Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Kata-kata Bijak KH. Hasyim Muzadi Yang Harus Jadi Pegangan

Galeri Kitab Kuning | KH.Hasyim Muzadi, merupakan sosok ulama dan tokoh Nasional, yang ceramah dan nasehat-nasehatnya memiliki cirikhas Moderat, santun,dan penuh dengan hikmah.

 

Pendiri Pesantren Mahasiswa al-Hikam di Malang, dan pesantren al-Hikam Depok tersebut, dikenal memiliki semangat tinggi dalam berkorban untuk umat, khususnya di kalangan organisasi Nahdlatul Ulama.

 

Mantan Ketua Umum PBNU dua priode tersebut,  dikenal dekat dengan semua kalangan, mulai dari rakyat biasa, kalangan santri, masyarakat sekitar, hingga para pejabat dan tokoh Internasional.

Baca Juga : 30+ Kata-kata Bijak Dan Nasehat Gus Dur Yang Menyentuh


Banyak sekali pesan dan nasehat-nasehat KH. Hasyim Muzadi yang patut kita jadikan pegangan, yang isinya sangat meyentuh, mulai dari prihal kepribadian hingga tentang kebangsaan.


20+ Kata-kata Bijak Dan Nasehat KH. Hasyim Muzadi

Berikut ini 20 lebih kata-kata bijak, dan nasehat-nasehat al-Marhum KH. Hasyim Muzadi yang layak kita jadikan pegangan.

kata-kata mutiara dan bijak KH. Hasyim Muzadi

Tuhan seringkali memberesi masalah kita di saat kita sibuk memberesi masalah orang lain
 

 

kata-kata mutiara dan bijak KH. Hasyim Muzadi

Berdoa dan bekerja keras itu memang perintah Allah, dan Allah akan memberi anugerah, tapi bukan berarti doa dan kerja keras kita itu dapat memaksa Allah

kata-kata mutiara dan bijak KH. Hasyim Muzadi

Kecerdasan dan kepandaian itu bukan segalanya, ia masih bergantung pada kejiwaan, Ketika kejiwaan itu goncang, maka kecerdasan pun juga goncang. Intelektualitas bisa goncang karena instabilitas Rohani.

kata-kata mutiara dan bijak KH. Hasyim Muzadi

Kita tidak merasa khawatir dianggap kurang alim kalau tidak menyebutkan dalil. Apalagi kalau orang yang tanya ternyata tidak paham bahasa Arab. Justru sebaliknya, Khatibun nas biqadri 'Uqulihim, berbicaralah kepada orang-orang sesuai dengan nalar mereka.

kata-kata mutiara dan bijak KH. Hasyim Muzadi

Jika yang kosong adalah akalnya, isilah ia dengan ilmu. Jika yang kosong adalah hatinya, isilah ia dengan dzikir. Kesatuan pikir dan Dzikir akan membentuk Ulul Albab.


Baca Juga : 100+ Kata-kata Bijak Bahasa Arab Lengkap Dengan Artinya

kata-kata mutiara dan bijak KH. Hasyim Muzadi

Keikhlasan itu tidak tampak dan tidak perlu ditampak-tampakkan, tetapi Allah akan menampakkan hasil dari keikhlasan itu

kata-kata mutiara dan bijak KH. Hasyim Muzadi

Doa adalah ikhtiar bathiniyah, sedangkan ikhtiar adalah doa lahiriah.

kata-kata mutiara dan bijak KH. Hasyim Muzadi

Salah satu ciri-ciri rkaum radikal adalah memiliki semangat yang tinggi dalam mengoreksi paham orang lain.



Orang yang tidak berbuat apapun untuk kemaslahatan umat, justru akan dililit oleh permasalahannya sendiri.
 

Orang yang meminta kemudahan tanpa bersedia melakoni kesulitan, maka dia sedang menuju kesulitan yang lebih besar dari apa yang dia inginkan.


Janji Allah selalu bersyarat, dan Rahmat Allah selalu meminta tanggung jawab.



Menjadi orang pintar itu penting, tapi lebih penting menjadi orang benar, dan sebaik-baiknya orang benar adalah yang berani berkorban untuk kebenaran.


Berani berkorban itu untuk menghindari kami jadi korban, jika kamu malah menghindari pengorbanan, maka kamu akan jadi korban.
 

Orang yang memperjuangkan umat tidak akan kekurangan, dan orang yang memperjuangkan diri sendiri belum tentu berlebihan.
 

Ilmu yang disertai dengan hidayah dan ibadah adalah cahaya hidup.Sedangkan ilmu yang hanya sekedar berita akan mudah dilupakan.


Pikirkan kekuranganmu sehingga kamu tidak sempat memikirkan kejelekan orang lain.
 

Rumusnya sudah cukup satu kalimat; Indonesia membutuhkan orang tua. Bukanya hanya tua umurnya, Tapi orang tua yang mengerti, memahami, mengayomi seluruh masyarakat Indonesia dan tidak berpihak.
 

Pancasila adalah dasar nergara yang membedakan antara negara afama dan negara sekular. Dia bukan agama namun melindungi semua agama dan etnik sehingga dengan demikian bukan sekuler.


Pancasila bukan agama, tetapi tidak bertentangan dengan agama. Pancasila bukan jalan, tetapi titik temu antara banyak perbedaan jalan. Beda agama, suku, budaya dan bahasa. Hanya Pancasila yang bisa menyatukan perbedaan tersebut.
 

Kultur NU, ya kultur pesantren. Jadi, pesantren merupakan cagar budayanya NU. Selama masih ada pesantren di Indonesia, selama itu pula NU akan tetap tegak berdiri.
 

Jika ingin mengubah keadaan, maka ubahlah diri anda sendiri terlebih dahulu. Jadilah ilmuwan yang berkarakter.

 

Jangan Sampai Agama rusak ditekan negara, dan negara rusak karena tidak didukung agama


Baca Juga : 15+ Kata-kata Mutiara dan Nasehat Habib Jindan Bin Novel bin Jindan


Demikian 20+ kata-kata bijak dan nasehat KH.Hasyim Muzadi lengkap dengan gambarnya,  yang patut kita ingat dan amalkan, agar kita tetap dalam berada di jalan yang benar.

Posting Komentar untuk "20+ Kata-kata Bijak KH. Hasyim Muzadi Yang Harus Jadi Pegangan"

close
Banner iklan disini