Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Asal usul Sejarah Marga Nasab Assegaf

Galeri Kitab Kuning | Dalam tulisan kali ini kami akan bagikan sejarah dan asal usul marga atau gelar dan nasab Assegaf.

Satu diantara ratusan Marga Habaib di Dunia yang cukup populer dan bisa dikatakan menjadi salah satu marga tertinggi adalah Assegaf.

Mengenal Asal usul Sejarah Marga Nasab Assegaf

Banyak sekali Habib dengan marga dan nasab Assegaf yang memiliki sosok dan tokoh kharismatik dan sangat dihormati.

Siapakah orang atau wali atau ulama pertama kali yang dijuluki Assegaf? kenapa diberi gelar Assegaf? berikut penjelasannya.

Asal usul Marga Al-Assegaf

Adapun orang yang pertama kali di juluki (digelari) "Asseggaf" ialah Waliyyullah Abdurrahman bin Muhammad Mauladdawilah bin Ali binAlwi bin Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam.

Beliau dilahirkan dikota Tarim Hadramaut (Yaman Timur-Tengah). Dikaruniai 13 anak lelaki dan 7 anak perempuan. dari ke 13 anak lelakinya tersebut hanya 7 orang yang melanjutkan keturunannya. 

Mereka adalah:

  • 1. Abubakar Assakran,
  • 2. Alwi ,
  • 3. Ali ,
  • 4. A'QiI,
  • 5. Abdullah,
  • 6. Husein,
  • 7. Ibrahim.

Abdurrahman Asseggaf bin Muhammad Mauladdawilah pulang ke Rahmatullah di kota Tarim pada tahun 819 Hijriyyah.

Latar Belakang Gelar Assegaf

So'al gelar (julukan) "Asseggaf" yang disandangnya itu karena Waliyullah Abdurrahman Asseggaf diketahui sebagai Pengayom para Wali pada zamannya.

Diibaratkan sebagai Atap (piyan) bangunan: yang dalam bahasa Arab disebut "Sagfun". Beliau sendiri sebenarnya berusaha menutupi kebesaran Martabatnya itu (karena tawaddu'nya).

Namun para Wali di zaman itu memproklamasikan beliau sebagai Pemimpin dan Pembimbing para Wali.

Baca Juga:

Mengenal Asal Usul Marga dan Gelar Nasab al-Habsyi

Mengenal Asal Usul Sejarah Munculnya Marga al-Haddad

Mengenal Sejarah Habaib Marga Al-Aidrus / al-Idrus

Ada pula yang pendapat, bahwa sebab julukan atau marga Assegaf disandang karena beliau sebagai pengayom para wali pada zamannya agar terhindar dari perkara bid'ah.

Para ulama ahli hakikat dan para wali yang bijaksana menamakan beliau 'as-Saqqaf', karena beliau menutup hal keadaannya dari penduduk di zamannya.

Beliau sangat benci dengan kesohoran. Ketinggian derajat beliau dari para wali di zamannya bagaikan kedudukan atap bagi rumah.

Posting Komentar untuk "Mengenal Asal usul Sejarah Marga Nasab Assegaf"

close
Banner iklan disini