Besar Muhammad saw. Amin.