Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Peristiwa Besar Di Bulan Sya'ban Yang Dikenal Dalam Islam

Galeri Kitab Kuning | Bagi mayoritas kaum muslimin di Indonesia, bulan Sya'ban dikenal sebagai bulan yang mulia, selain karena berada di sebelum Bulan Suci Ramadhan, ternyata ada ragam peristiwa besar yang tercatat terjadi di bulan ini.

3 Peristiwa Besar Di Bulan Sya'ban Yang Dikenal Dalam Islam

Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, dalam kitabnya Ma Dza Fi Sya'ban menyebutkan, ada tiga peristiwa penting yang terjadi di bulan Sya'ban, yang memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan umat Islam.

Baca Juga : Koleksi Kitab-kitab Karangan Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki

Tiga Peristiwa Penting Di Bulan Sya'ban

#1. Ayat Tentang Perintah Bersalawat Kepada Rasulullah saw. 


Bulan Sya'ban memiliki keistimewaan, karena terjadinya sebuah peristiwa dimana ayat al-Quran yang berisi perintah untuk bersalawat kepada Rasulullah saw. turun di bulan tersebut.


Ayat yang dimaksud adalah, surat al-Ahzab, ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا 

Artinya, “Sungguh Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, shalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”


Disebutkan, bahwa Bulan Sya’ban adalah bulan shalawat. hal itu disebabkan, pada bulan itulah ayat tentang anjuran shalawat diturunkan. Pendapat ini disebutkan oleh Ibnu Abi Shai Al-Yamani yang  juga dikuatkan oleh Imam Syihabuddin Al-Qasthalani dalam kitabnya Al-Mawahib, serta oleh al-Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani yang mengatakan bahwa ayat itu turun pada bulan Sya’ban, tepatnya di tahun ke-2 hijriyah.


#2.Ayat Tentang Peralihan Arah Kiblat


al-Imam al-Qurthubi dalam kitab al-Jami' Lil Ahkam, menjelaskan tentang peralihan arah kiblat dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram, terjadi pada Malm Nishfu Sya'ban.


Dan seperti yang diketahi dalam sejarah Rasulullah saw. (sirah nabawi), bahwa peristiwa peralihan kiblat, dari Masjidil Aqsha, Palestina, ke Masjidil Haram di Mekah al-Mukarromah, merupakan salah satu yang sangat ditunggu-tunggu oleh Nabi saw. Bahkan diceritakan, beliau hampir tiap hari mengangkat wajahnya yang mulai kelangit, karena menunggu perintah tersebut.


Dalam Surat al-Baqarah, Ayat 144 Allah swt. berfirman :

قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ

Artinya, “Sungguh Kami melihat wajahmu kerap menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkanmu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram.”




#3. Pelaporan Amal Manusia Kepada Allah swt.


Disebutkan pula oleh Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, bahwa salah satu peristiwa penting di bulan Sya'ban adalah adanya rekapitulasi amal yang dilaporkan atau diserahkan kepada Allah swt.


Sayyid Muhammad (Penulis), menukil sebuah hadits  yang diriwayatkan oleh An-Nasa’i yang di dalamnya berisi dialog Usamah bin Zaid dan Nabi Muhammad SAW.


Usamah bin Zaid, berkata “Wahai Nabi, aku tidak melihatmu berpuasa di bulan-bulan lain sebagaimana engkau berpuasa di bulan Sya’ban?”


Kemudian Nabi SAW menjawab, “Banyak manusia yang lalai di bulan Sya’ban. Pada bulan itu semua amal diserahkan kepada Allah SWT. Dan aku suka ketika amalku diserahkan kepada Allah, aku dalam keadaan puasa.”


Menurut beliau (penulis)  yang dimaksud amal  dalam hadits diatas, adalah penyerahan seluruh rekapitulasi amal kita secara penuh.


Meskipun, ada beberapa waktu tertentu yang menjadi waktu penyerahan amal kepada Allah selain bulan Sya’ban, yaitu setiap siang, malam, setiap pekan.


Baca Juga : 20 Peristiwa dan Kejadian Bersejarah Di Bulan Ramadhan


Bahkan Ada juga beberapa amal yang diserahkan langsung kepada Allah tanpa menunggu waktu-waktu tersebut, yakni catatan amal shalat lima waktu.


Nah, demikianlah penjelasan tentang 3 Peristiwa Penting Di Bula Sya'ban yang bisa kami bagikan, semoga informasi ini bisa memberikan tambahan manfaat, Amin.

Posting Komentar untuk "3 Peristiwa Besar Di Bulan Sya'ban Yang Dikenal Dalam Islam"

close
Banner iklan disini