Script Menampilkan Sumber Link Otomatis Saat Tulisan Dicopy di Blogger
Cari Berita

Script Menampilkan Sumber Link Otomatis Saat Tulisan Dicopy di Blogger

Admin Galeri Islam
Minggu, 21 Februari 2021

Galeri Kitab Kuning | Memiliki blog, dengan ribuan bahkan puluhan ribuan tulisan tentu sangat bahagia, apalagi jika tulisan-tulisan itu banyak yang menempati rank pertama di pencarian google. Tapi, pemilik blog juga akan kesal, jika postingan-postingannya dicopas sembarangan, tanpa menyertakan sumber link. betul kan?

Script Menampilkan Sumber Link Otomatis Saat Tulisan Dicopy di Blogger

Jika sahabat browsing di berbagai web besar, salah satunya web nu.or.id,  dan web galerikitabkuning.com ini, anda juga bisa dengan mudah melakukan copy paste, namun akan ada sumber link yang secara otomatis ikut diambil.


Baca Juga : Cara Menaikkan Kembali Postingan Blog Yang Kalah di Mesin Pencari


Hal ini bertujuan, sebagai pengingat bagi yang suka jiplak tulisan diblog, agar mereka juga mengikut sertakan sumber yang diambil. Dengan demikian, mereka diharapkan bisa sadar, agar tidak terbiasa copypaste tanpa menyertakan sumber.


Sebagian blog, mengantisipasi kebiasaan copas sembarangan ini, dengan menambahkan script / plugin untuk memblock orang-orang yang hendak melakukan plagiasi, sehingga sebuah tulisan blognya tidak bisa dicopas.


Berkenaan dengan hal tersebut, disini saya akan berbagi cara, bagaimana cara Menampilkan Sumber Link Otomatis Saat Tulisan Dicopy, khusus untuk blogspot/ blogger. simak penjelasannya di bawah ini.


Cara otomatis Menampilkan Link Sumber Saat Dicopy di Blogspot/ Blogger

Sebenarnya, cara agar ada sumber link saat dicopas, khususnya di blogger, itu sangat mudah, anda hanya butuh menambahkan script khusus saja. ikuti langkah-langkah berikut ini:


1. Masuk ke akun blogger anda

2. Pilih Theme

3. di sebelah kanan, pada bagian CUSTOMIZE (berwarna orange) pilih Edit HTML

4. Pada bagian ini, akan tampil script kode dari template yang digunakan, silahkan cari kode </body>, gunakan control F, untuk mempermudah pencarian.

5. Lalu, copy script di bawah ini, dan paste / pasang tepat di atas kode </body> tersebut.

  <script type='text/javascript'>

//<![CDATA[

!function(e,t){var n="getSelection",o="removeAllRanges",i="addRange",l="parentNode",a="firstChild",d="appendChild",r="removeChild",s="test",c="innerHTML";if(e[n]){var p,g,f,h,u,y;t.addEventListener("copy",function(C){for(g=C.target;3===g.nodeType;)g=g[l];if(h=t.createElement("div"),(p=e[n]())&&p.rangeCount&&(p=p.getRangeAt(0))&&(f=p.cloneRange(),p=p.cloneContents())){for(;u=p[a];)h[d](u);if(!/^(pre|code)$/i[s](g.nodeName||"")&&!/(^|s)no-attribution(s|$)/i[s](g.className||"")){var v=e.location.href;h[c]+="<br><br>&copy; "+t.title+'<br>Source: <a href="'+v+'">'+v+"</a>"}y=t.createRange(),t.body[d](h),y.selectNodeContents(h),p=e[n](),p[o](),p[i](y),setTimeout(function(){h[l][r](h),p[o](),p[i](f)})}},!1)}}(window,document);

//]]>

</script> 


6. Terakhir, klik save, dan silahkan ujicoba.


Hasil yang diatmpilan, akan seperti di bawah ini:

bagaimana cara Menampilkan Sumber Link Otomatis Saat Tulisan Dicopy, khusus untuk blogspot/ blogger. simak penjelasannya di bawah ini.

© Script Menampilkan Sumber Link Otomatis Saat Tulisan Dicopy di Blogger
Source: https://www.galerikitabkuning.com/2021/02/script-menampilkan-sumber-link-otomatis-di-blogger.html


Baca Juga : Cara Menaikkan Penghasilan Google Adsense Di Blogspot - Terbaru


Nah, jika sudah dilakukan, jangan lupa untuk membagikan tips ini pada yang lainnya, semoga uraian ini bisa berhasil dan tentunya bermanfaat.