Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Bacaan Sholawat Ibrahimiyah, Arab, Latin dan Artinya-Lengkap Dengan Keutamaannya

Galeri Kitab Kuning | Berisi informasi Teks Bacaan Sholawat Ibrahimiyah, dilengkapi dengan tulisan arab, latin dan artinya, serta informasi keutamaan membacanya.

Teks Bacaan Sholawat Ibrahimiyah, Arab, Latin dan Artinya-Lengkap Dengan Keutamaannya

Sholawat Ibrohimiyah merupakan satu diantara Sholawat yang Ma'tsur datang dan diajarkan oleh Rasulullah saw. dan memiliki keistimewaan dan keutamaan.

Baca Juga : Teks Bacaan Sholawat Mansub - Karya Habib Sholeh Tanggul - Arab Latin dan Artinya

Satu diantara keistimewaan Shalawat Ibrahimiyah adalah, lantaran redaksi shalawat ini menjadi yang paling sempurna, dibandingkan dengan shalat lainnya, sebagaimana disebutkan oleh Syeikh Yusuf Ismail.

Simak ulasan tentang Sholawat yang menyandang gelar Sayyidus Sholawat dalam ulasan berikut ini.

Teks Tulisan Sholawat Ibrahimiyah

Tulisan Arab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.

Tulisan Latin

Allohumma sholli ‘ala sayidina Muhammad wa ‘ala aali sayidinaa Muhammad, kama shollayta ‘ala sayidinaa Ibrohiim wa ‘alaa ali sayidina Ibroohiim. Wa barik ‘ala sayidina Muhammad wa ‘ala ali sayidina Muhammad kama barokta ‘ala sayidinaa Ibrohiim wa ‘ala aali sayidina Ibroohiim. Fil ‘alamiina innaka hamidum majid.

Terjemahan dan Artinya

Ya Allah, limpahkanlah rahmat, pujian dan keagungan atas Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau limpahkan atas Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrohim.

Baca Juga : Teks Bacaan Sholawat Nariyah Atau Tafrijiyah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Dan limpahkanlah keberkahan atas Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah engkau limpahkan atas Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Pemurah di alam semesta.

Keutamaan Membaca Sholawat Ibrahimiyah

Pada umumnya, semua sholawat atas Nabi memiliki keistimewaan dibandingkan bacaan wirid lainnya. 

Para ulama sepakat, bahwa Ibadah tidak bernilai pahala, jika tidak dibarengi dengan keikhlasan.

Hal tersebut tidak berlaku bagi sholawat. Artinya, khsusu untuk bacaan sholawat, Allah swt. pasti akan memberikan pahala kepada orang yang membacanya, meskipun dia riya dan tidak ikhlash.

Baca Juga : Teks Sholawat Qomaril Wujud-Habib Abu Bakar Bin Muhammad Assegaf-Arab latin dan Artinya

Terlebih Khusus Sholawat Ibrahimiyah ini, Rasulullah saw. secara khusus menyebutkan keistimewannya.

Lantas apa saja keutamaan membaca Sholawat Ibrahimiyah? berikut ini penjelasannya.

#1. Dapat Persaksian Rasulullah saw. dan mendapatkan Syafaat/ Pertolongannya

Imam Ahmad As-Shawi menyebutkan sebuah hadits riwayat Imam Bukhari di mana Rasulullah bersabda:

من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له

Artinya : “Barangsiapa yang membaca shalawat ini (Ibrahmiyah) maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya.”

Baca Juga : Dalil-Dalil Hadist Keutamaan Membaca Sholawat

Dalam hadist lain, sahabat Abu Bakar shiddiq mendengar Rasulullah saw. bersabda :

من صلي علي كنت شفيعه يوم القيامة

Artinya "Barangsiapa yang bershalawat kepadaku, maka aku akan memberinya syafaat pada hari kiamat"(HR, Ibnu Syahiin dalam at-Targhib dan Ibnu Basykawal).

