Download Kitab Ta'limul Muta'allim - Lengkap Arab dan Terjemahan
Cari Berita

Download Kitab Ta'limul Muta'allim - Lengkap Arab dan Terjemahan

Admin Galeri Islam
Senin, 11 Januari 2021

Galeri Kitab Kuning | Pendidikan merupakan salah satu faktor pendukung dalam mencetak generasi yang baik. Sebab pendidikan, jika di maknai sebagai sebuah suatu proses yang terarah dan terukur, untuk mencapai sebuah tujuan, tentu menjadi sangat urgen untuk manusia.

Kitab Ta'limul Muta'allim - Lengkap Arab dan Terjemahan


Iqra' "Bacalah" menjadi bukti bahwa Agama Islam sangat memperhatikan aktifitas membaca sebagai sebuah salah satu instrumen belajar, membuat posisi pendidikan yang di dalamnya terdapat proses belajar dengan membaca.


Di kalangan lembaga-lembaga pendidikan Islam, bisa ditemukan banyak sekali materi ajar tentang belajar, bagaimana menjadi seorang murid/ santri yang sukses dan kiat-kiat menjadi Thalibul Ilmi.




Sementara di kalangan pesantren, salah satu materi ajar yang bisa dipastikan disajikan kepada para santri adalah kitab karya Syekh Al-Zarnuji, yakni "Ta'limul Muta'allim".


Sekilas Kandungan Ta'limul Muta'allim


Sebenarnya banyak sekali kitab yang di dalamnya menjelaskan tentang tatacara seseorang mencari ilmu. Namun kitab dengan judul Ta'limul Muta'allim (Pengajaran Santri), ini merupakan yang paling diminati.


Berawal dari kondisi sosial penyusun kitab ini, dimana Syekh al-Zarnuji hidup di masa perkembangan ilmu pengetahuan cukup pesat. Namun, perkembangan tersebut tidak sejalan dengan peningkatan etika seorang murid.


Itulah salah satu faktor utama, beliau menyusun sebuah kitab yang di dalamnya memuat bagaimana tatacara dan kiat-kiat dan etika dalam mencari ilmu.




Kitab ini cukup lengkap, di dalamnya dibahas beberapa topik penting, antara lain : Pertama, Hakikat ilmu dan keutamaannya. Kedua, Niat Belajar. Ketiga, Memilih ilmu, guru, dan teman, serta keteguhan dalam menuntut ilmu. keempat, Menghormati ilmu dan ahlinya. Kelima, Sungguh-sungguh, tekun, dan semangat. Keenam, Tahap awal, ukuran, dan urutannya. Ketujuh, Tawakal kepada Allah. Kedelapan, Masa produktif. Kesembilan, Kasih sayang dan Nasehat. Kesepuluh, Mengambil faedah pelajaran. Kesebelas, Bersikap wara’ ketika belajar. Keduabelas, Penyebab lupa hafalan. Ketigabelas, Sesuatu yang mendatangkan dan menjauhkan rezeki, serta menambah dan memperpendek umur.


Dan bagi anda yang ingin mendapatkan dan mempelajari kitab ini, berikut ini kami bagikan dua versi sekaligus, yang dapat anda download secara gratis:



Demikian informasi tentang  Kitab Ta'limul Muta'allim - yang Lengkap Arab dan Terjemahan yang bisa kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat.