#Konsultasi Syariah. Puasa Tidak batal Mandi Junub Kesiangan Di Bulan Ramadhan



Sahabat Galeri Kitab Kuning bulan puasa memang 1 bulan, namun selama 1 bulan itu masih ada beberapa problomatika hukum yang belum di mengerti oleh masyarakat umum. bahwa keluar mani tanpa di sengaja puasanya tetap sah.

Seperti contoh kang Idris tidur siang saat berpuasa lalu saat bangun dari tidurnya kang idris junub, maka puasa tetap sah, sebab, keluarnya mani tidak di sengaja, Namun di suannahkan untuk mandi besar.


Baca Juga: Hukum Menangis Saat Puasa Tidak Membatalkan


Beda halnya jika Kang Idris saat berpuasa pada siang hari mengeluarkan maninya dengan cara apapun, maka sudah jelas puasanya batal, sebab di sengaja.

Lalu bagaimana jika pada malam hari Kang Idris menyetubuhi istrinya lalu tertidur sampai  adzan subuh,  puasanya tetap sah, Namun, bagi kang idris di sunnahkan untuk mandi besar, meskipun di lakukan setelah atau sebelum adzan.

Kenapa masih di sunnahkan Mandi, Agar dapat membersihkan badan dengan maksimal, karena saat mandi besar dalam keadaan puasa dihawatirkan kemasukan air atau tidak maksimal dalam kesuciannya.

Seperti penjelasan yang di terdapat paka kitab I'anatut Thalibin

"Disunnahkan mandi jinabat sebelum fajar (masuknya waktu subuh) supaya air merata sampai telinga atau kemaluan belakang".

Lalu bagaimana kalau perempuan habis masa nifas dan haidnya di malam hari, apakah masih di perbolehkan berpuasa?

Wanita yang malam harinyanya suci dari haid dan nifas di perbolehkan siangnya berpuasa, meskipun mandi besarnya setelah atau sebelum fajar

Namun, meskipun di perbolehkan mandi besar  setelah fajar atau masuk waktu shalat subuh, Tapi, tetap di anjurkan untuk menyegerakan mandi besar sebelum fajar terbit, ini di anjurkan agar dapat melakukan puasa dengan sempurna dan tanpa keraguan dari hal-hal yang dapat membatalan puasa.


Baca Juga: Hadapi Cuaca Panas, Arab Saudi Pasang 2 Alat Pendingin Suhu


Demikianlah hukum mengenai sahnya puasa bagi orang yang mengalami junub, nifas, haid di malam hari, meskipun mandi besarnya di lakukan sebelum atau sesudah fajar terbit, Namun lebih afdlolnya mandi sebelum fajar.

Demikianlah artikel yang kami bagikan semoga memberi kemanfaatan bagi sahabat Galeri Kitab Kuning. Amin





Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »
Facebook comments

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning ConversionConversion EmoticonEmoticon