Senada dengan Hadits di atas, sebuah hadits diriwayatkan oleh Imam Muslim, dalam Shahih Muslimny, bahwa Abdullah bin 'Amr bin al-Ash, mendengar Rasulullah saw. bersabda:

إذا سَمِعْتُمُ النِدَاءَ فقولوا مثلَ ما يقولُ، ثمَّ صَلُّوا عَلَيَّ، فإنّه مَنْ صَلّى عَلَيَّ صلاةً صلى اللهُ عليه بها عَشْرَا، ثمّ سلوا اللهَ ليَ الوَسِيْلَةَ، فإنّها مَنْزِلَةٌ في الجنّة لا تنبغي إلاّ لِعَبْدٍ مِنْ عباد الله، وأرجو أن أكونَ أنا هو، فَمَنْ سألَ لِيَ الوَسِيْلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَفَاعَةَ

Artinya, "Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat." (HR Muslim).

#2. Mendapatkan Pahala Yang Dilipat Gandakan

Hadist berikutnya, diriwayatkan dari sahabat Umar bin Khatthab ra. Rasulullah saw. bersabda:

من صلى عليك واحدة صلى الله عليه وسلم عشرا ورفع له عشر درجات

Artinya "Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali shalawat, maka Allah akan membalas sepuluh kali shalawat dan mengangkatnya sepuluh derajat"

(Diriwayatkan Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad, Ibnu Abu Syaibah, al-Bazzar, Ibnu Syahiin dan al-Ismaili dengan sanad ma’lul)

Baca Juga : Teks Bacaan Solawat Thibbil Qullub, Lengkap dengan Latin Dan Terjemahannya

#3. Tanda Kedermawanan Seseorang

Sahabat Ali bin Abi Thalib ra. meriwayatkan sebuah hadits, bahwa Rasulullah saw. bersabda:

البخيل الذي من ذكرت عنده فلم يصل علي

Artinya"Orang yang kikir adalah, dialah orang yang disebut namaku di sisinya, tetapi tidak membaca shalawat kepadaku".

(Diriwayatkan Imam at-Tirmidzi dan beliau berkata bahwa hadits hasan shahih. Dan juga dikeluarkan Imam Nasa’i, Ibnu Hibban dal al-Hakim).

#4. Doa Mudah Dikabulkan

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Abu Dawud dan At-Tirmidzi, Rasulullah saw. mendengar seorang laki-laki yang berdoa saat shalat tanpa memuji kepada Allah swt. dan tidak membaca sholawat, kemudian Nabi bersabda"Orang ini terlalu terburu-buru", kemudian ia mendoakannya dan orang lain. selanjutnya Rasul bersabda:

إذا صلَّى أحدُكُم فليَبدَأ بتَمجيدِ ربِّهِ جلَّ وعزَّ والثَّناءِ علَيهِ ثمَّ يصلِّي علَى النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ ثمَّ يَدعو بَعدُ بما شاءَ

Artinya "Jika salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

#5. Derajatnya Diangkat

Imam Ahmad bin Hanbal meriwayatkan sebuah hadits, yang mana Rasulullah saw. bersabda:

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً صلَّى اللَّهُ عليهِ عشرَ صلَواتٍ ، وحُطَّت عنهُ عشرُ خطيئاتٍ ، ورُفِعَت لَهُ عشرُ درجاتٍ

Artinya “Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'."(HR Ahmad).

#6. Dijamin Masuk Surga Bersama Rasulullah saw.

Sahabat Ibnu Mas'ud, meriwayatkan sebuah hadits, bahwa Rasulullah saw. bersabda:

قَالَ: أَوْلى النَّاسِ بِي يوْمَ الْقِيامةِ أَكْثَرُهُم عَليَّ صَلاَةً

Artinya "Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi). 

Posting Komentar untuk "Teks Bacaan Sholawat Ibrahimiyah, Arab, Latin dan Artinya-Lengkap Dengan Keutamaannya"

close
Banner iklan disini