Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 5 Ulama Terkenal Yang Meninggal Dunia/ Wafat Di Bulan Rajab

Galeri Kitab Kuning | Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang memiliki ragam keistmewaan, dibandingkan dengan bulan-bulan lain.


Daftar 5 Ulama Terkenal Yang Meninggal Dunia/ Wafat Di Bulan Rajab



Selain dalam hadits, disebutkan bahwa Bulan Rajab merupakan bulan Allah swt. (Syahrullah), setidaknya terdapat  beberapa Persitiwa Bersejarah di Bulan Rajab, yang patut untuk kita pahami bersama.


Disisi lain, ada banyak Amalan-amalan di Bulan Rajab  yang memiliki Dalil, dan yang dianjurkan untuk diamalkan. Akan tetapi, ada pula beberapa peristiwa menyedihkan yang juga terjadi di bulan sebelum Sya'ban ini. antara lain, beberapa ulama besar wafat di bulan Rajab.


5 Ulama Terkenal Yang Meninggal Di Bulan Rajab

Sejarah mencatat, sejumlah ul,ama terkenal dan masyhur cukup banyak yang meninggal dunia di Bulan Rajab. Namun, pada tulisan kali ini kami akan bagikan informasi untuk lima ulama saja. siapa sajakah mereka?


1. Imam Syafi'i

Nama aslinya, Muhammad bin Idris Assyafi'i rahimahullah. Beliau adalah seorang mujtahid Mutlaq dan sekaligus pendiri Madzhab Fikih Syafi'i.


Imam Syafi'i lahir pada tahun 150 H/767 M,  di Ashkelon, Gaza, Palestina. Beliau juga dikenal sebagai ulama madzhab yang moderat.


Baca Juga : Download Kitab-kitab Fikih Madzhab Syafi'i Gratis


Imam Syafi’i sebagai murid Imam Malik [Pendiri Madzhab Maliki] tidak sesalaf gurunya yang termasuk dalam golongan Ahlu al-Hadits, tidak pula terlalu menggunakan rasio dalam metode ijtihad layaknya al-Imam Abu Hanafi [Pendiri Madzhab Hanafi] yang termasuk pada golongan Ahlu al-Ra’yi.


Imam yang memiliki banyak pengikut dalam madzhabnya ini, wafat pada bulan Rajab, di  Fusthat, Mesir, 204 H/819 M di usianya ke 54 tahun. 


2. Imam Muslim

Nama aslinya adalah Al-Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi, seorang ahli hadits, dan penyusun Kitab Shahih Muslim.


Lahir pada tahun pada tahun 204 H, Imam Muslim menyusun kitab tersebut lebih sistematis dibandingkan dengan Kitab Shahih Bukhori.


Belajar hadis sejak kecil, sekitar tahun 218 H, nama Imam Muslim semakin dikenal, dan sering disandingkan dengan Imam Bukhari.


Imam Muslim wafat pada hari Ahad bulan Rajab tahun 261 Hijriah dan dimakamkan di Naisaburi.


3. Hasan Bashri

Peristiwa menyedihkan lainnya yang terjadi di Bulan Rajab, adalah wafatnya Imam Hasan Basri. Seorang Tabi'in, yang sempat menyusu kepada Ummu Salamah, salah seorang Budak Rasulullah saw.


lahirkan di Madinah pada tahun 21 Hijrah (642 Masehi), Hasan basri kemudian pindah ke kota Bashrah, dan menetap disana, oleh sebab itulah beliau dikenal dengan al-Bashri.


Beliau juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang memiliki semangat kuat memegang nilai tradisional dan cara hidup zuhud, dan pada hari jum'at 5 Rajab 110 Hijrah (728 Masehi), Hasan Basri meninggal dunia di Basrah, Iraq, pada usianya yang ke-89 tahun.


4. Imam Nawawi

Peristiwa meninggalnya seorang ulama terkenal lainnya di Bulan Rajab, adalah Imam Nawawi, yang memiliki nama asli Yahya bin Syaraf bin Murry bin Hasan bin Husein bin Muhammad bin Jum'ah bin Hizam al-Nawawi.


Lahir di daerah Nawa, Damaskus pada Pertengahan Muharram 631 H / 1233 M, Imam Nawawi memulai perjalanan pendidikannya di sebuah madrasah yang bernama al-Ruwahiyah. Di Madrasah inilah kegigihan Imam nawawi sudah sangat terlihat dengan jelas, bahkan beliau terus belajar dan tidak tidur kecuali jika tertidur.


Imam Nawawi, meninggalkan sejumlah karya monumental dan sangat terkenal dan tidak hanya pada satu disiplin ilmu saja, mulai dari Tafsir, Hadits, Tashawwuf, Fikih hingga tatabhasa (Ilmu Tramatika)


Baca Juga : Download Kitab-kitab Karya Imam Nawawi Gratis


Imam Nawawi juga dikenal dengan  sikap zuhud yang tinggi dapat dilihat dari sikapnya yang enggan menerima gaji / bisyarah ketika mengajar. 


Dan pada 24 Rajab 676 H / 21 Desember 1277 M, Imam Nawawi meninggal dunia, dan dimakamkan di daerah Nawa, Damaskus.


5. Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul)

Bagi Masyarakat Banjarmasin, nama Guru Sekumpul, atau Guru Ijai tentu tidak asing. Bagaimana tidak, dakwah beliau yang santun, dengan majelis Taklim yang dihadiri puluhan ribu jama'ah menjadikan nama beliau semakin dikenal bukan hanya di kawasan martapura, tapi hingga mancanegara.


Baca Juga : Lirik Sholawat "Khobbiri" Guru Ijai - Tulisan Arab, Latin dan Artinya


Memiliki nama asli Muhammad Zaini Abdul Ghani, beliau lahirkan pada malam Rabu 11 Februari 1942 (27 Muharram 1361 Hijriyah) di desa Tunggul Irang, Martapura, Kabupaten Banjar.


Dan pada hari Rabu tanggal 10 Agustus 2005, atau bertepatan dengan tanggal 4 Rajab, 1426 H, Guru Ijai wafat, dan menjadi salah satu ulama terkenal yang wafat di bulan penuh keistmewaan ini.


Demikianlah daftar 5 Ulama Yang Meninggal Dunia di Bulan Rajab, mari kita senantiasa berdoa, semoga kita selalu mendapatkan barokah para ulama tersebut diatas, semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Daftar 5 Ulama Terkenal Yang Meninggal Dunia/ Wafat Di Bulan Rajab"

close
Banner iklan disini